AKREDITASI SEBAGAI UPAYA PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH (PENELITIAN DI LINGKUNGAN KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN PANDEGLANG)

Penulis

  • Eneng Muslihah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • E. Syarifudin UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Budiarjo UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Nurlelah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Purnomo Mulyosaputro UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.37304/paris.v5i1.15486

Kata Kunci:

Akreditasi, Mutu Pendidikan, Madrasah

Abstrak

Proses akreditasi merupakan langkah krusial dalam menjamin mutu pendidikan di madrasah, dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah atau Madrasah. Penilaian mencakup delapan standar nasional pendidikan: kualitas lulusan, kurikulum, proses pembelajaran, pemanfaatan sarana dan prasarana, tenaga pengajar, pembiayaan, dan manajemen sekolah. Tujuan utamanya adalah memastikan madrasah memenuhi standar optimal untuk kualitas pendidikan. Tahun 2023, terdapat 140 madrasah jenjang MI, MTs dan MA di Kementerian Agama Kabupaten Pandeglang yang menjadi sasaran akreditasi. Dari 140 madrasah sasaran akreditasi tahun 2023, yang dilakukan visitasi akreditasi hanya 49 madrasah atau 35% sisanya mendapatkan perpanjangan secara otomatis. Dari 49 madrasah yang divisitasi, 10 madrasah (20,41%) meraih predikat "A" (Unggul), 33 madrasah (67,35%) memperoleh predikat "B" (Baik), dan 6 madrasah (12,24%) mendapat predikat "C" (Cukup) dan tidak ada madrasah yang tidak terakreditasi (TT). Perpanjangan sertifikat akreditasi tahun 2023 diberikan kepada 91 madrasah atau 65% dari total sasaran akreditasi tahun 2023. Peringkat akreditasi yang diberikan pada madrasah yang menjadi target perpanjangan sertifikat akreditasi sama dengan sertifikat akreditasi 5 tahun sebelumnya. Hal ini menunjukkan bahwa madrasah yang mendapat perpanjangan akreditasi tidak terjadi peningkatan mutu pendidikan selama lima tahun terakhir, dengan sebagian besar madrasah memperoleh predikat "Cukup" (58,24%). Ini menandakan terdapat tantangan dalam meningkatkan mutu pendidikan di Kementerian Agama Kabupaten Pandeglang. Penting untuk responsif dan proaktif terhadap hasil akreditasi, mengingat mayoritas madrasah sasaran akreditasi tahun 2023 mempertahankan peringkat akreditasi sebelumnya. Diperlukan refleksi mendalam terhadap upaya peningkatan mutu dan identifikasi area yang perlu diperbaiki untuk mencapai peningkatan signifikan di masa mendatang.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adha, Maulana Amirul, Conny Benyamin, Imroatin Octaviarnis, and Darmawan Thalib. 2019. “Peran Akreditasi Dalam Penjaminan Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar.” Media Manajemen Pendidikan 2(2):270. doi: 10.30738/mmp.v2i2.5780.

Afridoni, Afridoni, Suntama Putra, Salfen Hasri, and Sohiron Sohiron. 2022. “Manajemen Akreditasi Sekolah Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6(3):13832–38. doi: 10.31004/jptam.v6i3.4402.

Ahmad Fauzi, Widhi Candra, Rista Dwi Jayanti. 2023. “Peningkatan Pemahaman Satuan Pendidikan Dalam Pengisian Iasp Melalui Sosialisasi Ban S / M Jawa Timur.” Jurnal Kependidikan Islam 13(0):84–97. doi: 0.15642/jkpi.2023.13.1.84-97.

Amirulah Datuk, Arifin, ST. Ramlah. 2023. “Urgensi Akreditasi Sekolah Dalam Upaya Pemetaan Mutu Pendidikan Di Provinsi Nusa Tenggara Timur.” Attractive : Innovative Education Journal 2(2):1–13.

Asopwan, Didin. 2018. “Studi Tentang Akreditasi Dalam Meningkatkan Produktivitas Sekolah.” Indonesian Journal of Education Management and Administration Review 2(2):264–71.

Astuti, Puspa Yuli, and Fery Diantoro. 2021. “Evaluasi Sekolah Dan Madrasah Melalui Sistem Akreditasi Dalam Kebijakan Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Kajian Kependidikan Islam VI(2):149–64. doi: 10.22515/attarbawi.v6i2.4282.

Azizah, Lailatul, and Silvia Witri. 2021. “Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Penerapan Total Quality Management Dalam Program Akreditasi Sekolah.” Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD 1(1):69–78. doi: 10.35878/guru.v1i1.263.

Azmiyati, Yuli, Irsil Syarif, Heriyanto Heriyanto, M. Syahran Jailani, and Harlina Harja. 2024. “Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Dari Prespektif BAN-PT, BAN-SM Dan BAN PAUD.” Jurnal Pendidikan Tambusai 8(1):10615–28.

Chairiyah, Yayah. 2021. “Sejarah Perkembangan Sistem Pendidikan Madrasah Sebagai Lembaga Pendidikan Islam.” MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam 2(01):48–60. doi: 10.21154/maalim.v2i01.3129.

