PELUANG DAN TANTANGAN PENDIDIKAN KARAKTER DI ERA PEMBELAJARAN JARAK JAUH
DOI:
https://doi.org/10.37304/paris.v2i1.3163Kata Kunci:
Pendidikan Karakter, Pembelajaran Jarak JauhAbstrak
Tujuan dari artikel ini adalah untuk membahas peluang dan tantangan pendidikan karakter di era digital. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dan studi pustaka. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan studi pustaka dan triangulasi. Pendidikan karakter di era digital memiliki berbagai tantangan dan peluang. Penelitian membuktikan bahwa era digital memberikan kesempatan positif untuk menerapkan pendidikan karakter. Tantangan dalam era pendidikan jarak jauh bagaimana mengajar siswa untuk memberikan materi pendidikan karakter di era digital. Pembuat kebijakan pendidikan perlu memainkan peran aktif dalam pengembangan pembelajaran karakter berkelanjutan secara digital untuk memastikan penerapan pembelajaran karakter melalui media digital yang efektif.
Unduhan
Referensi
Abdul Ghofur, Wahyono, Strategi Qur’ani Mengenai Diri Sendiri dan Meraih Kebahagiaan Hidup, (Yogyakarta:Belukar Budaya, 2004), cet. I.
Alfian, Politik, Kebudayaan dan Manusia Indonesia, (Jakarta:LP3ES, 1981), cet. II.
Arief, Armai, Reformulasi Pendidikan Islam, (Ciputat:CRSD Press, 2007), cet. II.
Asmani, Jamal Ma’ruf, Tips Efektif Menjadi Sekolah Berstandar Nasional dan Internasional, (Jogjakarta:Hamoni, 2011), cet. I.
Bush, Tony and Les Bell, The Principles and Practice of Educational Management, ( London:A. SAGE Publications Company, 2002), First Published.
Fatah, Abdul, Budaya Toleransi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (Jakarta:Young Progressive Muslim, 2012), cet. I.
Fuller, Graham E., A World Without Islam, (New York, Boston, London:Little, Brown and Company, 2010), First Edition.
Gulen, Muhammad Fethullah, Islam Rahmatan Lil Alamin, (Jakarta:Republika Penerbit, 2011), cet. I.
----------, Qadar di Tangan Siapakah Takdir atas Diri Kita, (Jakarta:Republik Penerbit, 2011), cet. I.
----------, Cahaya Al-Qur’an Bagi Seluruh Makhluk, Tafsir Ayat-ayat Pilihan Sesuai Kondisi Dunia Saat Ini, (Jakarta:Republika, 2011), cet. I.
---------, Dakwah Jalan Terbaik dalam Berfikir dan Menyikapi Hidup, (Jakarta:Republika, 2011), cet. I.
Hadad, Ismid, (ed.), Kebudayaan Politik dan Keadilan Sosial, (Jakarta:LP3ES, 1981), cet. II.
Hasan, Muhammad Tholchah, Islam dalam Perspektif Sosio Kultural, (Jakarta:Lantabora Press, 2000).
Heriyanto, Husain, Menggali Nalar Saintifik Peradaban Islam, (Bandung:Mizan, 2011), cet. I.
Hasbullah, Moeflich, Sejarah Intelektual Islam di Indonesia, (Bandung:Pustaka Setia, 2012), cet. I.
Ismail, Faisal, Pijar-pijar Islam Pergumulan Kultur dan Struktur, (Yogyakarta:Lembaga Studi Filsafat Islam, 2002), cet. I.
Kamaluddin, Laode M., On Islamic Civilization Menyalakan Kembali Lentera Peradaban Islam Yang Sempat Padam, (Jakarta:Unissula Republikata, 2010), cet. I.
Khan, Muhammad Waheeduddin, Muhammad Nabi untuk Semua, (terj.) dari buku Muhammad A Prophet for All Humanities, (Jakarta:Bulan Bintang, 1998), cet. I.
Koesoema A., Doni, Pendidikan Karakter, Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, (Jakarta:Gramedia, 2007), cet. I
Muhaimin, Nuansa Baru Pendidikan Islam Mengurai Benang Kusut Pendidikan Islam, (Jakarta:RajaGrafindo Persada, 2006), cet. I.
Mahmud, Ali Abdul Halim, Akhlak Mulia, (terj.) Abdul Hayyie al-Kattani, (Jakarta:Gema Insani Press, 1415 H./1995), cet. I.
Mulyasa, H.E., Manajemen Pendidikan Karakter, (Jakarta:Bumi Aksara, 2012), cet. II.
Muslich, Masnur, Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, (Jakarta:Bumi Aksara, 2011), cet. I.
Muthahhari, Ayatullah Murthada, Pengantar Epistimologi Islam, (Jakarta:Shadra Press, 2010), cet. I.
Nata, Abuddin, Akhlak/Tasawuf, (Jakarta:RajaGrafindo Persada, 2005), cet. I.
---------, Sejarah Sosial Intelektual Islam dan Institusi Pendidikannya, (Jakarta:RajaGrafindo Persadam 2012), cet. I.
Mas’ud, Abdurrahman, Intelektual Pesantren, Perhelatan Agama dan Tradisi, (Yogyakarta:LkiS Yogyakarta, 2004), cet. I.
Al-Qardaw, Muhammad Yusuf, Iman dan Kehidupan, (terj.)H.A.R.Fakhruddin, dari buku al-Iman wa al-Hayat, (Jakarta:Bulan Bintang, 1986), cet. I.
Rahamn, Yusuf, (ed.), Islam and Society in Contemporary Indonesia, (Jakarta:Interdisciplinary Islamic Studies Program Faculty of Graduate Studies, Syarif Hidayatullah State Islamic University Jakarta, 2006), First Edition.
Ramzy, A. Naufal (ed.), Islam dan Transformasi Sosial Budaya, (Jakarta:CV Deviri Ganan, 1993), cet. I.
Sucipto, Hery, Islam Madzah Tengah:Persembahan 70 Tahun Tarmizi Taher, (Jakarta:Grafindo Khazanah Ilmu, 2007), cet. I.
Tasmara, Toto, Etos Kerja Pribadi Muslim, (Yogyakarta:Dana Bhakti Wakaf, 1995), cet. I.
Tholhah, Imam, ect, (Team of Reviewers), The Strategic Role of Religious Education in The Development f Culture of Peacem, (Jakarta: Centre for Research and Development of Religious Education and Religion: Ministry of Religious Affairs of the Republik Indonesia, 2012), First Edition.
Triwibowo, Darmawan, Gerakan Sosial Wahana Civil Society bagi Demokrasi, (Jakarta:LP3ES, 2006), cet. I.
Young, Grogory G, Membaca Kepribadian Orang, (Jogjakarta:Thingk, 2008), cet. X.
Wahid, Abdurrahman (Gus Dur), Islamku, Islam Anda, Islam Kita:Agama Masyakara Negara Demokrasi, (Jakarta:The Wahid Institute, 2006), cet. I.
--------, Islam Kosmopolitan, (Jakarta:The Wahid Institute, 2008), cet. I.
Walujo, Imam dan Kons, Dialog:Indonesia Kini dan Esok, (Jakarta:Lembaga Penunjang Pembangunan Nasional, (Jakarta:Leppenas, 1980), cet. I.
Zamroni, Pendidikan Demokrasi pada Masyarakat Multikultural, (Yogyakarta:Gavin Kalam Utama, 2011), cet. I.
Zubaedi, Desin Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan, (Jakarta:Prenada Media, 2011), cet. I.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 ellectrananda ash-shidiqqi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.