PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.37304/jpl.v6i1.17270Kata Kunci:
Media pembelajaran interaktif, minat belajar, siswaAbstrak
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini untuk membahas pengaruh media belajar interaktif terhadap minat belajar siswa. Media interaktif adalah alat belajar yang mengajak siswa untuk aktif, seperti aplikasi atau game edukasi di komputer dan perangkat mobile. Banyak penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media ini meningkatkan semangat belajar siswa. Kami mengulas beberapa aspek penting, termasuk jenis media yang efektif, cara penerapannya di kelas, dan dampaknya pada motivasi belajar siswa. Pembahasan juga mencakup tantangan dan peluang dalam menggunakan media interaktif dalam pembelajaran. Kesimpulannya, media belajar interaktif berpotensi besar meningkatkan minat belajar siswa, namun perlu diterapkan dengan tepat agar sesuai kebutuhan pembelajaran.
The purpose of this research is to discuss the influence of interactive learning media on students' interest in learning. Interactive media are learning tools that encourage students to be active, such as educational applications or games on computers and mobile devices. Many studies show that the use of this media increases students' enthusiasm for learning. We review several important aspects, including the types of media that are effective, how they are implemented in the classroom, and their impact on students' learning motivation. The discussion also includes challenges and opportunities in using interactive media in learning. In conclusion, interactive learning media has great potential to increase students' interest in learning, but it needs to be implemented appropriately to suit learning needs.
Referensi
Solikah, H. (2020). Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif quizizz terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi teks persuasif kelas VIII di SMPN 5 Sidoarjo tahun pelajaran 2019/2020. Jurnal Mahasiswa UNESA, 7(3), 1-8.
Putri, D. N. S., Islamiah, F., Andini, T., & Marini, A. (2022). Analisis Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(2), 363- 374.
Mafruhah, S., Sulistiani, I. R., & Mustafida, F. (2019). Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi (kahoot) terhadap hasil belajar siswa kelas XI di SMAI Al-Maarif Singosari Malang. Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan, 4(7), 23-29.
Tarigan, D., & Siagian, S. (2015). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada pembelajaran ekonomi. Jurnal teknologi informasi & komunikasi dalam pendidikan , 2 (2), 187-200.
Pratama, M. P., & Hasanah, F. N. (2024). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA SD. EDUPROXIMA (JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN IPA), 6(1), 311-319.
Damayanti, E., Santosa, A. B., Zuhrie, M. S., & Rusimamto, P. W. (2020). Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis Multimedia interaktif terhadap hasil belajar siswa Berdasarkan gaya belajar. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9(3), 639- 645. Halawa, T. (2022). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA. Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1), 40-49.
Hartanto, R. S., & Dani, H. (2020). Studi Literatur: pengembangan media pembelajaran dengan software autocad. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 6(1).
Saidah, L. N., Wijoyo, S. H., & Wicaksono, S. A. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint untuk Meningkatkan Motivasi Belajar, Kebiasaan Belajar, dan Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 3 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(9), 8695-8705.
Muin, A., Jafar, M. I., & Nurwahidah, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Animasi terhadap Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran SBdP Siswa Kelas V SD Inpres 12/79 Lakukang Kecamatan Mare Kabupaten Bone. Global Journal Teaching Professional, 2(1), 17-26.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Alfiani Damayanti, Arismundar, Ismail Tolla

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis tetap memegang hak cipta penuh atas karya ilmiahnya dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Paris Langkis. Artikel dilisensikan menggunakan: Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)
Lisensi ini mengizinkan pihak lain untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan membuat karya turunan dengan syarat wajib mencantumkan nama penulis dan sumber publikasi awal.






