PROSES PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI RODI PGSD FKIP UPR

Penulis

  • Asih Utami Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Palangka Raya
  • Femmy Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Palangka Raya
  • Nyoto Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/paris.v1i2.2215

Kata Kunci:

proses pembelajaran; pembelajaran daring, covid-19

Abstrak

Pandemi covid-19 yang melanda seluruh negara di dunia termasuk Indonesia memberikan dampak dari semua bidang termasuk bidang pendidikan. Pendidik dan peserta didik dihimbau untuk belajar di rumah dan dari rumah termasuk juga perguruan tinggi. Masalah yang muncul di prodi PGSD FKIP UPR terhadap seruan menteri tersebut adalah masih banyak dosen PGSD yang butuh ditingkatkan kemampuan literasi digitalnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di prodi PGSD FKIP UPR. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menjelaskan proses pembelajaran daring yang dilaksanakan di prodi PGSD FKIP UPR dengan teknik penyebaran angket secara daring melalui google form dan wawancara. Analisis penelitian menggunakan analisis Miles & Hubermen yaitu reduksi data,display data dan penarikan kesimpulan data.

Proses pembelajaran daring yang terlaksana di prodi PGSD FKIP UPR pada semester ganjil 2020/2021 jika dilihat dari segi persiapan pembelajaran dapat disimpulkan bahwa seluruh dosen sudah melaksanakan pembelajaran daring. Pembelajaran daring yang dilakuakn melalui pembelajaran syncronous dan asyncronous. Platform pembelajaran daring yang digunakan dosen PGSD adalah google meet, zoom, google classroom dan whatsapp.Pada saat pelaksanaan pembelajaran daring, seluruh dosen sudah hadir dalam perkuliahan, memberikan materi dan tugas dan juga melakukan penilaian terhadap tugas yang diberikan. Kendala yang dihadapi mahasiswa saat pelaksanaan pembelajaran daring yang paling dominan adalah jaringan internet yang tidak stabil, keterbatasan kuota internet dan menumpuknya tugas dari setiap mata kuliah.Hal utama yang menjadi pendukung keterlaksanaan pembelajaran daring adalah tersedianya bantuan paket data internet untuk pembelajaran dsring akan tetapi bantuan ini ternyata belum sampai ke seluruh mahasiswa PGSD UPR sampai saat ini.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

CNNIndonesia. (n.d.-b). 65 Kampus Kuliah dari Rumah, Sultan Yogya Ragukan Efektivitas. Retrieved from https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200316110707-20- 483756/65-kampus-kuliah-dari-rumah-sultan-yogya-ragukan-efektivitas

Miles, M. B., & Huberman, M. (1994). Qualitative Data Analysis Second Edition.SAGE Publications.

Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? Internet and Higher

Rosali,Ely Setiyasih. 2020. Aktifitas pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di jurusan pendidikan geografi Universitas Siliwangi. Geography Science Education Journal Vol. 1 No.1

Sadikin dan Hamidah. 2020. Pembelajaran daring di tengah wabah covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol.6 No.2 hal 212-224

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. CV Alfabeta.

Unduhan

Diterbitkan

2021-03-20

Cara Mengutip

Utami, A., Femmy, & Nyoto. (2021). PROSES PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI RODI PGSD FKIP UPR. Jurnal Paris Langkis, 1(2), 85–97. https://doi.org/10.37304/paris.v1i2.2215

Terbitan

Bagian

Articles