PENERAPAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATERI STATISTIKA MENGGUNAKAN METODE BRAINSTORMING DI KELAS VII MTS MIFTAHUL FALAH SUNGGAL
DOI:
https://doi.org/10.37304/paris.v2i1.3347Kata Kunci:
Lembar Kerja Siswa, Metode Brainstorming, Materi StatistikaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas lembar kerja siswa materi statistika menggunakan Metode Brainstorming. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Lembar Kerja Siswa yang digunakan merupakan hasil pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model pengembangan 4D pada penelitian peneliti sebelumnya. Pada penelitian ini telah dilaksanakan tahap penyebaran produk peneliti sebelumnya yaitu lembar kerja siswa materi statistika yang telah valid. Lembar Kerja Siswa diterapkan ke lapangan untuk melihat efektivitasnya. Penerapan Lembar Kerja Siswa materi Statistika dilakukan pada siswa kelas VII MTs Miftahul Falah Sunggal. Instrumen penelitian berupa angket respon siswa, angket aktivitas siswa dan tes ketuntasan belajar siswa. Dari hasil penerapan di peroleh bahwa: lembar kerja siswa materi statistika menggunakan metode Brainstorming yang diterapkan efektif dilihat dari (1) ketuntasan belajar klasikal siswa terpenuhi, (2) aktivitas siswa dalam batas toleransi yang ditetapkan dan (3) respon siswa terhadap pembelajaran positif.
Unduhan
Referensi
Anonim. 2010. Student Worksheet Definitions. http://www.contentextra.com/bacconline/OnlineResources/ Bistari. 2010. Pengembangan Kemandirian Belajar Berbasis Nilai untuk Meningkatkan Komunikasi Matematik. Jurnal Pendidikan Matematika dan Ipa Vol. 1 No. 1 Januari 2010, hal. 11-23 Daryanto. 2015. Teori Belajar dan Proses Pembelajaran yang Mendidik. Jakarta: Gava Media De Porter, B. dan Hernacki, M. 2011. Quantum Learning. Jakarta : Kaifa Jordan, Ayan. 2002. Bengkel Kreativitas. Bandung : Kaifa Rosmiati. 2013. Penerapan Metode Pembelajaran Brainstorming untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Skripsi. Sarjana Pada FPIPS UPI Bandung. Tidak Diterbitkan. Setyosari. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenada Mediagroup Tim MKPBM Jurusan Pendidikan Matematika. 2004. Strategi Belajar Matematika kontemporer, Jakarta: JICA Universitas Pendidikan Indonesia Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif. Jakarta : Kencana. Thiagarajan, S. Semmel, D.S. Semmel, M. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. A Sourse Book. Blomington: Central for Innovation on Teaching The Handicapped. Varelas, M and Ford M. 2009. The scientific method and scientific inquiry: Tensions in teaching and learning. USA: Wiley InterScience. Widyantini. 2008. Permasalahan Pembelajaran Statistika-Peluang SMP. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Perbedayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika. Yuliani, Nurani. 2003. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 imelda rambe
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.