Dinihari, Yulian, Muchlas Suseno, and Samsi Setiadi. 2021. “Evaluasi Hasil Akreditasi Sekolah Dasar Dan Madrasah Ibtidaiyah Dki Jakarta.” Jurnal Holistika 5(2):85. doi: 10.24853/holistika.5.2.85-95.

Doni Juni Priansa dan Conny Suntani Setiana. 2018. Manajemen Dan Supervisi Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Dr. Rahmad Hidayat, M.Ag., M. P., and M. Pd. Dr. Sumarto. 2001. Manajemen Problematika Madrasah.

Fransheine Rumtutuly, Sigit Sugiarto. 2023. “Sosialisasi Dan Pembinaan Persiapan Akreditasi Smp Negeri 18 Maluku Tengah.” 2(6):1325–32.

Handayani, Meni, Ida Kintamani, Cantur Dyah Fajarini, Bambang Suwardi Joko, Heru N. Triyono, and Yusuf Hadi Yudha. 2018. Akreditasi Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan Dan Mutu Satuan Pendidikan.

Herlambang, Agung Feby. 2021. “Ketercapaian Standar Nasional Pendidikan Tingkat Sekolah Dasar Di Kecamatan Gedongtengen.” Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan 9(3):265–76. doi: 10.21831/sakp.v9i3.17206.

Hidayatullah, Ade. 2021. “Kebijakan Implementasi Akreditasi Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Mts Ibad Ar Rahman Islamic Boarding School Cimanuk Pandeglang.” Journal Abacus 2(1).

Indy, Ryan. 2019. “Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Sosial Di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara.” HOLISTIK, Journal Of Social and Culture 12(4):1–18.

Kementerian Pendidikan. 2019. Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kholillah, Mustika Khoirunnisa, Yayang Furi Furnamasari, and Dinie Anggraeni Dewi. 2022. “Peran Pendidikan Dalam Menghadapi Arus Globalisasi.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6(1):515–18. doi: 10.33487/edumaspul.v6i1.2508.

Maajid Amadi, Aunur Shabur. 2022. “Pendidikan Di Era Global: Persiapan Siswa Untuk Menghadapi Dunia Yang Semakin Kompetitif.” Educatio 17(2):153–64. doi: 10.29408/edc.v17i2.9439.

Martinelli, Ida, and Nalil Khairiah. 2020. “Sosialisasi Urgensi Akreditasi Sekolah Bagi Masyarakat Dalam Memperoleh Layanan Pendidikan Yang Unggul.” Wahana Inovasi 9(2):60–67.

Minnah El Widdah, Asep Suryana dan Kholid Musyaddad. 2012. Kepemimpinan Berbasis Nilai Dan Pengembangan Mutu Madrasa. Bandung: Alfabeta.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2016. Salinan Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2016 Tentang Sistem Penjamin Mutu Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Peraturan Menteri Pendidikan RI. 2018. “Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2018 Tentang Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah Dan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Nonformal.” Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia 1–21.

Pratama, Yoga Anjas. 2019. “Integrasi Pendidikan Madrasah Dalam Sistem Pendidikan Nasional (Studi Kebijakan Pendidikan Madrasah Di Indonesia).” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 10(1):95–112. doi: 10.24042/atjpi.v10i1.3838.

Saad, Sriwati R., and Asnidar. 2021. “Peran Akreditasi Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di SMP Muhammadiyah Lakea.” Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman 15(2):46–49. doi: 10.56338/iqra.v15i2.1570.

Safitri, Nita Andriani, and Rina Marlina. 2019. “Kebijakan Penyelenggaraan Madrasah Aliyah Kejuruan.” Madrasa: Journal of Islamic Educational Management 2(1):33–41. doi: 10.32940/mjiem.v2i1.44.

Supriyanto, Dadang, Dadan Hidayatullah, and Badrudin. 2024. “Analisis Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan Pada SMP Al Ma ’ Soem Jatinangor Sumedang.” Jurnal Pendidikan Tambusai 8(1):1094–1103.

Umar, Yusuf. 2016. Menjamin Pendidikan Madrasah Bermutu. Bandung: Rafika Aditama.

Waluyo, Joko. 2022. “Hamzah Dan Waluyo (2022) Optimalisasi Pelaksanaan Akreditasi Madrasahsebagai Upaya Penjaminan Mutu Pendidikan.” 04:130–42.

Zubair, Muh., Sawaludin Sawaludin, Ahmad Fauzan, and Bagdawansyah Alqadri. 2024. “Sosialisasi Urgensi Akreditasi Sekolah Pada MA Dan MTs Unwanul Falah NW Paok Lombok.” Jurnal Pengabdian Inovasi Masyarakat Indonesia 3(1):7–11. doi: 10.29303/jpimi.v3i1.3915.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-03

Cara Mengutip

Muslihah, E., E. Syarifudin, Budiarjo, Nurlelah, & Purnomo Mulyosaputro. (2024). AKREDITASI SEBAGAI UPAYA PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH (PENELITIAN DI LINGKUNGAN KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN PANDEGLANG) . Jurnal Paris Langkis, 5(1), 132–150. https://doi.org/10.37304/paris.v5i1.15486