IMPLEMENTASI METODE WAFA DALAM MENINGKATKAN BACA TULIS AL-QURAN PADA TPQ AL-FIRDAUS MASJID JAMI' UMAR BIN KHATTAB MENGEMPANG MONCONGLOE LAPPARA MAROS

Penulis

  • Mukdar Boli institut parahikma indonesia
  • Syamsul Arifin Universitas Muhammadiyah Malang
  • Ishomuddin Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.37304/paris.v5i2.21501

Kata Kunci:

metode, wafa, tahsin

Abstrak

Metode WAFA adalah sebuah perangkat pembelajaran yang cara kerjanya bersistem, memudahkan pelaksanaan proses pembelajaran agar tercapainya baca tulis al-Quran sesuai kaidah tajwid. Cara teratur yang dipakai dalam melekasanakan pengajaran WAFA ini menggunakan otak kanan sebagai daya imajinasi dan seni sebab didalamnya menggunakan nada hijaz tiga pola nada. Metode ini digunakan di TPA Al-Firdaus masjid Jami’ Umar bin Khattab dusun Mangempang desa Moncongloe Lappara, Maros oleh para tenanga pengajar dalam proses baca tulis Al-Qur’an. Problemnya adalah kurangnya pengajar yang kompeten sehingga masyarakat cenderung masih banyak kesalahan dalam membaca dan mengeja huruf-huruf Al-Qur’an. Ditambah masih rendahnya pemahaman orang tua tentang keutamaan  mengajarkan anak-anak tentang baca tulis Al-Qur’an secara baik dan benar  serta sedikitnya sumber pengajar yang ada pada anak-anak maupun yang sudah usia lanjut. Adapun tenaga pendidik Al-Qur’an masih mengandalkan orang yang sudah lancar dalam memb-aca Al-Qur’an, sehingga belum mampu memberikan wawasan dalam mengajarkan Al-Qur’an kepada masyarakat. Penulis menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan laporan data narasi dan studi kasus yang terjadi, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode mengumpulkan data yaitu wawancara, observasi, dokumentasi. Data yang telah direduksi kemudian diolah menjadi sinopsis yang utuh. Hasil dari penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada khalayak. Hasil dari penelitian  menunjukkan bahwa metode WAFA yang digunakan dapat meningkatkan kemampuan anak mengenal huruf hijaiyah dengan baik dan meningkatkatkan kemampuan membaca al-Quran yang lebih baik serta meningkatnya minat dan menghapal al-Quran yang menyenangkan

Referensi

Amrindono, A. (2022). Metode pembelajaran Al-Qur’an bagi anak usia dini. Smart Kids: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 8–16.

Harahap, S. B. (2020). Strategi Penerapan Metode Ummi Dalam Pembelajaran Al-Qur’an. Scopindo Media Pustaka.

Hasnah, N., & Muliati, I. (2022). Penerapan Metode Iqra’dalam Pembelajaran Membaca Alquran. An-Nuha, 2(1), 109–122.

Khafidah, W., Saidina, S., Padri, I., Is, I., Amanda, N., Yanti, N., Tanuja, S., Febriana, Y., Anjelia, A. A. D., & Linda, M. (2023). Ulumul Hadist. Penerbit NEM.

Khaidir, M. A., Kosilah, S. S., Kistian, A., Dafiq, N., Saputra, M., Kholik, N., & S Pd I, M. S. I. (2021). Pendidikan akhlak anak usia dini. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Komalasari, B., & Siswanto, S. (2024). Pola Asuh Demokratis dalam Membangun Karakter Mandiri Anak Usia 9-10 di Panti Asuhan Anak Sholeh Desa Kampung Baru Rejang Lebong. Institut Agama Islam Negeri Curup.

Kurniawan, M., & Wiyono, H. (2021). Implementasi Metode An-Nahdliyah Dalam Meningkatkan Pembelajaran Persiapan Membaca Al-Quran Di TPQ As-Salafiyyah Al-Huda Pule Kandat Kediri. IAIN Kediri.

Kutsiyah, K. (2021). Implementasi Metode Wafa dalam pembelajaran Al-Qur’an pada Anak Usia Dini di RA Nurul Hikmah Kabupaten Pamekasan. Institut Agama Islam Negeri Madura.

Nadhiro, N. L. (2023). Membangun Adab Bersama Al Qur’an. Cv. Azka Pustaka.

Rahayu, S., SD, S. P., & Vidya, A. (2022). Desain pembelajaran aktif (active learning). Ananta Vidya.

Ridlo, U. (2023). Metode penelitian studi kasus: teori dan praktik. Publica Indonesia Utama.

Tarumasely, Y. (2022). Buku Ajar Perencanaan Pembelajaran (Vol. 1). Academia Publication.

Utami, T. (2022). Implementasi Metode Wafa Dalam Meningkatkan Minat Belajar Al-Qur’an Anak Usia Dini di TKIT Robbani Cendekia Jenangan Ponorogo.

Wijaya, M. F. F., Tarik, A. A., & Nadid, E. (2024). Implementasi Pembelajaran Al Islam Kemuhammadiyahan Berbasis Project Based Learning (Pbl) Di Sd Muhammadiyah 26 Dan 8 Surabaya. Jurnal Mas Mansyur, 2(1).

Willy, A., & Utami, E. P. (2021). Penerapan metode tilawati pada pembelajaran membaca Al-Quran. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(43), 102–113.

Zainuddin, F. M., & Idris, H. (2022). Strategi Program Metode Wafa Dalam Meningkatkan Kemampuan BTQ Santri di TPA Rumah Qur’an An-Nur Sudiang Kota Makassar. NineStars Education, 3(1), 18–29.

Unduhan

Diterbitkan

27-06-2025

Cara Mengutip

Boli, M., Arifin, S., & Ishomuddin. (2025). IMPLEMENTASI METODE WAFA DALAM MENINGKATKAN BACA TULIS AL-QURAN PADA TPQ AL-FIRDAUS MASJID JAMI’ UMAR BIN KHATTAB MENGEMPANG MONCONGLOE LAPPARA MAROS. Jurnal Paris Langkis, 5(2), 483–495. https://doi.org/10.37304/paris.v5i2.21501

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.