PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN DINAMIKA POLITIK KEBANGSAAN DI INDONESIA: STUDI KEBIJAKAN PENDIDIKAN PADA MASA ORDE LAMA, ORDE BARU DAN ORDE REFORMASI

Penulis

  • Aep Saepul Anwar Universitas Pamulang
  • Moh Nurhakim Universitas Muhammadiyah Malang
  • Khozin Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.37304/paris.v4i2.14462

Kata Kunci:

Politik, kebijakan; pendidikan; orde lama; orde baru; orde reformasi

Abstrak

Sejarah menunjukkan bahwa kebijakan pendidikan Islam khususnya di Indonesia mengalami pasang surut, tergantung siapa yang berperan dalam pengambilan kebijakan tersebut. Kajian literatur ini berupaya memaparkan dinamika politik pendidikan Islam di Indonesia, mulai dari masa orde lama, reformasi hingga sampai saat ini masa reformasi. Kajian ini menawarkan tiga  potret relasi politik dan pendidikan Islam di Indonesia: diantaranya adalah (1) Pada masa orde lama ini banyak upaya yang dilakukan untuk memperbaiki kebijakan pendidikan Islam yang diterapkan oleh pemerintahan, namun kondisi politik yang kurang mendukung, antara lain  konflik antaretnis, komunisme dunia, dan Islam membuat implementasi kebijakan tersebut tidak lagi maksimal, (2) melalui Ketetapan MPRS Nomor 27 Pasal 1 tanggal 5 Juli 1966, Pemerintah Orde Baru menetapkan bahwa “agama, pendidikan dan kebudayaan merupakan faktor mutlak dalam membangun negara dan kepribadian”, namun masih menemui kendala karena adanya sentralisasi.  kebijakan di negara tersebut. melaksanakan program pendidikan, dan (3) Dengan berlakunya Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional khususnya pada Pasal 12 ayat 1 (a) pada masa Reformasi merupakan perkembangan yang sangat positif bagi pendidikan Islam, meskipun membawa banyak manfaat. dan kekurangannya serta dengan diundangkannya Undang-Undang Nomor 64 Tahun 2013 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah telah menjadikan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 lebih bermakna dan dapat diterapkan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Daeng Pawero, A. M. V. (2018). Analisis Kritis Kebijakan Kurikulum Antara KBK, KTSP, dan K-13. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(1), 42. https://doi.org/10.30984/jii.v12i1.889

Dute, Hasruddin. “Kebijakan Pemerintah Terhadap Pendidikan Agama di Sekolah Umum Pra Kemerdekaan dan Pasca Kemerdekaan.” At-Ta'dib : Jurnal Kependidikan dan Keagamaan 3, no. 1 (2019): 309–331.

https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Ellong, T. D. E., & Pawero, A. M. D. (2018). Islamic Education Management for Millenial Generation; Quality and Competitivaness. In The 1st Annual Conference on Islamic Education Management (ACIEM). Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga.

Ismail. (2016). Politik Pendidikan Islam Orde Lama 1945-1965 (Study Kebijakan Pemerintah dalam Penyelenggaraan Pendidikan Islam). Journal of Social Community STAI NATA Sampang, 1(1).

Pawero, A. M. D., & Dkk. (2019b). The Scientific Paradigm of Islamic Education Management. In Procceding The 2nd Annual Conference on Islamic Education Management (Vol. 53, pp. 1689–1699).

Raya, Moch. Khafidz Fuad, (2028). Sejarah Orientasi Pendidikan Islam Di Indonesia (Dari Masa Kolonial Hingga Orde Baru). Jurnal Pendidikan Islam, 8, no.2 (2018): 2581–0065.

http://www.ejournal.iaidalwa.ac.id/index.php/jpi/article/view/202.

Rifai, M. (2011). Sejarah Pendidikan Nasional Dari Masa Klasik Hingga Modern. Yogyakarta: Ar Ruz Media.

Suryanegara, A. M. (2012). Api Sejarah. Bandung: PT Grasindo.

Susanto, E. (2009). Pendidikan Agama dalam Sistem Pendidikan di Indonesia; Survey Historis Era Pemerintahan Soekarno. Jurnal Pendidikan Islam Prodi PAI Jurusan Tarbiyah STAIN Pamekasan, 4(1).

Hoddin, Muhammad Sholeh. (2020). Dinamika Politik Pendidikan Islam di Indonesia; Studi Kebijakan Pendidikan Islam Pada Masa Pra-Kemerdekaan Hingga Reformasi. Jurnal Ilmiah Iqra Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan [FTIK] IAIN Manado, Volime 14 (1). 15-30

https://journal.iain-manado.ac.id/index.php/JII/article/view/1035/0

Nata, Abuddin (2013) Sejarah Pendidikan IslamJakarta: Rajawali Pers,2004);

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-31

Cara Mengutip

Saepul Anwar, A., Moh Nurhakim, & Khozin. (2024). PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN DINAMIKA POLITIK KEBANGSAAN DI INDONESIA: STUDI KEBIJAKAN PENDIDIKAN PADA MASA ORDE LAMA, ORDE BARU DAN ORDE REFORMASI. Jurnal Paris Langkis, 4(2), 177–189. https://doi.org/10.37304/paris.v4i2.14462

Terbitan

Bagian

Articles