HUBUNGAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DENGAN KINERJA GURU DI SMP ISEN MULANG PALANGKA RAYA

Penulis

  • Hendrowanto Nibel FKIP Universitas Palangka Raya
  • Heri Setiawan FKIP Universitas Palangka Raya
  • Tonich Uda FKIP Universitas Palangka Raya
  • Rinto Alexandro FKIP Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/paris.v2i2.4829

Kata Kunci:

Gaya Kepemimpinan; Kepala Sekolah; Kinerja Guru

Abstrak

Kepemimpinan merupakan salah satu faktor utama dalam kehidupan berorganisasi yang memegang peranan kunci. Karena kepemimpinan seorang pemimpin berperan sebagai pengatur dalam proses kerjasama antara pemimpin dengan individu maupun pemimpin dengan kelompoknya. Kepemimpinan seorang pemimpin (kepala sekolah) akan mampu membedakan antara suatu organisasi dengan organisasi lainnya. Kepemimpinan yang dimiliki oleh pemimpin (kepala sekolah) dalam memimpin suatu organisasi akan mempengaruhi kinerja daripada guru itu. Rumusan Masalah: Apakah ada Hubungan yang signifikan antar kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru di SMP Isen Mulang Palangka Raya. Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui ada tidaknya hubungan kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru di SMP Isen Mulang Palangka Raya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi, wawancara, dokumentasi dan angket Analisis data melalui: Rumus yang dipergunakan adalah menggunakan Fisher Exact Probability Test. Hasil penelitian: Hasil perhitungan menunjukan dengan menggunakan Hasil 1) uji Friedman, nilai chi-square sebesar 0.077. Nilai signifikansi p-value 0.782. Karena nilai p-value 0.782 lebih besar dari 0.05 maka kesimpulannya adalah tidak terdapat perbedaan respon antara kepemimpinan Kepala Sekolah dengan respon Kinerja Guru. 2) Dan juga menggunakan Kendall's W Test Berdasarkan hasil uji SPSS di atas dapat disimpulkan bahwa variabel Kepemimpinan Kepala Sekolah hanya mempengaruhi variabel Kinerja Guru sebesar 0.05 %. Dilihat dari angka asymp-sig yang lebih besar dari alpha 0.05 maka dapat di simpulkan bahwa Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap kinerja guru sama atau Kepemimpinan Kepala Sekolah Tidak Mempengaruhi Kinerja Guru

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdul Hadis dan Nurhayati B. (2010).Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung:

Alfabeta.

A.L Hartani. (2011). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: LaksBang.

Burhanudin.(1994). Analisis Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan

Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djarwanto. 1991. Statistik Non Parametrik. Edisi 2. Yogyakarta: BPFE

Edy, Sutrisno.(2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana

Prenada Media Group.

E. Mulyasa. (2002). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Rosdakarya.

Fuad Ihsan. (2003). Dasar-dasar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Hadari, Nawawi. (2006). Kepemimpinan Mengefektifkan Organisasi. Yogyakarta:

Gadjah Mada University Press.

Hamzah B. Uno dan Nina Lamatenggo.(2012). Teori Kinerja dan

Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan, Malayu, S.P. (1997). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: GunungAgung.

Kartini, Kartono. (2005). Pemimpin dan Kepemimpinan Apakah Kepemimpinan

Abnormal itu?.Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Unduhan

Diterbitkan

2022-03-30

Cara Mengutip

Nibel, H., Setiawan, H., Uda, T., & Alexandro, R. (2022). HUBUNGAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DENGAN KINERJA GURU DI SMP ISEN MULANG PALANGKA RAYA. Jurnal Paris Langkis, 2(2), 83–98. https://doi.org/10.37304/paris.v2i2.4829

Terbitan

Bagian

Articles