HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR

Penulis

  • Menrisal Universitas Putra Indonesia
  • Popi Radyuli Pendidikan Teknologi Informasi, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Putra Indonesia ”YPTK” Padang
  • Gifry Zuhra Pendidikan Teknologi Informasi, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Putra Indonesia ”YPTK” Padang

DOI:

https://doi.org/10.37304/paris.v2i2.4193

Kata Kunci:

disiplin belajar, lingkungan sekolah, hasil belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan disiplin belajar dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian korelasional.Penelitian ini dilakukan di SMKN 1 Sintuk Toboh Gadang.Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X TKJ di SMKN 1 Sintuk Toboh Gadang.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proporsional random sampling.Yang terpilih menjadi sampel dalam penelitian ini berjumlah 76orang siswa.Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh data yang normal dan linier. Hasil pengujian pada taraf signifikansi 0,05 (taraf kepercayaan 95%), didapatkan nilai rx1y sebesar 0,491 dengan rtabel sebesar 0,2256, karena rhitung>rtabel maka hipotesis pertama diterima. Selanjutnya nilai rx2y sebesar 0,492 dengan rtabel sebesar 0,2256, karena rhitung>rtabel maka hipotesis kedua diterima. Selanjutnya nilai rx1x2y sebesar 0,50 dengan rtabel sebesar 0,2256, karena rhitung>rtabel maka hipotesis ketiga diterima. Dan didukung nilai Fhitung sebesar 41,67 dengan Ftabel sebesar 3,120, sehingga diperoleh Fhitung>Ftabel (41,67>3,120). Dengan demikian hipotesis ketiga diterima, yang berarti bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin belajar dan lingkungan sekolah secara bersama-sama terhadap hasil belajar Komputer dan Jaringan Dasar siswa kelas X TKJ di SMKN 1 Sintuk Toboh Gadang

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Akdon, dan Riduwan,2010. Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika. Bandung:Alfabeta

Amri, Sofan. 2013. Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah dasar dan Menengah. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.

Anas Akdon, dan Riduwan,2013.Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika. Bandung:Alfabeta

Anas Sudijono, 2009, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Anas Sudijono. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Dalyono Muhammad 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono.2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djamarah, Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

E. Sutanta,2011. Basis Data dalam Tinjauan Konseptual, Yogyakarta: Andi

Imam Supardi. 2003. Lingkungan Hidup dan Kelestariannya. Bandung: PT. Alumni.

Jogiyanto. 2006. Filosofi,Pendekatan dan Penerapan Pembelajaran Metode Kasus. CV. Yogyakarta: Andi offset.

Menrisal, M. (2016). KONTRIBUSI LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISTEM OPERASI SISWA KELAS X TKJ DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUANNEGERI 3 PARIAMAN SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2014/2015. Jurnal KOMTEKINFO, 1(2).Mohammad Surya. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung:Pustaka Bani Quraisy.

Muhammad Saroni. 2006. Manajemen Sekolah: Kiat Menjadi Pendidik yang Kompeten.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Muhibbin, Syah. 2000. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung:Remaja Rosdakarya.

Nana Sudjana.2009, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Oemar Hamalik. 2004. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Radyuli, P., Sanjaya, D., & Zuzanti, Z. (2020). KONTRIBUSI LINGKUNGAN BELAJAR DAN SARANA PRASARANA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN TIK (Studi Kasus Kelas XI IPS SMA PGRI 1 Padang). Jurnal Paris Langkis, 1(1), 51-62.Riduwan. 2009. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sidi, Indra Djati.2005:148. Menuju Masyarakat Belajar. Jakarta : Paramadina.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sofana, Iwan. 2013. Membangun Jaringan Komputer : Mudah membuat Jaringan Komputer (Wire & Wireless) untuk pengguna Windows dan Linux. Bandung: Informatika.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sudijono.2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudijono, Anas. 2011. Evaluasi Pedidikan. Jakarta; Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung :Alfabeta

Suharsimi Arikunto. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Tulus, Tu’u. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Belajar. Jakarta: Grasindo.

Unduhan

Diterbitkan

2022-03-30

Cara Mengutip

Menrisal, Radyuli, P., & Zuhra, G. (2022). HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR. Jurnal Paris Langkis, 2(2), 70–82. https://doi.org/10.37304/paris.v2i2.4193

Terbitan

Bagian

Articles