KURIKULUM UNGGULAN SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (Studi Komparatif di SDIT Al-Izzah dan SDIT Al-Hanif)

Penulis

  • Neng Linda Badratul Laela Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global
  • Shafirah Fitri Institut Teknologi Bina Sarana Global Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.37304/jpl.v6i1.23143

Kata Kunci:

Kurikulum Unggulan; Sekolah Dasar Islam Terpadu; Study komparatif SDIT Al-Izzah; Sdit Al-Hanif

Abstrak

Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) memiliki keunggulan dibandingkan sekolah dasar umum, terutama pada aspek kurikulum dan pembelajaran yang berbasis kurikulum terpadu (integrated curriculum) dengan mensinergikan kurikulum nasional (Kemendikbud), kurikulum agama (al-Islam), serta muatan lokal, dan dilaksanakan dengan sistem full day school. SDIT dipandang sebagai anasirit taghyir (agen perubahan) yang mengawal transformasi sosial dan budaya, sebab kurikulumnya berlandaskan pada nilai-nilai Al-Qur’an dan Hadis dengan visi futuristik, sehingga materi pembelajaran diarahkan untuk membekali peserta didik menghadapi perubahan sosial dan kompleksitas kehidupan. Penelitian ini berfokus pada analisis kurikulum unggulan SDIT Al-Izzah dan SDIT Al-Hanif, dengan tujuan memahami desain, konsep, serta implementasi kurikulum yang diterapkan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan empiris, di mana data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum SDIT terdiri atas kurikulum yayasan, kurikulum pengembangan diri, dan kurikulum pembiasaan dari jaringan sekolah Islam terpadu; SDIT Al-Hanif mengintegrasikan kurikulum Kemendiknas, Kemenag, dan Yayasan; sementara keunggulan keduanya terletak pada kelompok mata pelajaran pengembangan diri dengan perbedaan jumlah dan intensitas jam pelajaran, yakni SDIT Al-Izzah menyediakan 14 mata pelajaran dengan 32 jam pelajaran, sedangkan SDIT Al-Hanif memiliki 10 mata pelajaran dengan 108 jam pelajaran. Penelitian ini berkontribusi dalam memperkaya kajian pengembangan kurikulum pendidikan Islam berbasis integrasi

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.
##doi.editor.displayName##: 10.37304/jpl.v6i1.23143 DOI URL: https://doi.org/10.37304/jpl.v6i1.23143
Lihat: 0 | ##article.downloads##: 0

Referensi

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan kuantitatif, kualitatif, Bandung, Al fabeta 2010

Wijaya cece dan Djaja jajuri, Upaya Pembaharuan Dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, Bandung, Remaja Rosda Karya 2008

White, Roger Crombie, Curriculum Innovation, A Celebration of Classroom Practice, open university press USA 1997

Yuliawati, Ella, Kurikulum dan pembelajaran, filosofi teori dan aplikasi, Bandung, Pakar Raya,2004

Wina Sanjaya, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta, Kencana Media, 2008

Zuhairini, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta, Depag 1990

Nata, Abudin. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta, Logos Wacana Ilmu, 1997

Nazir, Moh. Metode Penelitian, Jakarta, Ghalia Indonesia, 1998

Ramyulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta, Kalam Mulia, 2008

Said, Saefuddin, Udin, Inovasi Pendidikan Al Fabeta Bandung,2008

Suprayogo, Iman dan Tobroni, Metode Penelitian Sosial Agama, Bandung Remaja Rosda Karya, 2001

Unduhan

Diterbitkan

20-10-2025

Cara Mengutip

Badratul Laela, N. L., & Fitri, S. (2025). KURIKULUM UNGGULAN SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (Studi Komparatif di SDIT Al-Izzah dan SDIT Al-Hanif). Jurnal Paris Langkis, 6(1), 54–61. https://doi.org/10.37304/jpl.v6i1.23143