PENDEKATAN PSIKOLOGI ISLAM TERHADAP PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.37304/paris.v6i1.22596Kata Kunci:
Psikologi Islam, Perkembangan Peserta Didik, Pendidikan Islam, Pendidikan HolistikAbstrak
Penelitian Penelitian ini mengkaji pendekatan psikologi Islam dalam memahami perkembangan peserta didik dari sudut pandang pendidikan Islam. Metode yang diterapkan adalah studi pustaka dengan analisis kualitatif terhadap berbagai literatur terbaru yang membahas psikologi Islam serta teori perkembangan peserta didik. Temuan kajian menunjukkan bahwa psikologi Islam menawarkan pendekatan holistik yang mengintegrasikan aspek fisik, mental, dan spiritual, yang berbeda dengan teori perkembangan Barat yang lebih fokus pada aspek kognitif dan psikososial. Pendekatan ini menempatkan nilai-nilai keimanan dan moral-spiritual sebagai dasar utama dalam membentuk karakter dan ketahanan mental peserta didik. Implikasi praktisnya terlihat dalam pengembangan kurikulum, pelatihan guru, lingkungan belajar, dan metode pembelajaran di sekolah Islam yang dapat mengembangkan insan kamil secara menyeluruh. Sebagai kesimpulan, psikologi Islam sangat relevan untuk menghadapi tantangan pendidikan modern dengan menanamkan keseimbangan antara dunia dan akhirat bagi peserta didik.
Unduhan
Referensi
Aldi, Muhammad. Khairanis, Retisfa. (2024). Integrasi Ilmu Pendidikan Islam dan Psikologi Pendidikan dalam Membentuk Karakter dan Kecerdasan Spritual Siswa. Akhlak: Journal of Education Behavior and Religious Ethics.
Barraq, Faqih M. Rohman, Hafizh F. Rahmatullah, Yuminah. (2025). Integrasi Psikologi Agama Dalam Membentuk Karakter Islami Pada Generasi Muda. Jurnal Pendidikan Agama Islam. 3 (3) Hal. 69-75
Darwin, D. Salami, S. Mahdhar, Muhammad. Nazarullah, M. (2022). Peran Psikologi dalam Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Guru Madrasah (JIGM). 1 (1) Hal. 31-44
Daradjat, Zakiah. (2014). Ilmu Pendidikan Islam. Cetakan XI. Jakarta: Bumi Aksa
Desmita. (2014). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya
Feri, Dores O. Batubara, Juliana. Deliani, Nurfarida. (2025). Peran Psikologi Pendidikan Islam Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Variable Research Journal. 2 (1) Hal. 32-37
Hadi, Imam Anas. (2017). Peran Penting Psikologi dalam Pendidikan Islam. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam. 11 (2) Hal. 251-268
Jalaluddin. (2016). Psikologi Agama: Memahami Perilaku dengan Mengaplikasikan Prinsip-prinsip Psikologi. Edisi Cetakan 18. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Purwasih, Dewi R N. Rahmawati, Nanda. Rasyid, Nur H. Pupita, Ririn. Putri, Syafira A. Sumarni. (2025). Psikologi Agama dalam Membentuk Karakter Islami pada Generasi Muda: Perspektif Psikologis dan Pendidikan Islam. Jurnal Studi Islam dan Humaniora. 5 (2)
Rassool, G. H. (2021). Islamic Psychology: Human Behaviour and Experience From an Islamic Perspective. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780429354762
Solechan & Erian, M Ainur R. (2019). Penerapan Psikologi Pendidikan Pada Pembelajaran Agama Islam Di Smp Negeri 03 Jombang. Cendekia: Jurnal Studi Keislaman. 5 (2) Hal. 237-256
Sudjana, Nana. (2005). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Tafsir, Ahmad. (2014). Filsafat Pendidikan Islam: Integrasi Jasmani, Rohani dan Kalbu Memanusiakan Manusia. Bandung: Remaja Rosdakarya
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Riyan Hidayatulloh, Aep Saepul Anwar

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.













