EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN POSITIVE SELF TALK UNTUK MENINGKATKAN AFIKASI DIRI SISWA
DOI:
https://doi.org/10.37304/pandohop.v2i1.3804Kata Kunci:
Afikasi diri, Positif self talk, Pelatihan self talk, Emotive Behaviour TherapyAbstrak
Afikasi diri siswa yang rendah masih menjadi salah satu permasalahan siswa dimana siswa yang memiliki dampak yang sangat merugikan bagi siswa, siswa yang mempunyai afikasi diri rendah secara tidak langsung akan terhambat proses pembelajaranya dikarenakan mereka akan mengalami kesulitan dalam menghadapi masalah keseharianya baik dalam pembelajaran maupun masalah yang dihadapinya. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektifitas layanan koseling kelompok dengan positif self talk untuk meningkatkan afikasi diri siswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan literature review sebagai penelitian kualitatif ini. hasil membuktikan bahwa efektivitas positif self talk dapat meningkatkan afikasi diri siswa. positif self talk terbukti efektif memunculkan kepercayaan diri siswa dan secara tidak langsung akan meningkatkan afikasi diri siswa, dan siswa mampu melakukan semua tugas, kewajiban, dan permasalahan yang dihadapinya didalam lingkungan sekolah.
Unduhan
Referensi
Artikel Jurnal
Adaman, M. (2017). Peran Efikasi Diri Dan Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 109. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8111
Agus, Widyastuti, Saptono, A., Wibowo, Narmaditya, S., & Yanto, H. (2021). Entrepreneurial self-efficacy among elementary students: the role of entrepreneurship education. Heliyon, 7(9), e07995. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07995
Angga Martha, Wardana, L. W., Narmaditya, B. S., Wibowo, A., Mahendra, Wibowo, N. A., Harwida, G., & Rohman, A. N. (2020). The impact of entrepreneurship education and students’ entrepreneurial mindset: the mediating role of attitude and self-efficacy. Heliyon, 6(9), e04922. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e04922
Anna, Herawati, Ayu, Syahriman, N. (2021). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Self-Talk Terhadap Kejenuhan (Burnout) Belajar Siswa Xi Mipa F Di Sma Negeri 2 Kota Bengkulu. Triadik, 20(1), 10–19. https://doi.org/10.33369/triadik.v20i1.16465
Anna Prilly, W. (2014). Efektivitas Metode Positif self talk Terhadap Peningkatan Kepercayaan Diri Pada Siswa.
Anwar. (2016). Efikasi Diri: Tinjauan Teori Albert Bandura. Buletin Psikologi, 20(1–2), 18–25. https://doi.org/10.22146/bpsi.11945
Astuti, Permana, H., Harahap, F., & Budi. (2016). Hubungan Antara Efikasi …. Jurnal Hisbah, 13(1), 51–68.
Ayu, F. (2020). Efektifitas Layanan Konseling Individu Dengan Teknik Positif self talk untuk Meningkatkan Self Efficacy Peserta Didik Di Smp Negeri 1 Sumberejo Tahun 2020. Psikologi.
Daryati, Riyan, Basito, M. D., & Arthur. (2018). Hubungan Efikasi Diri Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMK Program Keahlian Teknik Bangunan Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik. Jurnal PenSil, 7(1), 21–34. https://doi.org/10.21009/pensil.7.1.3
Dewii Astuti. (2012). Efikasi Diri, Penyesuaian Diri dan Kecemasan Berbicara didepan Umum. Program Studi Mpsi. UNTAG Surabaya, 3(02), 27-49.
Difa, A. (2016). Aplikasi Model Rasch pada Pengembangan Skala Efikasi Diri dalam Pengambilan Keputusan Karir Siswa [Application of the Rasch Model on the Development of Self-Efficiency Scale in Student Career Decision Making]. Jurnal Psikologi, 43(3), 248.
Dita, I. (2014). Pengaruh pelatihan dan evaluasi self-talk terhadap penurunan tingkat body dissaitv action.
Elizabeth, B. (2014). ‘ self talk’: When Talking to Yourself, the Way You Do It Makes a Difference.
Febryanita, & Pratikto, H. R. (2020). Efektivitas Self Talk Therapy Pada Perilaku Self Injury. Jurnal BK Pendidikan Islam, 1(2), 9–20.
Fitri, A. (2020). Efektifitas layanan konseling individu dengan teknik positif self talk untuk meningkatkan self efficacy peserta didik.
Furqon Annisa, I. (2021). Pelatihan Positive Self-talk untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri pada Mahasiswa. 4(1), 20–29.
Haslinda, A. (2020). Implementasi Teknik Self Talk Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Di Smp Negeri 1 Pangkep. September, 359–363.
Hermansyyahh. (2021). Self Talk Strategy in Improving the Eleventh Grade Students ’ Speaking Ability. 7(1), 1–6.
Miftakhul, Ac., & Effendi, J. (2019). Pengaruh Pelatihan Self-Talk Terhadap Kepercayaan Diri Atlet Lari 100 Meter. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., 6(3), 1–6.
Mochammad, K. (2013). Pengaruh Pelatihan Positive Self-Talk Terhadap Peningkatan Konsentrasi Pada Atlet Taekwondo. Jurnal Penelitian Psikologi, 53(9), 1689–1699.
Muhammad, Z. (2019). Effectiveness of Self Talk Techniques to Improve Public Speaking Ability in Class X Students of Daring Business and Marketing Business in SMK Muhammadiyah 1 Banjarmasin. Jurnal Pelayanan Bimbingan Dan Konseling Progam Studi Bimbingan Dan Konseling FKIP Universitas Lampung Mangkurat, 4(2), 135–145.
Patama Budi, Astuti, I. A. I. (2017). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Pada Siswa Kelas Ix Di Mts Al Hikmah Brebes. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 13(2), 51–68. https://doi.org/10.14421/hisbah.2016.132-04
Reza, Mahardhika, M. R. (2017). Meningkatkan Kepercayaan Diri Dengan Cara " Self-Talk ". October 2016, 2016–2018.
Saraswati, Indraharsani, I.A. Saraswati, I. W., & Budisetyani. (2018). Efektivitas Self-Talk Positif Untuk Meningkatkan Performa Atlet Basket. Jurnal Psikologi Udayana, 4(02), 367. https://doi.org/10.24843/jpu.2017.v04.i02.p12
Suryanto, Erlina, F. (2020). Efikasi Diri dan Dukungan Sosial Guru dengan Kematangan Karir Siswa. Indonesian Psychological Research, 2(1), 29–38. https://doi.org/10.29080/ipr.v2i1.230
Ullinuha, A. (2013). Layanan Konaeling Individu dalam Meningkatkan Penyesuaian Sosial Siswa di SMP PIRI 1 Yogyakarta. Bimbingan Dan Konseling Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Wahyuni, N. (2020). Penerapan Teknik Self Talk Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Di Smp Negeri 18 Makassar. Journal of Chemical Information and Modeling, 9, 13. http://eprints.unm.ac.id/19079/1/JURNAL NUR WAHYUNI-1644041019.pdf
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Sandi Marahhul Mingtio
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.