Tingkat Depresi di Kalangan Pelajar: Implikasi Peran Gender dan Aliran Akademik
DOI:
https://doi.org/10.37304/pandohop.v5i2.18662Kata Kunci:
Depresi, gender, aliran akademik, pelajar, DASS21Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat depresi di kalangan pelajar, dengan fokus pada pengaruh gender dan aliran akademik. Sebanyak 291 pelajar tahun akhir dari dua Pusat Tingkatan Enam di Brunei Darussalam berpartisipasi dalam penelitian ini. Data dikumpulkan menggunakan instrumen Skala Depresi, Kecemasan, dan Stres 21 item (DASS21) yang mengukur tingkat depresi berdasarkan lima kategori: normal, ringan, sedang, berat, dan sangat berat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pelajar (52%) berada dalam kategori depresi normal, sementara 16% mengalami depresi ringan dan 17% mengalami depresi sedang. Berdasarkan analisis gender, pelajar perempuan cenderung mengalami tingkat depresi yang lebih tinggi dibandingkan pelajar laki-laki. Selain itu, pelajar dari aliran seni menunjukkan tingkat depresi yang lebih tinggi dibandingkan pelajar dari aliran sains, dengan 56% pelajar aliran seni berada pada kategori depresi ringan hingga sangat berat, sedangkan hanya 39% pelajar aliran sains yang mengalami hal serupa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa baik gender maupun aliran akademik memainkan peran penting dalam menentukan tingkat depresi pelajar, dengan pelajar perempuan dan pelajar aliran seni lebih rentan terhadap tekanan yang dapat mempengaruhi kesejahteraan mental mereka. Temuan ini memberikan wawasan yang berguna untuk merancang intervensi psikososial yang lebih spesifik, seperti program pengelolaan stres dan konseling kelompok, terutama bagi pelajar yang terlibat dalam aliran seni.
Unduhan
Referensi
Bernaras, E., Jaureguizar, J., & Garaigordobil, M. (2019). Child and adolescent depression: a review of theories, evaluation instruments, prevention programs, and treatments. Frontiers in psychology, 10, 543.
Borgman, S., Ericsson, I., Clausson, E. K., & Garmy, P. (2020). The relationship between reported pain and depressive symptoms among adolescents. The Journal of School Nursing, 36(2), 87-93.
Gao, W., Ping, S., & Liu, X. (2020). Gender differences in depression, anxiety, and stress among college students: a longitudinal study from China. Journal of affective disorders, 263, 292-300.
Gavurova, B., Ivankova, V., Rigelsky, M., Mudarri, T., & Miovsky, M. (2022). Somatic symptoms, anxiety, and depression among college students in the Czech Republic and Slovakia: a cross-sectional study. Frontiers in public health, 10, 859107.
Lovibond, S. H., & Lovibond, P. F. (1995). Depression anxiety stress scale-21 (DASS-21). Sydney: School of Psychology, University of New South Wales, 10, 13.
Malas, O., & Tolsá, M. D. (2022). Depression, Anxiety and Stress Scales (DASS-21): Factor structure, reliability, invariance and validity of the Catalan Version. Anuario de Psicología/The UB Journal of Psychology, 52(3).
Marwoko, G. (2019). Psikologi Perkembangan Masa Remaja. Tasyri: Jurnal Tarbiyah-Syariah-Islamiyah, 26(1), 60-75.
Musa, R., & Maskat, R. (2020). Psychometric Properties of Depression Anxiety Stress Scale 21-item (DASS-21) Malay Version among a Big Sample Population. Mediterranean Journal of Clinical Psychology, 8(1).
Shorey, S., Ng, E. D., & Wong, C. H. (2022). Global prevalence of depression and elevated depressive symptoms among adolescents: A systematic review and meta‐analysis. British Journal of Clinical Psychology, 61(2), 287-305.
Sumadi, H. (2013). Hubungan personaliti dengan kemurungan pelajar di sebuah Sekolah Menengah Agama Johor (Doctoral dissertation, Universiti Teknologi Malaysia).
Wolanin, A., Hong, E., Marks, D., Panchoo, K., & Gross, M. (2016). Prevalence of clinically elevated depressive symptoms in college athletes and differences by gender and sport. British journal of sports medicine, 50(3), 167-171.
World Health Organization (WHO) (2020). Depression. Fact sheet. Diperolehi melalui laman sesawang berikut:
https://www.who.int/en/news-room/fact-sheets/detail/depression/
Xuan, L., Hua, S., Lin, L., & Jianli, Y. (2023). Gender differences in the predictive effect of depression and aggression on suicide risk among first-year college students. Journal of affective disorders, 327, 1-6.
Yahya, N. A., & Sham, F. M. (2020). Sejarah dan Simptom Kemurungan: Kajian Literatur: History and Depression Symptoms: A Literature Reviews. Sains Insani, 5(1), 34-42.
Zhao, L., Han, G., Zhao, Y., Jin, Y., Ge, T., Yang, W., ... & Li, B. (2020). Gender differences in depression: evidence from genetics. Frontiers in genetics, 11, 562316.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Noor Azimah Sulaiman

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.