PERSPEKTIF MAHASISWI PROGRAM STUDI PPKn UNIVERSITAS PALANGKA RAYA TENTANG BUDAYA POPULER KOREA (K-POP) TERHADAP GAYA HIDUP
DOI:
https://doi.org/10.37304/paris.v1i2.2279Kata Kunci:
Budaya populer Korea (K-Pop), Gaya HidupAbstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana Perpektif para mahasiswi Program Studi PPKn tentang budaya populer korea (K-Pop) terhadap gaya hidup serta mendeskripsikan dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat para mahasiswi Program Studi PPKn menggemari budaya populer korea (K-Pop) tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: Observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini sumber data Primer subyek penelitian diambil berdasarkan Purposive sampling dan sumber data sekunder. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa bentuk gaya hidup para mahasiswi dari menggemari budaya populer korea adalah pertama mahasiswi yang tinggal di barak Public Relation dan Journalism gaya hidup dan gaya hidup hedonis, kedua mahasiswi yang tinggal dengan orang tua hedonis dan iklan gaya hidup, ketiga mahasiswi asli daerah Public Relation dan Journalism gaya hidup dan gaya hidup hedonis, keempat Mahasiswi Program Studi PPKn angkatan 2016 hedonis dan iklan gaya hidup, kelima mahasiswi Program Studi PPKn angkatan 2017 hedonis dan iklan gaya hidup. Faktor Pendukung mahasiswi Program Studi PPKn menggemari budaya populer korea (K-Pop) adalah Teknologi, Media Massa, Lingkungan Pertemanan, Visual dan bakat artis Korea. Sedangkan Faktor Penghambat para mahasiswi Program Studi PPKn dalam menggemari budaya populer korea (K-Pop) adalah Pertama Mahasiswi yang tinggal di barak adalah finansial dan lingkungan sekitar mahasiswi, kedua mahasiswi yang tinggal bersama dengan orang tua adalah larangan orang tua , ketiga Mahasiswi Asli daerah adalah Keuangan dan perbedaan budaya, keempat mahasiswi Program Studi PPKn angkatan 2016 adalah Keuangan dan perbedaan budaya, kelima Mahasiswi Program Studi PPKn angkatan 2017 adalah perbedaan kebudayaan dan Lingkungan Sekitar
Unduhan
Referensi
Aslamiyah, M. 2013. Identitas Diri Mahasiswa Penyuka Budaya Pop Korea di Malang.
Ida Ri’aeni, Suci, M., Pertiwi, M., & Sugiarti, T. (2019). Pengaruh Budaya Korea (K-Pop) terhadap Remaja di Kota Cirebon. In Communications.
Kaparang, O. M. (2013). Analisa Gaya Hidup Remaja Dalam Mengimitasi Budaya Pop Korea Melalui Televisi. Journal “Acta Diurna".
Keesing, R. (2014). Teori-Teori Tentang Budaya. Antropologi Indonesia. https://doi.org/10.7454/ai.v0i52.3313
Ridaryanthi, M. (2014). Bentuk Budaya Populer dan Konstruksi perilaku Konsumen ... Jurnal Visi Komunikasi. https://doi.org/https://media.neliti.com/media/publications/142786-ID-bentuk-budaya-populer-dan-konstruksi-per.pdf
https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/populer di akses pada 9 Mei, 2020
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Ledy Femina Sitanggang, Eddy Lion, Offeny
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.