PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA

Penulis

  • Alfiani Damayanti Universitas Megarezky
  • Arismundar Universitas Negeri Makassar
  • Ismail Tolla Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.37304/jpl.v6i1.17270

Kata Kunci:

Media pembelajaran interaktif, minat belajar, siswa

Abstrak

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini untuk membahas pengaruh media belajar interaktif terhadap minat belajar siswa. Media interaktif adalah alat belajar yang mengajak siswa untuk aktif, seperti aplikasi atau game edukasi di komputer dan perangkat mobile. Banyak penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media ini meningkatkan semangat belajar siswa. Kami mengulas beberapa aspek penting, termasuk jenis media yang efektif, cara penerapannya di kelas, dan dampaknya pada motivasi belajar siswa. Pembahasan juga mencakup tantangan dan peluang dalam menggunakan media interaktif dalam pembelajaran. Kesimpulannya, media belajar interaktif berpotensi besar meningkatkan minat belajar siswa, namun perlu diterapkan dengan tepat agar sesuai kebutuhan pembelajaran.

The purpose of this research is to discuss the influence of interactive learning media on students' interest in learning. Interactive media are learning tools that encourage students to be active, such as educational applications or games on computers and mobile devices. Many studies show that the use of this media increases students' enthusiasm for learning. We review several important aspects, including the types of media that are effective, how they are implemented in the classroom, and their impact on students' learning motivation. The discussion also includes challenges and opportunities in using interactive media in learning. In conclusion, interactive learning media has great potential to increase students' interest in learning, but it needs to be implemented appropriately to suit learning needs.

##doi.editor.displayName##: 10.37304/jpl.v6i1.17270 DOI URL: https://doi.org/10.37304/jpl.v6i1.17270
Lihat: 0 | ##article.downloads##: 0

Referensi

Solikah, H. (2020). Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif quizizz terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi teks persuasif kelas VIII di SMPN 5 Sidoarjo tahun pelajaran 2019/2020. Jurnal Mahasiswa UNESA, 7(3), 1-8.

Putri, D. N. S., Islamiah, F., Andini, T., & Marini, A. (2022). Analisis Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(2), 363- 374.

Mafruhah, S., Sulistiani, I. R., & Mustafida, F. (2019). Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi (kahoot) terhadap hasil belajar siswa kelas XI di SMAI Al-Maarif Singosari Malang. Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan, 4(7), 23-29.

Tarigan, D., & Siagian, S. (2015). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada pembelajaran ekonomi. Jurnal teknologi informasi & komunikasi dalam pendidikan , 2 (2), 187-200.

Pratama, M. P., & Hasanah, F. N. (2024). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA SD. EDUPROXIMA (JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN IPA), 6(1), 311-319.

Damayanti, E., Santosa, A. B., Zuhrie, M. S., & Rusimamto, P. W. (2020). Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis Multimedia interaktif terhadap hasil belajar siswa Berdasarkan gaya belajar. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9(3), 639- 645. Halawa, T. (2022). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA. Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1), 40-49.

Hartanto, R. S., & Dani, H. (2020). Studi Literatur: pengembangan media pembelajaran dengan software autocad. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 6(1).

Saidah, L. N., Wijoyo, S. H., & Wicaksono, S. A. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint untuk Meningkatkan Motivasi Belajar, Kebiasaan Belajar, dan Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 3 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(9), 8695-8705.

Muin, A., Jafar, M. I., & Nurwahidah, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Animasi terhadap Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran SBdP Siswa Kelas V SD Inpres 12/79 Lakukang Kecamatan Mare Kabupaten Bone. Global Journal Teaching Professional, 2(1), 17-26.

Unduhan

Diterbitkan

21-10-2025

Cara Mengutip

Damayanti, A., Arismundar, & Ismail Tolla. (2025). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA. Jurnal Paris Langkis, 6(1), 62–68. https://doi.org/10.37304/jpl.v6i1.17270

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.

Artikel Serupa

<< < 3 4 5 6 7 8 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.