PENYUSUNAN INSTRUMEN PENILAIAN PEMBELAJARAN KOGNITIF DALAM MENGUKUR KEMAMPUAN ANALISIS DAN EVALUASI PESERTA DIDIK

Penulis

  • Regina Yustisia UIN SMH Banten
  • Unang Sunarya
  • Fitri Hilmiyati UIN SMH Banten
  • Enung Nugraha Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.37304/jpl.v6i1.23247

Kata Kunci:

Kata Kunci: Instrumen, Kognitif, Pendidikan

Abstrak

Tujuan dari penulisan artikel ini untuk mengetahui penyusunan instrumen penilaian pembelajaran kognitif dalam mengukur kemampuan analisis dan evaluasi peserta didik. Pendidikan adalah salah satu patokan utama suatu negara dikatakan maju atau tidak. Pendidikan merupakan usaha sadar untuk melaksanakan sesuatu pewarisan budaya dari satu generasi kepada genarasi yang lainnya. Instrumen penilaian afektif dirancang untuk mengukur perubahan sikap, minat, motivasi, dan nilai yang muncul dalam diri siswa selama proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif untuk meningkatkan pemahaman tentang evolusi pendidikan Islam di Indonesia kontemporer. Metode kualitatif dipilih untuk menyelidiki wawasan dan memahami sudut pandang praktisi pendidikan, pakar, dan dokumen terkait, yang menjelaskan dinamika pendidikan Islam dalam konteks sosial, politik, dan ekonomi Indonesia. Hasil penelitian yang pertama yaitu Instrumen pembelajaran kognitif adalah alat ukur atau perangkat evaluasi yang disusun secara terencana dan sistematis dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana peserta didik telah mencapai tujuan pembelajaran khususnya pada ranah kognitif. kedua Instrumen pembelajaran kognitif memiliki berbagai bentuk yang dapat digunakan guru untuk mengukur hasil belajar peserta didik sesuai dengan tujuan pembelajaran seperti tes objektif dan subjektif. ketiga kata kerja operasional adalah kata kerja yang digunakan dalam merumuskan indikator pencapaian dan soal/instrumen pembelajaran. Keempat dalam proses pembelajaran, penilaian merupakan salah satu komponen penting yang berfungsi untuk mengetahui sejauh mana tujuan pembelajaran telah tercapai. Agar penilaian lebih terarah, adil, dan transparan, guru memerlukan rubrik penilaian sebagai pedoman.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.
##doi.editor.displayName##: 10.37304/jpl.v6i1.23247 DOI URL: https://doi.org/10.37304/jpl.v6i1.23247
Lihat: 0 | ##article.downloads##: 0

Referensi

Aslihah, Eneng Muslihah, Abdul Muin, “Strategi Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MA Al-Khairiyah Pabuaran Cilegon”, Journal for Islamic Studies, Vol. 7, No. 3, Februari, 2024.

Bahri Syamsul Bahri. “Pengembangan Kurikulum Dasar dan Tujuannya”, Jurnal Ilmiah, Vol. 11, No. 1, Agustus, 2017.

Putri Hellin, Desty Susiani, Nabilla Setya Wandani, dkk. “Instrumen Penilaian Hasil Pembelajaran Kognitif pada Tes”, Jurnal Papeda, Vol. 4, No. 2, Juli, 2022.

Rahman Abd BP, Sabhayati Asri Munandar, dkk. “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan”, Jurnal Al Urwatul Wutsqa, Vol. 2, No. 1, Juni, 2022.

Rohmad. Pengembangan Instrumen Evaluasi dan Penelitian, Purwokerto: Kalimedia, 2017.

Saputri, Harisatunisa. “Strategi Penyusunan Soal Penilaian Harian Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa”, Jurnal Pendidikan Terapan, Vol. 3, No. 3, Mei, 2025.

Lisnawati, Wasehudin, Naf’an Tarihoran, Fitri Hilmiyati, Fadilla Oktaviana. “Implementation of Authentic Assessment of the Implementation of Merdeka Curriculum in PAI Subjects at Ma Al-Khairiyah Rancaranji, Serang Regency”, Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 9, No. 1, Juni, 2023.

W. Lorin Anderson, David R. Krathwohl, dll. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing a Revision of Bloom’S Taxonomoy of Educational Objectives, New York: Longman, 2001.

Unduhan

Diterbitkan

09-11-2025

Cara Mengutip

Yustisia, R., Sunarya, U., Hilmiyati, F., & Nugraha, E. (2025). PENYUSUNAN INSTRUMEN PENILAIAN PEMBELAJARAN KOGNITIF DALAM MENGUKUR KEMAMPUAN ANALISIS DAN EVALUASI PESERTA DIDIK. Jurnal Paris Langkis, 6(1), 105–115. https://doi.org/10.37304/jpl.v6i1.23247

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.