PENDEKATAN PEMBELAJARAN SOMATIC AUDITORY VISUAL INTELEGENCY (SAVI) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PADA MATERI DINAMIKA PENERAPAN PANCASILA DARI MASA KE MASA DI KELAS IX

Penulis

  • Davi Lana Universitas Palangka Raya
  • Eli Karliani Prodi PPKn FKIP Universitas Palangka Raya
  • Dotrimensi Prodi PPKn FKIP Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/paris.v1i2.2284

Kata Kunci:

Pembelajaran SAVI, Media Video

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran berbentuk video pada mata pelajaran PPkn pada materi dinamika penerapan pancasila dari masa ke masa. Penerapan pembelajaran dengan menggunakan pendekatam SAVI adalah pendekatan ini dapat diterapkan dalam pembelajaran yang ada dikelas dan merupakan suatu alternatif dalam meningkatkan pemahaman dan kreativitas siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) .

Hasil dari penelitian ini adalah. 1) Langkah – langkah pengembangan media video dengan SAVI pada materi Dinamika Penerapan Pancasila Dari Masa Ke Masa. a) tahap pengumpulan informasi, yakni : Studi literatur, studi pustaka dan kisi-kisi instrument pengumpulan data  b) tahap perencanaan, yakni : membuat scrip, registrasi powton,editing animasi,voice over, filmora, penggabungan video animasi dan export. c) tahap pengembangan, yakni : story board dan layout.  d) tahap validasi. Yakni : Ahli materi dan Ahli media. 2) Hasil Uji Kelayakan Media Video Dengan SAVI Pada Materi Dinamika Penerapan Pancasila Dari Masa Ke Masa. a) validasi ahli materi dan ahli media, dapat diketahui hasil validasi ahli materi sebesar 3,75 dan jika dikonversikan ke dalam bentuk persentase adalah sebesar 75%, b) hasil validasi ahli media sebesar 3,87 , dan jika dikonversikan ke dalam bentuk persentase adalah sebesar 88%. Pendekatan SAVI berpangkal pada empat komponen yaitu Somatic, Audiotory, Visual, Intelegency. Somatic mengutamakan aspek jasmaniah, audiotory pada segi pemanfaatan suara (audio), visual pada penggunaan media video atau lainnya yang dapat dilihat, sedangkan intelegency penekanan pada kegiatan berpikir untuk memecahkan masalah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Al Muchtar, S. (2015). Dasar Penelitian Kualitatif. Bandung: Gelar Pustaka Mandiri.

Arief S. Sadiman. (2009). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Aris, shoimin. 2014. 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media

Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian.Jakarta:n Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Cecep Kustandi dan Bambang Sutjipto. (2013). Media Pembelajaran Manual dan Digital Edisi Kedua. Bogor: Ghalia Indonesia.

Dave Meier. The Accelerated Learning Handbooks: Panduan Kreatif dan Efektif Merancang Program Pendidikan dan Pelatihan. Diterjemahkan Oleh Rahmani Astuti (Bandung:Kaifa. 2005)

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujaun Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Majid, A. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Margono. 2010. Metode-metode Penelitian. Jakarta: Lista Fariska Putra

Miftahul Huda, Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran (Jogyakarta: Pustaka pelajar,

Aji. (2013). Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi Implementasi Nilai-Nilai Karakter Bangsa. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Moh. Nazir. 2011. Metode Penelitian. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia

Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.2006.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV

Sudjana, Nana. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdikarya

Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 sekolah menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Djam’an Satrio dan Aan Kurniawan, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2014.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2015.

Ahmad, F. (2011, 3 16). Analisis Kelayakan Media Pembelajaran Perakitan Komputer Untuk Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. S1 thesis, UNY. Retrieved 8 8, 2020, from eprints@UNY: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45834

Ekawati, D. (2018, 12 20). Pengembangan Model Pembelajaran Savi (SOMATIS,. Retrieved 08 10, 2020, from dita ekawati: kuroshiakiko@gmail.com

Gantari, B. D. (2014, 1 17). Keefektifan Pendekatan Savi (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) Dalam Pembelajaran Menulis Naskah Drama Siswa Kelas Xi Sman 2 Wonosari Kab. Gunungkidul. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta. Retrieved 8 9, 2020, from eprints@UNY: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18391

Unduhan

Diterbitkan

2021-03-20

Cara Mengutip

Lana, D. ., Karliani, . E. ., & Dotrimensi. (2021). PENDEKATAN PEMBELAJARAN SOMATIC AUDITORY VISUAL INTELEGENCY (SAVI) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PADA MATERI DINAMIKA PENERAPAN PANCASILA DARI MASA KE MASA DI KELAS IX . Jurnal Paris Langkis, 1(2), 61–72. https://doi.org/10.37304/paris.v1i2.2284

Terbitan

Bagian

Articles