EVALUASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN KARAKTER EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SMPN 54 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.37304/jpl.v6i1.22724Kata Kunci:
Evaluasi kebijakan, pendidikan karakter, pramukaAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah mengkaji mengenai penerapan pendidikan karakter melalui kegiatan pramuka di SMPN 54 Surabaya menggunakan indikator evaluasi dari William N Dunn. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai instrumennya menggunakan metode pengumpulan data, reduksi data dan tampilan data untuk analisisnya. Hasil penelitian menemukan bahwa penerapan pendidikan karakter di SMPN 54 Surabaya berdasarkan indikator dari William N Dunn telah dilakukan dengan baik. Ada lima indikator yang menunjukkan hasil baik. Kelima indikator tersebut adalah indikator efektivitas, kecukupan, pemerataan, responsivitas dan ketepatan. Sementara itu satu indikator, yaitu efisiensi masih menunjukkan hasil yang masih belum optimal dalam pelaksanaannya, khususnya terkait dengan efisiensi biaya. Ada beberapa perbaikan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pembelajaran pendidikan karakter di SMPN 54 Surabaya. Pertama, perlu adanya sanksi terhadap pelatih yang terlambat agar tidak memberikan contoh yang tidak baik bagi peserta didik. Kedua, perlu adanya ketegasan bagi para siwa dan wajib ada pembekalan rutin terhadap pembentukan karakter. Ketiga, dukungan dana bagi pelaksanaan pendidikan karakter agar materi pembelajaran dapat berjalan secara maksimal.
Unduhan
Referensi
Alivia, T., & Sudadi, S. (2023). Manajemen Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 5(2), 108–119.
Azizah, L. L. (2022). Evaluasi Kebijakan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Melalui Teori William Dunn (Studi Kasus Pada Sdn Lidah Kulon I/464 Surabaya). Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(2), 48–57.
Cahyani, M., & Puspaningtyas, A. (2023). Evaluasi Program Membaca Private Dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa di SD Kusuma Putra. Eksekusi: Jurnal Ilmu Hukum Dan Administrasi Negara, 1(4), 322–334.
Delta, S., Asril, A., & Juliardi, B. (2024). Penanaman Karakter Komunikatif dan Tanggung Jawab dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di SMP Negeri 45 Mukomuko. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), 1383–1388.
Dunn, W. N. (2003). Pengantar Analisis Kebijakan Publik Edisi Kedua (Kedua). Gadjah Mada University Press.
Fadilah, M. P., Alim, W. S., Zumrudiana, A., Lestari, I. W., Baidawi, A., Elisanti, A. D., & KM, S. (2021). Pendidikan karakter. Agrapana Media.
Fauziah, A. S., & Sudarwati, N. (2023). Penerapan Pendidikan Karakter dalam Kegiatan Ektrakurikuler Pramuka. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 76–87.
Febrina, I., & Rahmat, H. K. (2024). Motivasi kerja sumber daya manusia dalam organisasi: Sebuah tinjauan pustaka. Journal of Current Research in Humanities, Social Sciences, and Business, 1(1), 29–34.
Handayani, A. N., Santoso, R. S., & Warsono, H. (2024). EVALUASI PROGRAM KELUARGA HARAPAN KOMPONEN PENDIDIKAN DI KECAMATAN PULOKULON KABUPATEN GROBOGAN. Journal of Public Policy and Management Review, 13(4), 334–352.
Kasingku, J., & Sanger, A. H. F. (2023). Pengaruh pendidikan karakter terhadap moralitas remaja di era digital. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 6096–6110. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10220
Kurniawan, A. F., Sulistio, E. B., & Karmilasari, V. (2024). Evaluasi Kebijakan Sistem Zonasi dalam Optimalisasi Aksesibilitas Pendidikan pada Jenjang Sekolah Menengah Pertama di Kota Bandar Lampung. Wacana Publik, 18(01), 43–52. https://doi.org/10.37295/wp.v18i1.65
Kushadianto, M., & Rosdiana, W. (2020). EVALUASI PROGRAM ANGKUTAN CERDAS SEKOLAH ( ACS ) BERBASIS APLIKASI DI KABUPATEN PONOROGO Mario Kushadianto Dr Weni Rosdiana S . AP , M . AP Jurusan Administrasi Publik , Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum , Universitas Negeri Surabaya , Abstrak Abstrak. Jurnal Ilmu Pemerintahan Widya Praja, 45(1), 17–32.
Lesmana, R., & Falah, M. S. (2024). Manajemen Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Peningkatan Karakter Kedisiplinan Siswa Di SMP Negeri 1 Mojowarno. EduCurio: Education Curiosity, 2(3), 506–517.
Mandarlangi, M. A., Kurnia, I., & Alamsyah, M. N. (2024). Evaluasi Kebijakan Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah di Kabupaten Parigi Moutong. JURNAL SYNTAX IMPERATIF: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 5(3), 548–560.
Martins, E. K., & Toletina, N. T. (2024). Evaluasi pelaksanaan kebijakan Program KIP-K di Indonesia. Professional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 11(1), 331–340.
Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen pendidikan karakter. Bumi Aksara.
Murtadha, A., Zulkarnain, Z., & Widianto, E. (2022). Keikutsertaan anggota pramuka generasi z terhadap implementasi nilai-nilai pendidikan karakter di SMP Plus Al-Kautsar Malang. Jendela PLS, 7(1), 71–81.
Nadila, D. D. N. (2023). EVALUASI KEBIJAKAN KURIKULUM MERDEKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL WILLIAM DUNN Daryati Dewi Nur Nadila. JPSS: Jurnal Pendidikan Sang Surya, 9(1), 2023.
Natika, L., & Putri, G. N. (2021). Evaluasi Kebijakan Pengujian Kendaraan Umum dan Barang di Dinas Perhubungan Kabupaten Subang. The World of Public Administration Journal, 3(1), 26–38. https://doi.org/10.37950/wpaj.v3i1.1077
Nurrohmi, T. A., & Rosdiana, W. (2021). Evaluasi Pelaksanaan Kurikulum 2013 di Kelas IV B UPT SD Negeri 144 Gresik Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik. Publika, 1–12.
Prahesti, D., Ismaya, H., Mayasari, N., Pendidikan, F., Pengetahuan, I., Ilmu, F., & Sosial, P. (2021). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Melalui Peran Dasadharma Pramuka. EDUTAMA, 1–8.
Raharjo, R., Jayadiputra, E., Husnita, L., Rukmana, K., Wahyuni, Y. S., Nurbayani, N., & Mahdi, M. (2023). Pendidikan karakter membangun generasi unggul berintegritas. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Ramdhani, A., & Ramdhani, M. A. (2017). Konsep Umum Pelaksanaan Kebijakan Publik. Jurnal Publik, 11(1), 1–12.
Salam, A. (2023). Metode penelitian kualitatif. CV. Azka Pustaka.
Saputra, A. M. A., Tawil, M. R., Hartutik, H., Nazmi, R., La Abute, E., Husnita, L., & Haluti, F. (2023). Pendidikan Karakter Di Era Milenial: Membangun Generasai Unggul Dengan Nilai-Nilai Positif. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Septiani, K. U., Lasmawan, I. W., & Budiarta, I. W. (2024). Peran ekstrakurikuler Pramuka dalam memperkuat pendidikan karakter. Journal of Education Action Research, 8(4), 671–678.
Septiansyah, B. (2025). Evaluasi Kebijakan Evaluasi Kebijakan Pemberdayaan Rukun Warga di Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi. Sospol, 11(2), 223–237. https://doi.org/10.22219/jurnalsospol.v11i2.39972
Silviana, S., Khoiron, K., & Rahmawati, S. D. (2025). EVALUASI KEBIJAKAN WAJIB BELAJAR PENDIDIKAN DASAR 12 TAHUN DI KECAMATAN KEDUNGKANDANG (Studi pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang). Respon Publik, 19(4), 10–18.
Suaib, H., Rakia, A. S. R., Purnomo, A., & Ohorella, H. M. (2022). Pengantar kebijakan publik. Humanities Genius.
Subandi, E., Asbari, M., & Anggraeni, V. (2024). Educational Scout: Pramuka Sebagai Wadah Pendidikan Karakter Bangsa. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 03(05), 30–32.
Tarsan, V., Dafrosi, M. I., & Baci, R. (2021). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka (Studi Kasus Di SDK Wae Kajong). JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 5(1), 60–70.
Wahab, S. A. (2021). Analisis kebijakan: dari formulasi ke penyusunan model-model implementasi kebijakan publik. Bumi Aksara.
Wahyuni, H. A. (2022). Peran Pendidikan Pramuka dalam Pembentukan Karakter Bangsa Menuju Pembangunan Nasional. Linggau Journal of Elementary School Education, 2(1), 7–14.
Warman, W., Komariyah, L., & Kaltsum, K. F. U. (2023). Konsep Umum Evaluasi Kebijakan. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 3, 25–32.
Widodo, J. (2021). Analisis kebijakan publik: Konsep dan aplikasi analisis proses kebijakan publik. edia Nusa Creative (MNC Publishing).
Yatmoko, P. D., Siregar, H., & Darmawan, D. (2025). Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Penguatan Karakter Integritas dan Mandiri. Jambura Journal of Community Empowerment, 6(1), 145–163.
Yetti, S., Frinaldi, A., & Syamsir, S. (2023). Implementasi Kebijakan Pendidikan terhadap Kebijakan Publik. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 545–551.
Yulianti, R. Y. (2022). Evaluasi Kebijakan Tambahan Penghasilan Pegawai (Tpp) Dalam Meningkatkan Disiplin Pegawai Negeri Sipil Di Kota Banjar. Jurnal Pemerintahan Dan Politik, 7(2).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Revaldino Nur Rizki Aliansyah, Desak Gede Suasridewi, Mahardani Febrihapsari, Agus Rahmanto , Wiwik Prihartanti

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.













