PERSEPSI SANTRI KELAS 1 MDTA YPIM MINAS TERHADAP KEGIATAN BELAJAR ONLINE DI MASA PANDEMI
DOI:
https://doi.org/10.37304/paris.v1i2.2385Kata Kunci:
Santri ; MDTA ; Belajar ; Online ; Pandemi,Abstrak
Kondisi pandemi covid -19 berujung pada berubahnya berbagai aspek kehidupan terutama pendidikan. Pendidikan yang harus dijalankan melalui daring (online) baik ditingkat apapun mulai dari tingkat taman kanak – kanak hingga perguruan tinggi, termasuk tingkat Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) yang terfokus mengajarkan pendidikan Al-Qur’an dan pelajaran – pelajaran yang bernuansa islami. Pendidikan yang digalakkan oleh Kementrian Agama sebagai pelengkap kegiatan pendidikan di tingkat SD/MI/sederajat dimana para santri tidak sepenuhnya mendapatkan pengetahuan agama di sekolah dasar masing – masing juga mempunyai peran yang sangat kuat dalam mempersiapkan generasi yang memiliki jiwa religiulitas, intelektulaitas, dan humanitas. Hampir setahun pandemi melanda menghambat jalannya pendidikan hingga program belajar online dirumah menjadi jalan yang digalakkan. Namun, kondisi belajar online yang harus ditempuh hingga saat ini menghadirkan berbagai persepsi juga pandangan dari para santri karena biasanya pembelajaran seperti ini harus totalitas dilakukan secara tatap muka langsung. Penelitian ini menggunakan teori Kognitivisme yang dikemukan oleh Jean Piaget, seorang pskolog Swiss. Metode Penelitian ini yaitu metode kualitatif persepsi yang teknik pengumpulan data menggunakan wawancara online terhadap narasumber berjumlah 5 orang, dimana narasumber merupakan santri dari kelas 1 MDTA YPIM Minas terhadap belajar online yang telah dilalui. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa santri kelas 1 MDTA YPIM ada yang menyutujui program belajar online karena kondisi pandemi covid -19 dan harus menjaga kondisi tubuh, ada yang berpandangan biasa saja tanpa ada pengaruh, dan dari 5 narasumber terdapat 3 orang kurang menyukai belajar online dengan berbagai alasan dan salah satunya kurang produktif dan efektifnya proses belajar.
Unduhan
Referensi
Covid-19 I Definition of Covid-19 by Merriam-Webster (internet).(cited 2020 July 18) Available from: https://kbbi.www.merriam-webster.com/dictionary/COVID-19
Dabbagh, N& Bannan-Ritland, B. (2005). Online Learning: Concepts, Strategis. And Application. New Jersey: Pearson Education, Inc.
Moch. Jahid, “Penyelenggaraan Pendidikan Madrasah Takmiliyah” Jurnal MUADDIB, Vol. 06, No.01 (2016)
Muhibbin, Syah. 2005. Psikologi Pendidikan, Suatu Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Roskdarkarya
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Wahyuda, Syaiputra Meisa Diningrat “Desain Model Pembelajaran Online Sebagai Upaya Memfasilitasi Belajar di Tempat Kerja” Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, Vol. 20, No.1 (2019)
www.Badanbahasa.kemdikbud.go.id ( Tentang padanan istilah online dan offline)
Yasmadi, Modernisasi Pesantren: Kritik Nurcholish Madjid Terhadap Pendidikan Islam
Tradisional ( Jakarta: Ciputat Press, 2005), 61
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Nazhifah, Sekar Sur Azizah, Suci Rohimah, Ridzhand Rudli Hasian Hutabarat, Rahman Siddiq
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.