KONSEP DAN ISU GENDER DALAM PERSPEKTIF ISLAM: STUDI TELAAH KEDUDUKAN LAKI-LAKI DAN WANITA DALAM PANDANGAN ISLAM

Penulis

  • Aep Saepul Anwar Universitas Pamulang
  • Imam Sofi'i Universitas Pamulang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37304/paris.v5i1.15494

Kata Kunci:

kesetaraan; konsep gender; laki-laki; wanita; perpsektif Islam

Abstrak

Konsep gender dalam perspektif Islam sering menjadi bahan perdebatan di kalangan akademisi maupun masyarakat umum. Isu gender mencakup peran dan posisi laki-laki dan perempuan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk keluarga, sosial, ekonomi, dan politik. Dalam pandangan Islam, laki-laki dan perempuan memiliki peran yang berbeda namun saling melengkapi, berlandaskan prinsip keadilan dan keseimbangan. Islam menekankan bahwa meskipun terdapat perbedaan dalam peran, hak, dan kewajiban antara laki-laki dan perempuan, keduanya memiliki nilai dan martabat yang setara di hadapan Tuhan. Islam menekankan bahwa perbedaan ini bukanlah bentuk diskriminasi, melainkan usaha untuk menciptakan keharmonisan sosial dan keadilan dalam kehidupan. Namun, isu-isu gender sering kali dipengaruhi oleh interpretasi budaya dan sosial yang dapat memengaruhi pemahaman yang lebih luas tentang kesetaraan gender dalam Islam. Oleh karena itu, penting untuk melakukan analisis kritis terhadap teks-teks agama dan penerapannya dalam konteks sosial yang berbeda untuk memahami posisi laki-laki dan perempuan secara adil dan proporsional. Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam tentang bagaimana Islam memandang peran dan kedudukan gender, serta bagaimana pemahaman ini dapat diimplementasikan dalam kehidupan modern tanpa mengabaikan prinsip-prinsip dasar Islam. Dengan pendekatan komparatif antara teks-teks agama dan konteks sosial yang ada, penelitian ini berusaha memberikan wawasan yang lebih komprehensif tentang isu-isu gender dalam perspektif Islam.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abu Muhammad ‘Abd al-Haqq ibn Ghâlib ibn ‘Atiyyah al-‘Andalusî. (2001). Al-Muharral al-Wajîz fî Tafsîr al-Kitâb al-‘Azîz juz 2, Beirut: Dâr al-Kutub al-‘Ilmiyyah.

Abdullah, Jihan. (2009). Kesetaraan Gender dalam Islam. Jurnal Musawa, Vol. 1, No. (1), 107 - 114

http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/2057/1/document.pdf

Echols, Jhon M. dan Hasan Shadily, (1983). Kamus Inggris Indonesia, Jakarta: Gramedia.

Effendi, Djohan. (2010) Pembaruan Tanpa Membongkar Tradisi: Wacana Keagamaan di Kalangan Generasi Muda NU Masa Kepemimpinan Gus Dur, Jakarta: PT Kompas Media Nusantra.

Engineer, Ashghar Ali. (1992). The Rigts of Women in Islam, London: C. Hurst and Co.

Fakih, Mansour, dkk. (2006). Membincang Feminisme Diskursus Gender Perspektif Islam. Surabaya: Risalah Gusti.

Grob, Leonard., et al.,(1993).”Jihad fi Sabilillah,, Wornan‟s Faith Journey From Struggle to Struggle”, dalam buku Woman’s and Men’s Liberation, USA: Greenwood Press.

http://journal.alhikmahjkt.ac.id/index.php/HIKMAH/article/view/102/78

https://media.neliti.com/media/publications/221501-gender-dalam-persfektif-islam.pdf.

Ismail, Nurjannah. (2003). Perempuan dalam Pasungan: Bias Laki-laki dalam Penafsiran, (Yogyakarta: LkiS Yogyakarta.

Kasmawati, (2013). GENDER DALAM PERSFEKTIF ISLAM. Jurnal Sipakalebbi’ Fakultas Tarbiyah dan Kependidikan UIN Alauddin, Volume 1 (1). 55-68.

Lopa, Baharuddin. (1996). Al-Qur’an dan Hak-hak Asasi Manusia, Yogyakarta: Dana Bhakti Prima Yasa.

Musa, Ali Masykur. (2014). Membumikan Islam Nusantara: Respons Islam Terhadap Isu-isu Aktual, Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta.

Muthahhari, Murtadha. t.t, Filsafat Perempuan dalam Islam: Hak Perempuan dan Relevansi Etika Sosial, Abbaz Production.

Nasra M. Shah (ed), t.th. Pakistani Women A Socio-Economic and Demographic Profile, (Islamabad: Pakistan Institute of Development Economics.

Nata, Abudin. (2006). Metodologi Studi Islam. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Nurbaiti. Mahyudin. (2018). Pola Asuh Anak Perempuan Gayo dalam Perspektif Gender, Hikmah Journal of Islamic Studies, Vol. XIV. No. 1. 40-71.

Qardhawi, Yusuf. (1997). Kebebasan Wanita Jilid I, Jakarta : Gema Insani Press.

Rabiah, Margaret, Smith, (1997). Pergulatan Spiitual Perempuan, Surabaya: Risalah Gusti.

Ruhaini, Dzuhayatin,Siti, (2019), Rekonstruksi Metodologis Wacana Kesetaraan Gender dalam Islam, Yogyakarta: PSW IAIN SUNAN KALIJAGA.

Subhan, Zaitunah. (2015) Al-Qur’an dan Perempuan: Menuju Kesetaraan Gender dalam Penafsiran, Jakarta: Prenadamedia Group.

Umar, Nasaruddin, 1999. Kodrat Perempuan dalam Islam, Jakarta: LKAJ.

Wahbah al-Zuhailî, t.t. Al-Tafsîr al-Wajîz ‘alâ Hâmisy al-Qur’ân al-‘Azîm, Suriah: Dâr al-Fikr.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-04

Cara Mengutip

Saepul Anwar, A., & Imam Sofi’i. (2024). KONSEP DAN ISU GENDER DALAM PERSPEKTIF ISLAM: STUDI TELAAH KEDUDUKAN LAKI-LAKI DAN WANITA DALAM PANDANGAN ISLAM. Jurnal Paris Langkis, 5(1), 151–161. https://doi.org/10.37304/paris.v5i1.15494