KONTRIBUSI LINGKUNGAN BELAJAR DAN SARANA PRASARANA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN TIK (Studi Kasus Kelas XI IPS SMA PGRI 1 Padang)
DOI:
https://doi.org/10.37304/paris.v1i1.3772Kata Kunci:
Learning Evirotment and Infrastructure, Study ResultsAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya kontribusi lingkungan belajar dan sarana prasarana terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK kelas XI IPS SMA PGRI 1 Padang. Hasil analisis data menunjukkan hubugan lingkungan belajar dengan hasil belajar sebesar rhitung>rtabel (0,278<0,195), terdapat hubungan yang positif dan signifikan dan dilanjutkan dengan uji t sebesar thitung>ttabel (2,469>1,658) sebesar 11,25%, hipotesis pertama diterima, sarana prasarana dengan hasil belajar sebesar rhitung>rtabel (0,126>0,195), terdapat hubungan yang positif dan signifikan dan dilanjutkan dengan uji t sebesar thitung>ttabel (1,257>1,658) sebesar 9,94% hipotesis kedua di terima, lingkungan belajar dan sarana prasarana dengan hasil belajar secara bersama-sama sebesar rhitung>rtabel (0,242>0,195), terdapat hubungan yang positif dan signifikan dan dilanjutkan dengan uji f sebesar Fhitung > FTabel (2,469>1,658) sebesar 9,80% hipotesis ketiga di terima pada mata pelajaran TIK siswa kelas XI IPS SMA PGRI 1 Padang
Unduhan
Referensi
Anas, Sudijono. 2007. Penganta Statistik Pendidikan .Jakarta :Rajawali Pers.
. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta :Rajawali Pers.
Agung. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: STKIP Singaraja.
Bafadal,Ibrahim.2003. Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar, Sentralisasi menuju Desentralisasi.Jakarta:Bumi Aksara
Djamarah, Syaiful Bahri, 2009. Psikologi Pendidikan, Jakarta, PT. Rineka Cipta.
Fitri, Hugraheni.2010.Hubungan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa.Skripsi. Jogjakarta : Fakutas Ekonomi UKM.
Gagne, dalam Dimyanti dan Mudjiono, 2002, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta:Rineka Cipta.
Harum, Rasyid. 2008. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: cv Wacana Citra.
Nasution . 2004, Didaktik Asas-asas Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.
Oemar, Hamalik. 2001 . Prses Belajar Mengajar. Jakarta:PT Bumi Aksara
Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar.Yogayakarta:PustakaPelajar.
Riduwan. 2013. Belajar Mudah Penelitian.Bandung: Alfabeta
Rita, Handayani. 2010 .Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Bealar Geografis SISWA KELAS X dan XI IPS SMA N 1 Minggir Sleman.Skripsi. Yogyakarta:Universitas Negeri Jogyakarta.
Rohman, Natawijaya. 1979. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Prindo Jaya.
Risma Yunita, & Menrisal Menrisal. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Improve Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) (Studi Kasus Kelas XI SMAN 12 Padang). Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling.
Saefulloh, A. (2018a). Penggunaan Aplikasi Whatsapp Sebagai Metode Pembelajaran di SMP IT Nurul Ilmi Jambi. Jurnal An-Nahdhah, 12(2), 126–145. Retrieved from https://journal.staimaarif-jambi.ac.id/index.php/annahdhah/article/view/156
Saefulloh, A. (2018b). PERAN PENDIDIK DALAM PENERAPAN INTERNET SEHAT MENURUT ISLAM. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.24042/atjpi.v9i1.2709
Sanjaya. 2010. Strategi Pembelajaran (Berorientasi Standar Proses Pendidikan). Jakarta : Prenada Media Group
Sudjana. 2005. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Bandung: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono.2014. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.
SuharsimiArikunto. 2006.Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: RinekaCipta.
. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.
Tulus Tu,u. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Belajar. Jakarta:Grasindo
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Menrisal, Popi Radyuli, Darma Sanjaya, Zakia Zuzanti
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.