MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER PALANG MERAH REMAJA (PMR)
DOI:
https://doi.org/10.37304/eej.v4i1.3490Keywords:
Manajemen, Ekstrakurikuler, Palang Merah Remaja (PMR), MTsN 1 Palangka Raya.Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Manajemen Ekstrakurikuler PMR. Penelitian kualitatif dengan rancangan studi kasus ini dilaksanakan diMTsN 1 Palangka Raya. Sumber data dalam penelitian ini, meliputi: Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan, Guru Pembina, Ketua dan Pengurus PMR. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data melalui tahapan: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Pengabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan member check.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Manajemen Ekstrakurikuler PMR di MTsN 1 Palangka Raya yang dilaksanakan dengan menerapkan fungsi-fungsi manajemen, yaitu: Perencanaan ekstrakurikuler PMR, Pengorganisasian ekstrakurikuler PMR, Pelaksanaan ekstrakurikuler PMR, dan Evaluasi ekstrakurikuler PMR, efektif menjadi sarana untuk menumbuhkan nilai-nilai kebaikan bagi siswa; Selain itu pula sebagai media pembinaan yang dapat menyokong perkembangan kemampuan, minat dan bakat peserta didik serta menjadi bekal bagi kemajuan bidang Kepalangmerahan peserta didik di masa mendatang.
Abstract: This study aims to describe PMR Extracurricular Management. This qualitative research with a case study design was carried out at MTsN 1 Palangka Raya. Sources of data in this study, including: Principal, Deputy Principal for Student Affairs, Guiding Teachers, Chair and Management of PMR. Collecting data through observation, interviews, and documentation studies. Data analysis goes through the stages: data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions/verification. Validation of data using source triangulation and member check techniques. The results showed that PMR Extracurricular Management at MTsN 1 Palangka Raya which was carried out by implementing management functions, namely: PMR extracurricular planning, PMR extracurricular organization, PMR extracurricular implementation, and PMR extracurricular evaluation, effectively became a means to foster good values for the community. student; Besides that, it is also a coaching medium that can support the development of students' abilities, interests and talents as well as become a provision for the progress of the student's Red Cross field in the future.
Downloads
References
Abdullah, M. (2014). Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan. Yogyakarta: Penerbit Aswaja Pressindo.
Arikunto, S. (2004) Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis Praktis Bagi Praktisi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Gunawan, I. (2014). Merode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Inriyani, Y., Wahjoedi., & Sudarmiatin. (2017). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS. Diterima dari: https://core.ac.uk/download/pdf/267023922.pdf.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2009). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI-Press.
Moleong, L. J. (2012). Metode Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2014 tentang Kegiatan Ekstrakurikuler pada Sekolah Dasar dan Menengah.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukarna. (2011). Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: Mandar Maju.
Susilo, J., dkk. (2008). Pedoman Manajemen Relawan (KSR-TSR). Jakarta: Palang Merah Indonesia.
Syakir, M., Hasmin., & Sani, A. (2017). Analisis Kegiatan Pendidikan Ekstrakurikuler untuk Pembentukan Karakter Disiplin Siswa di SMA Negeri 1 Sinjai Borong. Jurnal Mirai Management, 2(1).
Taufik, R. (2015). Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Berbasis Pengembangan Karakter Siswa. Manajemen Pendidikan, 9(4).
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Westra, P., dkk. (2011). Ensiklopedi Administrasi. Jakarta: Gunung Agung.
Wiyani, N. A. (2013). Menumbuhkan Pendidikan Karakter di SD (Konsep, Praktek dan Strategi). Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.
Yunarsi, S., & Mustari. (2017). Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik MTs. Negeri Model Makassar. TOMALEBBI, 4(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Maryuni Muliani , Sumarnie, Christian Radiafilsan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.