PENGARUH KEGIATAN PEKAN AKSI RIAU ( PAR)TERHADAP MINAT PELAJAR RIAU UNGGUL
DOI:
https://doi.org/10.37304/paris.v3i1.3413Kata Kunci:
Pekan Aksi Riau, Minat, Literasi, PelajarAbstrak
Program literasi yang selalu dikampanyekan pemerintah, berujung pada lahirnya kegiatan Pekan Aksi Riau. Pekan Aksi Riau merupakan wadah untuk menampung aksi dan potensi masyarakat, serta berguna untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia yang unggul,terkhusus bagi para pelajar. Aksi dan potensi masyarakat yang hadir pada kegiatan Pekan Aksi Riau merupakan perwujudan keberhasilan pelaksanaan literasi. Dengan kegiatan Pekan Aksi Riau dikenalkan bahwa literasi itu bukan hanya membaca saja, tapi literasi juga tentang kreativitas dan inovasi seperti mengembangkan minat pelajar di provinsi Riau .Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kegiatan Pekan Aksi Riau terhadap minat pelajar Riau unggul. Penelitian ini menggunakan teori belajar social yang dikemukan oleh Bandura. Metode Penelitian ini yaitu metode kuantitatif eksplanasi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisoner online melalui google form. Jumlah sampel sebanyak 67 respon dengan menggunakan teknik random sampling. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kedua variabel tersebut, peneliti menggunakan analisi regresi linear sederhana yang diolah menggunakan program Statistic Product And Service Solution (SPSS) Windows Versi 2.2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa regresi Y= 20,592 + 0,575 X dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000, lebih kecil dari α = 0,05, Artinya terdapat pengaruh PekanAksi Riau terhadap minat pelajar Riau unggul
Unduhan
Referensi
Kambuaya, Carlos.. “Pengaruh Motivasi,Minat, Kedisiplinan dan Adaptasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Peserta Program Afirmasi Pendidikan Menengah Asal Papua dan Papua Barat di Kota Bandung”, Social Network Jurnal, Vol. 5, No. 2 (2010)
Noor ,Komari Pratiwi. “Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Smk Kesehatan di Kota Tangerang”, JurnalPujangga, Vol. 1, No. 2 (2015)
Pasaribu, Dewi Sasmita, Menza Hendri, and Nova Susanti. “Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Fisika Siswa dengan Menggunakan Model pembelajaran Talking Stick pada Materi Listrik Dinamis di Kelas X SMAN 10 Muaro Jambi”. Jurnal EduFisika Vol 2, no. 01 (2017)
Mulyadi, Mohmmad. “Penelitian Kuantitaif Dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya”.Jurnal Studi Komunikasi dan Media,Vol.15, No.1, ( 2011)
Triana, desy. Relevansi Kualifikasi Kontraktor Bidang Teknik Sipil Terhadap Kualitas pekerjaan proyek konstruksi di provinsi Banten . Jurnal Fondasi, Vol.1, No.1, (2013)
Ariani, Emilda E. Pemanfaatan Literasi Dalam Pembelajaran Sejarah Indonesia di Sma Negeri 1 Kasihan". Universitas Sanata Dharma,2018
Widyastuti, Esy, dkk. Hubungan Antara Minat Belajar Matematika Keaktifan Siswa dan Fasilitas Belajar disekolah dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Se-Kecamatan Umbulharjo.In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 2018
Iskandarwaid dan Dadang Sunendar. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosda,2011
Kemendikbud. Materi Pendukung Literasi Baca Tulis “Enam Literasi Dasar”. Gerakan Lirerasi Jakarta,2017
KBBI ( Kamus Besar Bahasa Indonesia ) Edisi.5, Pengertian Pekan
KBBI ( Kamus Besar Bahasa Indonesia ) Edisi.5, Pengertian Literasi
KBBI ( Kamus Besar Bahasa Indonesia ) Edisi.5, Pengertian Minat
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Atessa Yozanti, Nazhifah, Sekar Sur Azizah, Miftahul Jannah, Rangga Rafsanjani, Misliya
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.