PERSPEKTIF MAHASISWI PROGRAM STUDI PPKn UNIVERSITAS PALANGKA RAYA TENTANG BUDAYA POPULER KOREA (K-POP) TERHADAP GAYA HIDUP

Penulis

  • Ledy Femina Sitanggang Universitas Palangka Raya
  • Eddy Lion Prodi PPKn FKIP Universitas Palangka Raya
  • Offeny Prodi PPKn FKIP Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/paris.v1i2.2279

Kata Kunci:

Budaya populer Korea (K-Pop), Gaya Hidup

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana Perpektif para mahasiswi Program Studi PPKn tentang budaya populer korea (K-Pop) terhadap gaya hidup serta mendeskripsikan dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat para mahasiswi Program Studi PPKn menggemari budaya populer korea (K-Pop) tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: Observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini sumber data Primer subyek penelitian diambil berdasarkan Purposive sampling dan sumber data sekunder. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa bentuk gaya hidup para mahasiswi dari menggemari budaya populer korea adalah pertama mahasiswi yang tinggal di barak Public Relation dan Journalism gaya hidup dan gaya hidup hedonis, kedua mahasiswi yang tinggal dengan orang tua hedonis dan iklan gaya hidup, ketiga mahasiswi asli daerah Public Relation dan Journalism gaya hidup dan gaya hidup hedonis, keempat Mahasiswi Program Studi PPKn angkatan 2016 hedonis dan iklan gaya hidup, kelima mahasiswi Program Studi PPKn angkatan 2017 hedonis dan iklan gaya hidup. Faktor Pendukung mahasiswi Program Studi PPKn menggemari budaya populer korea (K-Pop) adalah Teknologi, Media Massa, Lingkungan Pertemanan, Visual dan bakat artis Korea. Sedangkan Faktor Penghambat para mahasiswi Program Studi PPKn dalam menggemari budaya populer korea (K-Pop) adalah Pertama Mahasiswi yang tinggal di barak adalah finansial dan lingkungan sekitar mahasiswi, kedua mahasiswi yang tinggal bersama dengan orang tua adalah larangan orang tua , ketiga Mahasiswi Asli daerah adalah Keuangan dan perbedaan budaya, keempat mahasiswi Program Studi PPKn angkatan 2016 adalah Keuangan dan perbedaan budaya, kelima Mahasiswi Program Studi PPKn angkatan 2017 adalah perbedaan kebudayaan dan Lingkungan Sekitar

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aslamiyah, M. 2013. Identitas Diri Mahasiswa Penyuka Budaya Pop Korea di Malang.

Ida Ri’aeni, Suci, M., Pertiwi, M., & Sugiarti, T. (2019). Pengaruh Budaya Korea (K-Pop) terhadap Remaja di Kota Cirebon. In Communications.

Kaparang, O. M. (2013). Analisa Gaya Hidup Remaja Dalam Mengimitasi Budaya Pop Korea Melalui Televisi. Journal “Acta Diurna".

Keesing, R. (2014). Teori-Teori Tentang Budaya. Antropologi Indonesia. https://doi.org/10.7454/ai.v0i52.3313

Ridaryanthi, M. (2014). Bentuk Budaya Populer dan Konstruksi perilaku Konsumen ... Jurnal Visi Komunikasi. https://doi.org/https://media.neliti.com/media/publications/142786-ID-bentuk-budaya-populer-dan-konstruksi-per.pdf

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/populer di akses pada 9 Mei, 2020

Unduhan

Diterbitkan

2021-03-20

Cara Mengutip

Sitanggang, L. F. ., Eddy Lion, & Offeny. (2021). PERSPEKTIF MAHASISWI PROGRAM STUDI PPKn UNIVERSITAS PALANGKA RAYA TENTANG BUDAYA POPULER KOREA (K-POP) TERHADAP GAYA HIDUP . Jurnal Paris Langkis, 1(2), 23–35. https://doi.org/10.37304/paris.v1i2.2279

Terbitan

Bagian

Articles