INTERNALISASI FILSAFAT PANCASILA MELALUI PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA KURIKULUM MERDEKA

Penulis

  • Asih Utami Universitas Palangka Raya
  • Rukiyati S3 Pendidikan Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Mulyo Prabowo S3 Pendidikan Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.37304/paris.v3i2.8310

Kata Kunci:

philosophy,pancasila,profile,student

Abstrak

Pancasila sebagai falsafah Indonesia harus terus dijiwai oleh seluruh warga Indonesia. Tindakan yang akan merongrong nilai pancasila harus dicegah. Pelajar Indonesia merupakan sasaran yang utama untuk menumbuhkan dan melestarikan jiwa pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan internalisasi filsafat pancasila melalui profil pelajar pancasila. Metode penelitian ini menggunakan studi literatur atau studi kepustakaan dengan sumber referensi yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil pelajar pancasila fokus pada pengembangan karakter dan kompetensi siswa untuk menghadapi tantangan global agar bisa berdaya saing tinggi. Profil pelajar pancasila terdiri dari enam dimensi yaitu : 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bergotong-royong, 4) berkebinekaan global, 5) bernalar kritis, dan 6) kreatif. Keenam dimensi pada profil pelajar pancasila merupakan panjang tangan dari sila-sila pancasila.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ansyar, Putra, Z., Wajdi, F., Fazhillah, N., Firman, & Wahana, S. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri 1 Wundulako Kabupaten Kolaka. Jurnal Kewarganegaraan, 6(3), 5315–5321.

Dimyati, K., Nashir, H., Elviandri, E., Absori, A., Wardiono, K., & Budiono, A. (2021). Indonesia as a legal welfare state: A prophetic-transcendental basis. Heliyon, 7(8), e07865. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07865

Gumbira, S.W & Wiwoho, J. (2019). The Implication of the Globalization on the Pancasila-Based Principles of Local Democracy in Indonesia. PJIH, 6(2), 361–378.

Hidayatullah, S. (2006). Notonagoro dan Religiusitas Pancasila. Jurnal Filsafat, 16(1), 34–41. https://doi.org/10.22146/jf.23214

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

Jamaludin, J., Alanur S, S. N. A. S., Amus, S., & Hasdin, H. (2022). Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Kampus Mengajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 698–709. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2553

Kemendikbudristek. (2022a). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. 1–37.

Kemendikbudristek. (2022b). Kepmen No 262 Perubahan 56 Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Pemulihan Pembelajaran. Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset Dan Teknologi RepublikIndonesia.https://ditpsd.kemdikbud.go.id/upload/filemanager/download/kurikulum-merdeka/Kepmen No 262 Perubahan 56 Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Pemulihan Pembelajaran.pdf

Kurniastuti, Rahmaniar, D. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Sebagai Salah Satu Bentuk Pendidikan Karakter Pada Siswa SMP. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 1, 287–293.

Latuheru, A. C., Lattu, I. Y. M., & Tampake, T. R. (2020). Pancasila Sebagai Teks Dialog Lintas Agama dalam Perspektif Hans-Georg Gadamer dan Hans Kung. Jurnal Filsafat, 30(2), 150. https://doi.org/10.22146/jf.49193

Magnis - Suseno, F. (2020). Philosophy, A Challenge To Post-Truth, Also in Indonesia. Jurnal Filsafat, 30(1), 1. https://doi.org/10.22146/jf.53671

Marjuni. (2021). Filsafat Pendidikan Pancasila Dalam Perspektif Pendidikan Islam Di Indonesia. Jurnal Aqidah-Ta, VII(1), 82.

Mery, M., Martono, M., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840–7849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3617

Octavian, W. A. (2018). Urgensi Memahami dan Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-Hari sebagai Sebuah Bangsa. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 5(2), 123–128.

Pristiwiyanto. (2021). Pancasila Dalam Kajian Filsafat : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 253–262.

Rideng, I.W, Wijaya, I.K.S.A, Saripan, H. (2022). Dimensions of water resources regulation in philosophy of justice and human rights perspective. JILS ( J OURNAL of I NDONESIAN L EGAL S TUDIES ), 7(1), 339–390.

Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230. https://doi.org/10.22146/jkn.67613

Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274

Saingo, Y. A. (2022). Penguatan Ideologi Pancasila Sebagai Penangkal Radikalisme Agama. Jurnal Filsafat Indonesia, Vol. 5 No. 2(2), 147–161.

Sianturi, Y. R. U., & Dewi, D. A. (2021). Penerapan Nilai Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari Hari Dan Sebagai Pendidikan Karakter. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 222–231. https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1452

Siswoyo, D. (2013). Philosophy of education in Indonesia: Theory and thoughts of institutionalized state (Pancasila). Asian Social Science, 9(12 SPL ISSUE), 136–143. https://doi.org/10.5539/ass.v9n12p136

Soedarso. (2006). Pengembangan sistem filsafat pancasila. Jurnal Filsafat, 39(April), 42–56. https://journal.ugm.ac.id/wisdom/article/download/23215/15306

Surajiyo, S. (2022). Teori Kebenaran Pancasila Sebagai Dasar Pengembangan Ilmu. IKRA-ITH HUMANIORA : Jurnal Sosial Dan Humaniora, 6(3), 54–65. https://doi.org/10.37817/ikraith-humaniora.v6i3.2184

Surono, S., Murtiningsih, R. S., & Santoso, H. (2021). Landasan Ontologis Pengembangan Antropologi Pancasila. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(3), 296. https://doi.org/10.23887/jfi.v4i3.28206

Suryatni, D. L., & Si, M. (2014). Filsafat Pancasila Dan Filsafat Hukum Sebagai Dasar Rule of Moral. Jurnal Ilmiah Hukum Dirgantara, 6(2), 53–70. https://doi.org/10.35968/jh.v6i2.120

Tricahyono, D. (2022). Upaya Menguatkan Profil Pelajar Pancasila Melalui Desain Pembelajaran Sejarah Berbasis Kebhinekatunggalikaan. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 5(1), 13. https://doi.org/10.17977/um0330v5i1p13-23

Zulfa. (2017). Filsafat Pancasila Sebagai Landasan Bernegara yang Demokratis. Jurnal Bakaba, 6, 1–9.

Unduhan

Diterbitkan

2023-03-28

Cara Mengutip

Utami, A., Rukiyati, & Prabowo, M. (2023). INTERNALISASI FILSAFAT PANCASILA MELALUI PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA KURIKULUM MERDEKA. Jurnal Paris Langkis, 3(2), 119–128. https://doi.org/10.37304/paris.v3i2.8310

Terbitan

Bagian

Articles