DESAIN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGEMBANGAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KOMUNIKASI DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.37304/jpl.v6i1.23296Kata Kunci:
Pendidikan Agama Islam; Komunikasi efektif; Manajemen Pendidikan Islam; Desain pembelajaran; teknologi.Abstrak
Penelitian ini bertujuan menganalisis integrasi komunikasi dan manajemen pendidikan Islam dalam meningkatkan efektivitas desain pembelajaran PAI di era digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Sistematis Literatur Review (SLR) untuk menganalisis literatur yang relevan terkait penerapan komunikasi dan manajemen pendidikan Islam dalam pembelajaran PAI.Dengan pendekatan kualitatif melalui Systematic Literature Review (SLR), penelitian menelaah literatur 2020–2025 terkait penerapan kedua elemen tersebut dalam PAI. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi literatur dan wawancara dengan para ahli pendidikan Islam yang berpengalaman dalam pengembangan kurikulum. Penelitian ini masih terbatas kajian yang mengintegrasikan komunikasi efektif dan manajemen pendidikan Islam berbasis nilai tauhid dalam pembelajaran PAI, terutama terkait motivasi, interaktivitas, dan inklusivitas. Penggunaan teknologi sebagai pendukung komunikasi dan manajemen PAI juga belum banyak diteliti. Penelitian ini menawarkan pendekatan baru dengan menggabungkan kedua aspek tersebut, termasuk pemanfaatan teknologi, untuk menghasilkan model pembelajaran PAI yang lebih interaktif, relevan, dan kontekstual di era digital, disertai rekomendasi pengembangan kurikulum dan pelatihan guru. Kebaruan penelitian ini terletak pada model integratif komunikasi–manajemen yang merekonstruksi desain pembelajaran PAI agar lebih adaptif terhadap teknologi dan kebutuhan abad ke-21. Hasil menunjukkan bahwa komunikasi yang efektif dan manajemen berbasis nilai tauhid meningkatkan motivasi belajar, efektivitas kurikulum, dan suasana kelas yang interaktif.
Unduhan
Referensi
Ahmad, Z., & Syahrani, R. (2024). Pembelajaran PAI berbasis teknologi: Pendekatan dan implementasi. Jurnal Pendidikan Agama Islam Modern, 5(1), 72-85.
Alam, S. (2022). Pengaruh teknologi terhadap pembelajaran agama Islam. Jurnal Teknologi Pendidikan Islam, 9(1), 76-84.
Al-Qurashi, A. (2021). Manajemen Pendidikan Islam dalam Perspektif Global. Jakarta: Rajawali Pers.
Anicha Putri Catrini, (2024). Komunikasi dalam pembelajaran PAI. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 15(2), 98-112.
Azhari, M., Rizki, A., & Fajar, T. (2020). Pengaruh penggunaan teknologi dalam pembelajaran PAI terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12(3), 45-58.
Bruner, J. (2020). The Process of Education. Harvard University Press.
Cici, A., & Doni, B. (2024). Kendala dalam penerapan manajemen berbasis Islam di lembaga pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 91-104.
Farid, A., & Iman, R. (2020). Inovasi pendidikan agama Islam melalui teknologi komunikasi. Jurnal Pendidikan dan Keagamaan, 11(3), 65-78.
Fiske, J. (2021). Introduction to Communication Studies. Routledge.
Hidayat, H. (2022). Pendidikan agama Islam di era globalisasi: Tantangan dan peluang. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 17(1), 22-35.
Hidayatullah, R. (2022). Implementasi pembelajaran agama Islam berbasis nilai tauhid. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 12(4), 110-120.
Indirwan, F. (2021). Manajemen pendidikan Islam berbasis nilai-nilai tauhid: Perspektif dan implementasi. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 24-36.
Mariani, S., & Syafi’i, I. (2020). Pembelajaran berbasis teknologi dalam pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam Terpadu, 14(1), 35-45.
Mulyasa, E. (2021). Pendidikan Agama Islam dan Karakter Bangsa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhamad, S. (2020). Inovasi pendidikan agama Islam dalam era digital. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 18(3), 57-68.
Muhammad, I., & Lestari, A. (2021). Model-model pembelajaran agama Islam berbasis komunikasi. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(3), 130-142.
Ngadimen, I. (2023). Komunikasi dalam Pendidikan Agama Islam. Surabaya: Educa.
Rizki, H. (2021). Manajemen pendidikan Islam dan pengaruhnya terhadap pembelajaran PAI. Jurnal Studi Pendidikan Islam, 7(2), 98-106.
Rizal, F., Kurniawan, D., & Sari, N. (2021). Teknologi dalam pembelajaran PAI: Peluang dan tantangan. Jurnal Pendidikan Teknologi, 11(2), 115-128.
Sulaiman, M., & Yusuf, A. (2020). Teknologi dan komunikasi dalam pembelajaran agama Islam. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 19(2), 58-69.
Syafi’i, H. (2020). Manajemen Pendidikan Islam: Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana.
Tannen, D. (2020). The Power of Talk: How Language Influences Our Lives. New York: Ballantine Books.
Wahyuni, S. (2022). Manajemen pendidikan Islam dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan, 13(2), 102-115.
Yusuf, A., & Sulaiman, M. (2021). Komunikasi dalam pembelajaran agama Islam: Strategi dan tantangannya. Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(4), 93-104.
Zulkarnain, H., & Rahman, F. (2020). Penerapan model pembelajaran berbasis teknologi dalam pendidikan agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 14(2), 112-125.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Aep Saepul Anwar, Dede Ridho Firdaus

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


















