PENGARUH KOMPENSASI DAN IKLIM KERJA TERHADAP KINERJA GURU PESANTREN DI SEBERANG KOTA JAMBI

Kompensasi, iklim kerja, Kinerja Guru

Penulis

  • Lilis Suryani STIT Al Azhar Diniyah Jambi
  • Bayu Budi Dharma Guru PKP Al Hidayah Jambi

DOI:

https://doi.org/10.37304/paris.v1i2.2594

Kata Kunci:

Kompensasi, Iklim kerja, Kinerja Guru

Abstrak

Kinerja guru merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan keberhasilan pendidikan. Oleh karena itu kinerja guru perlu di kembangkan terus menerus agar diperoleh sember daya manusia yang bermutu dalam arti yang sebenarnya, yaitu dapat memenuhi tuntutan pekerjaannya. Pencapaian kinerja guru dipengaruhi oleh beberapa factor, diantaranya Kompensasi dan Iklim Kerja. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif mengunakan metode survey. Sampel penelitian berjumlah 101 partisipan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dianalisis secara analisis regresi linier berganda baik secara persial dan simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara Kompensasi terhadap Kinerja Guru dengan nilai t-hitung sebesar 0.648 dengan probabilitas sig 0.518>? = 0.05, atau thitung < ttable yaitu 0.648< 1.985. Terdapat Pengaruh positif dan signifikan antara Iklim kerja terhadap kinerja guru dengan nilai t-hitung sebesar 3.482 dengan probabilitas sig 0.01<? = 0.05, atau thitung > ttable yaitu 3.482> 1.985.. Dan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompensasi dan iklim kerja terhadap kinerja guru pesantren di seberang kota jambi dengan nilai F-hitung sebesar 6.302 dengan probabilitas sig 0.03 <? = 0.05 atau fhitung > ftabel yaitu 6.302> 3.09. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan kompensasi dan iklim kerja terhadap kinerja guru pesantren di seberang kota jambi secara simultan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arifin, H. (2011). Ilmu pendidikan Islam. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Batubara, A. A. (2016). Pengaruh lingkungan kerja, kompensasi, dan komitmen terhadap kinerja guru MAN. Malang: Universitas Islam Negri Maulana Malik Ibrahim.

Beardwell, J. (2017). Human resource management. United Kindom: Pearson Education.

Creswell, J. W. (2012). Research design qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (2nd ed.). Thousand Oaks, California: Sage Publication.

Creswell, J. W. (2012). Educational research : Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research (4thed.). Boston: Pearson Education, Inc.

Dessler, G. (2013). Human resource management. USA: Pearson Education.

Fenwick, W. (2006). Encyclopedia educational leadership and administration. The United States of America: Sage Publication.

Foot, M., Hook. C,. & Jenkins. A. (2016). Introducing human resource management (7th ed). United Kingdom: Pearson Education.

Given, L. (2008). The sage ecyclopedia of qualitative research methods. Thousand Oaks Sage, California: Sage Publication.

Haryanto, E., Harja, H., Putri, .D.M., Supawal., Amin, M. (2018). Why choose volunteering in an Islamic boarding school? Documenting the undocumented voluntary teaching motives. Journal of Islamic Education, 23(1).

Mangkunegara, A. (2008). Manajemen sumber daya manusia. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Middlewood, D, Carol, C. (2001). Managing teacher appraisal and performance. USA: Routledge.

Mulyawan, J. U. (2015). Ilmu pendidikan Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Notoatmojo, P. D. (2015). Pengembangan sumber daya manusia. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Priansa, D. J. (2014). Kinerja dan profesionalisme guru. Bandung: Alfabeta.

Seidman, I. (1999). The essential career guide to becoming a middle and high school teacher. USA: Bergin & Garvey.

Simmons, A. B. (2010). Do salaries improve worker Performance? national institute of economic and social research, Discussion Paper, 366.

Sobirin. (2018). Kepala sekolah, guru dan pembelajaran. Bandung: Nuansa.

Soetopo, H. (2010). Perilaku organisasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Stronge, J. H. (2007). Qualities of effective teacher. Alexandria: Asco.

Supardi. (2016). Kinerja guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Surya, M. (2013). Psikologi guru . Bandung: Alfabeta .

Sutrisno, E. (2016). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Prenada Media Grup.

Suwatno. (2016). Manajemen SDM dalam organisasi publik dan bisnis. Bandung: Alfabeta.

Triatna, C. (2016). Perilaku organisasi. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Wahab, A. A. (2011). Anatomi organisasi dan kepemimpinan pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Unduhan

Diterbitkan

2021-03-20

Cara Mengutip

Suryani, L., & Budi Dharma, B. (2021). PENGARUH KOMPENSASI DAN IKLIM KERJA TERHADAP KINERJA GURU PESANTREN DI SEBERANG KOTA JAMBI: Kompensasi, iklim kerja, Kinerja Guru. Jurnal Paris Langkis, 1(2), 156–169. https://doi.org/10.37304/paris.v1i2.2594

Terbitan

Bagian

Articles