KETERAMPILAN LITERASI INFORMASI DIGITAL DAN PERAN PERPUSTAKAAN DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN MANDIRI PADA MAHASISWA DIMASA COVID 19
DOI:
https://doi.org/10.37304/paris.v3i2.8516Kata Kunci:
Literasi informasi; Perpustakaan; e-Learning; komunikasi pembelajaranAbstrak
Kasus covid 19 mencapai 1,69 juta di Indonesia. Pergeseran paradigma dalam pranata pendidikan yang semula terpusat menjadi desentralistis membawa konsekuensi dalam pengelolaan pendidikan, khususnya di tingkat perguruan tinggi. Kebijakan tersebut dapat dimaknai sebagai pemberian otonomi yang seluas-luasnya kepada pihak kampus, termasuk di dalamnya berinovasi dalam pengembangan model-model pembelajaran diantaranya dengan konsep dan mekanisme belajar mengajar (pendidikan) berbasis TI.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana keterampilan Literasi Informasi Pemustaka serta peran unit perpustakaan dalam mendukung komunikasi pembelajaran berbasis e –learning di Poltekkes Kemenkes Palangkaraya.
Hasil dari penelitian ini berdasarkan hasil wawancara masih banyak saja pemustaka yang belum memiliki pengetahuan tentang penelusuran informasi ilmiah yang bersumber dari internet atau keterampilan Literasi Informasi Digital. Mahasiswa lebih banyak mencari dan menemukan informasi artikel ilmiah hanya melalui satu mesin pencarian saja.
Kesimpulannya adalah di era teknologi saat ini pemustaka harus memiliki kemampuan menggunakan informasi dan teknologi komunikasi serta aplikasinya untuk mengakses dan membuat informasi literatur ilmiah dalam mendukung proses pembelajaran. Dalam hal ini peran perpustakaan dan pustakawan sangat besar dalam memberikan edukasi kepada pemustakanya tentang bagaimana mengasah kemampuan Pemustakanya agar memiliki keterampilan literasi informasi serta dapat mengembangkan fitur “Ruang Baca Virtual”pada aplikasi elearning yang menjadi media pembelajaran jarak jauh antara dosen dan mahasiswa.
Kata Kunci : Literasi informasi, Perpustakaan, e-Learning, komunikasi pembelajaran.
Unduhan
Referensi
Alam, U. F. (2016). Kemampuan Literasi Informasi Mahasiswa dan Peranan Perpustakaan Dalam Proses Belajar Mengajar di Perguruan Tinggi. Pustakaloka, 5(1), Art. 1. https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v5i1.447
Anjali, M. E. C., & Istiqomah, Z. (2020). Meningkatkan literasi informasi penulisan karya ilmiah mahasiswa melalui pelatihan zotero. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 16(2), Art. 2. https://doi.org/10.22146/bip.v16i2.104
Arnomo, I. (2018). SIMULASI PENGAMANAN DATABASE WEB SERVER REPOSITORY INSTITUSI MELALUI JARINGAN LAN MENGGUNAKAN REMOTE ACCESS. JUST IT : Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi Dan Komputer, 9(1), Art. 1. https://doi.org/10.24853/justit.9.1.64-71
Carlson, J., & Johnston, L. (Eds.). (2015). Data Information Literacy: Librarians, Data, and the Education of a New Generation of Researchers. Purdue University Press. https://doi.org/10.26530/oapen_626975
Chen, C., & Larsen, R. (Eds.). (2014). Library and Information Sciences: Trends and Research. Springer Nature. https://doi.org/10.1007/978-3-642-54812-3
Hamidah, A., & Fistiyanti, I. (2019). Kemampuan Literasi Informasi Generasi Milenial pada Pemustaka di Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya. IJAL (Indonesian Journal of Academic Librarianship), 2(2), Art. 2.
Harliansyah, F. (2016). Online research skills: Mengelola referensi riset dengan Zotero. UIN-Maliki Press. http://repository.uin-malang.ac.id/1668/
Kriswanto, Y. R. (2019). Analisis penerimaan pemustaka terhadap electronic theses & dissertations di Perpustakaan Universitas Gadjah Mada. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 15(2), Art. 2. https://doi.org/10.22146/bip.33633
Landøy, A., Popa, D., & Repanovici, A. (2020). Collaboration in Designing a Pedagogical Approach in Information Literacy. Springer Nature. https://doi.org/10.1007/978-3-030-34258-6
Mangnga, A. (2015). PERAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SEKOLAH. 5.
Muhajang, T., & Pangestika, M. D. (2018). PENGARUH LITERASI INFORMASI TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2), Art. 2. https://doi.org/10.55215/pedagonal.v2i2.849
Novanda, R. (2019). Hubungan Literasi Informasi Digital dengan Self Direct Learning Mahasiswa pada Daerah Miskin di Kepulauan Sumatra. Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan, Dan Kearsipan, 21. https://doi.org/10.7454/jipk.v21i1.115
Novita, D. (2020). Analisis Pengaruh Implementasi E-Learning Vilep di Poltekkes Kemenkes Palembang dengan Pendekatan EUCS | JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi). https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/jatisi/article/view/290
Nugrohoadhi, A. (2018). Publikasi Ilmiah sebagai Salah Satu Kekuatan Konten Repository Institusi Perguruan Tinggi. LIBRARIA : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 61–72.
Oberländer, A., & Reimer, T. (2019). Open Access and the Library. MDPI - Multidisciplinary Digital Publishing Institute. https://doi.org/10.3390/books978-3-03897-741-4
Rahmawati, F. (2016). E-Learning Implementation: Its Opportunities and Drawbacks Perceived by EFL Students. Journal of Foreign Languange Teaching and Learning, 1(1). https://doi.org/10.18196/ftl.111
Ramadhanti, D., Yanda, D., & Yenti, E. (2020). Peran Perpustakaan Sebagai Pendukung Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. LIBRARIA Jurnal Perpustakaan, 8, 1–30. https://doi.org/10.21043/libraria.v8i1.7948
Rodin, R. (2016). Evaluasi kemampuan literasi informasi pemustaka perpustakaan STAIN Curup menggunakan standar yang dikembangkan ACRL. Al Maktabah, 15(1), Art. 1. https://doi.org/10.15408/almaktabah.v15i1.4716
Setyowati, L. (n.d.). LITERASI INFORMASI DILIHAT DARI PERSPEKTIF MODAL MANUSIA. 15.
Suharso, P., Arifiyana, I. P., & Wasdiana, M. D. (2020). Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 4(2), Art. 2. https://doi.org/10.14710/anuva.4.2.271-286
Supriyanto, W. (2015). Mengembangkan Pendidikan Pemakai Melalui Literasi Informasi. Info Persadha, 13(2), Art. 2.
Tri, S. (2016, August 8). PUST4314 – Literasi Informasi. Perpustakaan UT. https://pustaka.ut.ac.id/lib/pust4314-literasi-informasi/
Waaangsir, F. W., Saleh, U. K. S., Kusmiyati, K., & Nugraha, Y. C. (2022). IMPLEMENTASI VIRTUAL LEARNING POLTEKKES KEMENKES KUPANG. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 13(1), Art. 1. https://doi.org/10.26418/j-psh.v13i1.53061
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 arizal poltekkes palangka, Firman, Marhaeni Fajar Kurniawati
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.