ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PECAHAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 43 LUBUKLINGGAU

Penulis

  • Tio Gusti Satria UNIVERSITAS PGRI SILAMPARI
  • Dwi Maya Sari Program Studi PGSD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Silampari
  • Elya Rosalina Program Studi PGSD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Silampari
  • Akmal Rijal Program Studi PGSD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Silampari

DOI:

https://doi.org/10.37304/paris.v2i2.4180

Kata Kunci:

Analisis, Kesalahan siswa, Matematika, Pecahan.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan siswa kelas V SD Negeri 43 Lubuklinggau dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah pada materi pecahan dan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kesalahan siswa kelas V SD Negeri 43 Lubuklinggau dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah pada materi pecahan. Subjek penelitian yang diambil yaitu kelas V SD Negeri 43 Lubuklinggau dengan jumlah 19 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika disebabkan oleh (1) kesalahan fakta, (2) kesalahan konsep, (3) kesalahan prinsip dan (4) kesalahan operasi. Dari data hasil tes akhir diperoleh persentase kesalahan siswa pada kesalahan fakta sebesar 44,7%, kesalahan konsep sebesar 50%, kesalahan prinsip sebesar 52,6%, kesalahan operasi sebesar 89,5%. Faktor- faktor penyebab kesalahan siswa antara lain 1) siswa tidak menguasai konsep 2) siswa tidak memahami soal pemecahan masalah 3) kurang motivasi dan konsentrasi dalam belajar matematika. Cara guru mengatasi siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika yaitu 1) membantu siswa memiliki sikap positif 2) menerapkan metode yang menekankan pada pemahaman konsep matematika 3) mendorong siswa memiliki motivasi dalam memecahkan masalah matematika 4) membantu siswa dalam meningkatkan efikasi diri 5) sering berlatih memecahkan masalah matematika.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abidin, Z. (2012). Analisis Kesalahan Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah IAIN AR-RANIRY dalam Mata Kuliah Trigonometri dan Kalkulus 1. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, XIII(1), 183-196.

Amir, Almira. (2014). Kemampuan Penalaran dan Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika. IAIN Padangsidimpuan.

Astuty, Kiki Yuni., dkk. (2013). Analisis Kesalahan Siswa Kelas V dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Pecahan di SDN Medokan Semampir I/259 Surabaya. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Badaruddin., dkk. (2016). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal-soal Operasi Hitung Pecahan pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 4 (2) 43-56.

Danim, Sudarwan. (2010). Pengantar Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Febriyanti, Aprilliana., dkk. (2020). Penerapan Model Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII. Lubuklinggau: Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 11 (1) 50-56.

Fidayanti, M., dkk. (2020). Analisis Kesulitan dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1), 88-96.

Fitriatien, Sri Rahmawati. (2019). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Newman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4 (1), 53-64.

Hamzah, Amir. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.

Hayati, Cinthia Nur. (2013). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pecahan dengan Metode Pemecahan Masalah di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gumayun 01 Kabupaten Tegal. Universitas Negeri Semarang.

Indarwati, Desi., dkk. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Problem Based Learning untuk Siswa Kelas V SD. Satya Widya, 30 (1) 17-27.

Krismapera. (2018). Karakteristik Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Universitas Jambi.

Mairing, Jackson Pasini. (2018). Pemecahan Masalah Matematika. Bandung: Alfabeta.

Nasiruudin, Fathimah Az Zahra., Hayati. (2019). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Pecahan Pada Siswa Sekolah Dasar di Makassar. Language Teaching and Science, 1 (2), 23-31.

Purwati, Ari. (2013). Eksperimentasi Model Pembelajaran TS-TS (Two Stay Two Stay) dan GI (Group Investigation) untuk Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Pecahan Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas V SD Gugus Ahmad Yani Kecamatan Purworejo. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Rahmasantika, Danty., dkk. (2018). Analisis Kesalahan Siswa pada Operasi Hitung Pecahan Berdasarkan Tingkat Kecerdasan Siswa. JHM, 1 (2), 81-83.

Rijali, Ahmad. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah, 17(33), 81-95.

Roebyanto, Goenawan., dkk. (2017). Pemecahan Masalah Matematika untuk PGSD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Selegi, S. F. (2019). Analisis Kemampuan Higher Order Thinking Skill (HOTS) Melalui Creative Problem Solving (CPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Mahasiswa. Jurnal Swarnabhumi, 4(1), 1-61.

Siswantoro. (2010). Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suciati, Indah., dkk. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Operasi Hitung Pecahan pada Siswa Kelas V SDN Pengawu. JPPM, 11 (2), 129.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). METODE PENELITIAN Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tuzahrah, F., dkk. (2016). Analisis Kesulitan belajar Siswa dalam Menyelesaikan Soal Bilangan Berpangkat di Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, V(10), 1-12.

Winarni, Endang Setyo., dkk. (2017). Matematika untuk PGSD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Unduhan

Diterbitkan

2022-03-30

Cara Mengutip

Gusti Satria, T., Maya Sari, D., Rosalina, E., & Rijal, A. (2022). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PECAHAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 43 LUBUKLINGGAU. Jurnal Paris Langkis, 2(2), 23–32. https://doi.org/10.37304/paris.v2i2.4180

Terbitan

Bagian

Articles