MANAJEMEN PEMBELAJARAN UNTUK MENCIPTAKAN SUASANA MENYENANGKAN BAGI ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.37304/paris.v3i1.4199Kata Kunci:
Manajemen pembelejaran, Pendidikan anak usia diniAbstrak
Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengumpulkan berbagai informasi mengenai manajemen pembelajaran yang baik untuk menciptakan suasana yang menyenangkan bagi anak usia dini. Metode pada penelitian ini yaitu melalui studi literatur, informasi diperoleh dan dikumpulkan dari beberapa penelitian yang sebelumnya sudah dilakukan. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa manajemen pembelajaran untuk menciptakan suasana yang menyenangkan bagi anak usia dini dimulai dengan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Manajemen pembelajaran perlu diperhatikan oleh para pendidik dan juga pengelola lembaga pendidikan.
Unduhan
Referensi
Adawiyah, F. (2021). Variasi Metode Mengajar Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Siswa Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Paris Langkis, 2(1), 68–82. https://doi.org/10.37304/paris.v2i1.3316
Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Aryani, N., Mudjiran., & Rakimahwati. (2020). Manajemen Pembelajaran PAUD Berbasis Perkembangan Anak. Tasikmalaya: Edu Publisher.
Bastian, B. (2019). Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(6), 1357.
Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203–213.
Dikbud, P. (2009). Salinan: Peraturan Menteri Pendidikan No. 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia DIni.
Elfrida Ita. (2018). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di TK Rutosoro Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada Flores Nusa Tenggara Timur. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 45–52.
Hamalik, Oemar. (1994). Kurilulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hani, A. A. (2019). Evaluasi Pembelajaran pada PAUD. Care, 7(1), 52–56.
Hewi, L., & Asnawati, L. (2020). Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 158.
Idhayani, N., Nasir, N., & Jaya, H. N. (2020). Manajemen Pembelajaran untuk Menciptakan Suasana Belajar Menyenangkan di Masa New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1556–1566.
Ita, E. (2018). Manajemen pembelajaran pendidikan anak usia dini di TK Rutosoro Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada Flores Nusa Tenggara Timur. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 45–52.
Izza, A. Z., Falah, M., & Susilawati, S. (2020). Studi Literatur: Problematika Evaluasi Pembelajaran Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Di Era Merdeka Belajar. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan 2020, 10–15.
Masitoh & Dewo, Laksmi. 2009. Strategi Pembelajaran. Jakarta.
McGregor, D. (1960), The Human Side of Enterprise, McGraw-Hill, New York, NY.
Mursalin, Sulaiman, & Nurmasyitah. (2017). Peran Guru Dalam Pelaksanaan Manajemen Kelas Di Gugus Bungong Seulangakecamatan Syiah Kualakota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 105–114.
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333.
Rahayu, F. E. (2015). Manajemen Pembelajaran Dalam Rangka Pengembangan Kecerdasan Majemuk Peserta Didik. Manajemen Pendidikan, 24(5), 357-366.
Riadi, A. (2017). Problematika Sistem Evaluasi Pembelajaran. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 15(27), 2-9.
Rohita, R., & Nurfadilah, N. (2018). Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran di Taman KanakKanak (Studi Deskriptif pada Taman Kanak-kanak di Jakarta). Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 4(1), 53.
Safitri, A., Kabiba, K., Nasir, N., & Nurlina, N. (2020). Manajemen Pembelajaran bagi Anak Usia Dini dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1209–1220.
Saefulloh, A. (2018). PERAN PENDIDIK DALAM PENERAPAN INTERNET SEHAT MENURUT ISLAM. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(I), 119–134. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/atjpi.v9i1.2709Sanjaya, Wina.2007. Strategi Pembelajaran (berorientasi Standar Proses Pendidikan). Jakarta. Kencana.
Sary, Y. N. E. (2018). Relationship of Parenting with Child Interpersonal Intelligence in Wonokerto Village, Lumajang Regency. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 137.
Siregar, Evelin & Nara, Hartini.2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Ghalia Indonesia.
Suningsih, A. (2018). Mengapa Skenario Pembelajaran Perlu Pendidikan Karakter? International Journal of Community Service Learning, 2(1), 34.
Suryapermana, N. (2016). Urgensi Manajemen Pembelajaran. Journal Tarbawi, 2(1), 39–51.
Suryapermana, N. (2017). Manajemen Pembelajaran Dalam Dunia Pendidikan. An-Nidhom, 1(02), 73–90.
Syafaruddin. (2019). Manajemen dan Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing
Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivitis. Jakarta: Pustaka
Wahid, A. H., Muali, C., & Mutmainnah, M. (2018). Manajemen Kelas Dalam Menciptakan Suasana Belajar Yang Kondusif; Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 179.
Winardi. (1990). Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta: Rineka Cipta.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Himmah Farida, Ayu Inggi Mubarokah, Kurnia Rachmawati, Regina Best Tiara, Jojor Renta Maranatha
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.