PENGELOLAAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS)

Authors

  • Wulan Sriyani Lumbanraja FKIP Universitas Palangka Raya
  • Piter Joko Nugroho FKIP Universitas Palangka Raya
  • Slamet Winaryo FKIP Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/eej.v4i1.3421

Keywords:

Pengelolaan, UKS, MTsN 1 Palangka Raya

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Pengelolaan UKS di MTsN 1 Palangka Raya. Melalui pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus, sumber data dalam penelitian ini terdiri dari: Kepala Sekolah, Ketua Pengelola UKS, dan Anggota Tim Pengelola UKS. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data melalui tahapan: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Pengabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan UKS dilakukan melalui tahapan: penentuan tim pelaksana, penyusunan rencana kegiatan tahunan, penyusunan rencana kerja yang mengacu pada program UKS, dan penyusunan anggaran; (2) Pelaksanaan UKS secara umum telah terlaksana dengan baik walaupun dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa hal yang belum optimal; (3) Pengawasan UKS dilakukan pihak sekolah bekerjasama dengan stakeholder sekolah; dan (4) Faktor pendukung meliputi: komitmen warga sekolah, dukungan dari stakeholder sekolah, dan ketersediaan sarana dan prasarana UKS yang standar; Sedangkan faktor kendala yang dihadapi adalah terkait dengan masih ditemukannya perilaku dari sebagian siswa yang kurang disiplin dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

Abstract: This study aims to describe the UKS Management at MTsN 1 Palangka Raya. Through a qualitative approach with a case study design, the data sources in this study consisted of: Principal, the Head of the UKS Management, and the members of the UKS Team Management. Data collection techniques using observation, interviews, and documentation studies. Data analysis goes through the stages: data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions/verification. Validation of data using source triangulation technique. The results showed that: (1) UKS planning is carried out through the following stages: determination of the implementing team, preparation of annual activity plans, preparation of work plans that refer to the UKS program, and budgeting; (2) The implementation of UKS in general has been carried out well, although in its implementation there are still some things that are not optimal; (3) UKS supervision is carried out by the school in collaboration with school stakeholders; and (4) supporting factors include: commitment from school residents, support from school stakeholders, and the availability of standard UKS facilities and infrastructure; While the constraint factors faced are related to the behavior of some students who are not disciplined in maintaining the cleanliness of the school environment.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asneti., Restianey, F., & Dewi, K. N. (2019, 3 Mei). Melalui Manajemen Usaha Kesehatan Sekolah, SMP Negeri 36 Palembang Mendapat Predikat Sekolah Sehat Tingkat Kota. Artikel diseminarkan padaSeminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, Indonesia. Diterima dari: https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/download/2947/2780.

Effendi. (1998). Usaha Kesehatan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamiyah, N., & Jauhar, M. (2015). Pengantar Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Hindun. (2015). Perencanaan Strategis dan Prilaku Manajemen Lembaga-Lembaga Pendidikan. Al-Fikrah, 6.

Imron, A. (2011). Manajemen Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Kasman, T. (2016). Pedoman Pelaksanaan UKS/M di Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Kemendikbud.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). (2012). Pedoman Pembinaan dan Pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar.

Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 828/MENKES/SK/IX/2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan di Kabupaten/Kota.

Marlina, S. (2018). Manajemen Layanan Usaha Kesehatan Madrasah di Madrasah Aliyah Negeri Kota Cimahi. Skripsi tidak Dipublikasikan. Bandung: Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati.

Moleong, L. J. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyono. (2009). Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mustiningsih. (2006). Manajemen Usaha Kesehatan Sekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(2).

Susana, A. (2018). Manajemen Kesehatan Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 25(1).

Undang Undang Nomor 23 Tahun 1992 tentang Kesehatan.

Yuniarsyah, R. (2014). Pengelolaan Pelaksanaan UKS di SMP Negeri/MTs Negeri di Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal Tahun 2014. Skripsi tidak Dipublikasikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Downloads

Published

2022-03-20

How to Cite

Lumbanraja, W. S., Nugroho, P. J., & Winaryo, S. (2022). PENGELOLAAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS). Equity In Education Journal, 4(1), 30–35. https://doi.org/10.37304/eej.v4i1.3421

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>