PARADIGMA PAI PADA ZAMAN PERTENGAHAN (USMANI, SYAFAWI, MOGHOL)

Penulis

  • Sunardin STAI AL Hikmah Jakarta
  • Moh Nurhakim Universitas Muhammadiyah Malang
  • Khozin Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.37304/paris.v4i2.14547

Kata Kunci:

Paradigma, PAI, Zaman Pertengahan

Abstrak

Paradigma PAI di Zaman pertengahan dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut. Pertama, pada Kerajaan Usmani kegiatan pendidikan yang sangat nampak pada dasarnya adalah pendidikan kemiliteran dan pemerintahan; kehidupan seni, budaya (arsitektur), bidang keilmuan, dan ilmu-ilmu keagamaan. Kedua, pada Kerajaan Safawi, pendidikan yang menonjol adalah bidang perekonomian; kehidupan seni budaya arsitektur, bidang keilmuan dan ilmu-ilmu keagamaan. Ketiga, pada Kerajaan Moghal kegiatan pendidikan yang nampak berkembang adalah kegiatan pendidikan disegala bidang seni. Pendidikan Islam pada masa kejayaan kekhalifahan tersebut memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan intelektual dan keilmuan umat Islam serta pengaruhnya terhadap dunia. Kekhalifahan Syafawi, Mongol, dan Usmani menunjukkan komitmen yang besar terhadap pendidikan agama, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan secara umum. Kekhalifahan tersebut mendirikan lembaga-lembaga pendidikan seperti madrasah, perguruan tinggi, dan universitas untuk mempromosikan pengetahuan agama Islam, ilmu pengetahuan, sastra, dan filsafat.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abuddin Nata. 2010. Sejarah PendidikanIslam Pada Periode Klasik dan Pertengahan. (Jakarta: PT Raja grapindo Persada.

Ahmad Syalaby, 1979. Mansu;at Al Tarikh al Islami wa Hadharat al Islamoyat, Juz V, Kairo, Maktabat, Al Misrihyat,

Ahmad Usman, Mari Belajar Meneliti, Yogyakarta, Genta Press.2008.

Ajid Tohir. 2009. Perkembangan Peradaban di Kawasan Dunia Islam,(Jakarta: Rajawali Pers,

Badri Yatim, 1993. Sejarah Peradaban Islam, Jakarta, Raja Grafindo,

Badri Yatim, 1993. Sejarah Peradaban Islam Dirasah Islamiyah II, (Jakarta: Raja Gravindo Persada

Harun Nasution, 1982. Pembaharuan Dalam Islam: Sejarah pemikiran dan Gerakan (Jakarta: Bulan Bintang Persada,

Harun Nasution, 1992. Pembaruan dalam Islam; Sejarah pemikiran dan Gerakan (Cet. IX : Jakarta Bulan Bintang,

Harun Nasution, 1996. Islam Rasional; Gagasan dan Pemikiran, (Bandung: Mizan.

Ira M, Lapidus, 1991, A History Of Islamic Societies, London, Cambridge Uneversity Press.

Isma & Ahmad Multazam, 2024, Pemikiran Pendidikan Islam Pada Masa Pertengahan, https://multazam-einstein.blogspot.com/, di Akses , 4 Maret 2024, pukul 20.00.

Ismail Usman, Pendidikan Pada Tiga Kerajaaan Besar (Kerajaan Turki, Usmani, Safawiy Di Persia Dan Moghul Di India), Jurnal Pendidikan Islam Iqra’ Vol. 11. Nomor 1 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan [FTIK] IAIN Manado.

Ramayulis, 2008. Ilmu pendidikan Islam. (Jakarta: Kalam Mulia,.

Ruswan Thoyib, 1999. Pemikiran Pendidikan Islam, Kajian Tokoh Klasik dan Kontemporer, Semarang, Pustaka Pelajar,

Samsul Nizar, 2007. Sejarah Pendidikan Islam, Menelusuri jejak Sejarah Pedidikan Era Rasulullah Sampai Indonesia, Jakarta, Pernada Media, Group.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif dan R & D, Bandung, ALFabeta, 2011. Hal.204.

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-31

Cara Mengutip

Sunardin, Moh Nurhakim, & Khozin. (2024). PARADIGMA PAI PADA ZAMAN PERTENGAHAN (USMANI, SYAFAWI, MOGHOL). Jurnal Paris Langkis, 4(2), 209–224. https://doi.org/10.37304/paris.v4i2.14547

Terbitan

Bagian

Articles