SOLUSI PROBLEM PENGEMBANGAN POTENSI DIRI MAHASISWA DI MASA PANDEMI (ANALISIS TEORI DOUBLE MOVEMENT FAZLUR RAHMAN)

Penulis

  • murni yati UIN SUNAN KALIJAGA
  • Ali Imran Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Maemonah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.37304/paris.v2i1.3127

Kata Kunci:

Potensi Diri, Pandemi, Double Movement

Abstrak

Adanya pandemi menjadikan permasalahan terhadap mahasiswa dalam mengembangkan potensi yang dimilikinya, terlebih pada pembelajaran jarak jauh. Dengan praktek pembelajaran serba online menjadikan mahasiswa kurang mengaktualisasikan potensi yang dimilikinya dan terlena dalam keadaan pandemi. Maka tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan memberikan solusi atas problematika mahasiswa dalam mengembangkan potensi diri di era pandemi covid-19.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni library research atau penelitian pustaka. Data yang didapat kemudian diintegrasikan dengan berbagai sumber terkait. Hasil penelitian ini bisa didapatkan bahwa dalam memaksimalkan aktualisasi potensi diri bisa menggunakan banyak metode pengembangan, salah satunya adalah metode double movement yaitu gerakan dari Dosen kepada mahasiswa dan gerakan dari mahasiswa ke dosen. Dalam proses pembelajaran berbasis online bukan hanya dosen yang harus aktif. Mahasiswa memiliki potensi yang beragam maka pada pembelajaran daring menjadi kesempatan mahasiswa mengaktualisasikan potensi sesuai fitrahnya. Proses pembelajaran tidak hanya sekedar mendengarkan dosen berceramah, tetapi mahasiwa juga secara mandiri aktif memahami, menganalisis, membaca, menulis karya ilmiah, mengadakan eksperimen, menanggapi dan ikut aktif dalam setiap diskusi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2021-08-17

Cara Mengutip

yati, murni, Ali Imran, & Maemonah. (2021). SOLUSI PROBLEM PENGEMBANGAN POTENSI DIRI MAHASISWA DI MASA PANDEMI (ANALISIS TEORI DOUBLE MOVEMENT FAZLUR RAHMAN). Jurnal Paris Langkis, 2(1), 47–56. https://doi.org/10.37304/paris.v2i1.3127