Pendidikan Karakter Dalam Society 5.0: Transformasi Melalui Program Pancasakti Mathpreneur

Penulis

  • Masfuad Edy Santoso Universitas Pancasakti Tegal
  • Yulia Nur Ekawati Universitas Pancasakti Tegal
  • Amarsyah Aprianto Universitas Pancasakti Tegal
  • Salma Ayu Fadhila Universitas Pancasakti Tegal
  • Nining Widiastuti Universitas Pancasakti Tegal
  • Siska Hesti Universitas Pancasakti Tegal
  • Elzha Anindita Purnomo Universitas Pancasakti Tegal
  • Sindy Yuanita Universitas Pancasakti Tegal
  • Putri Dinda Hastinasyah Universitas Pancasakti Tegal
  • Agung Hamdani Universitas Pancasakti Tegal
  • Mila Ilfiana Universitas Pancasakti Tegal
  • Devi Nurfitriyani Universitas Pancasakti Tegal
  • Siti Wulandari Universitas Pancasakti Tegal
  • Puruhita Marasakti Universitas Pancasakti Tegal
  • Febriani Nursyafitri Universitas Pancasakti Tegal

DOI:

https://doi.org/10.37304/pandohop.v4i1.15480

Kata Kunci:

Pendidikan Karakter, Kewirausahaan, Pancasakti Mathpreneur

Abstrak

Era revolusi industri 4.0 menuntut seseorang untuk bekerjasama dengan sistem informasi di segala bidang, terutama bidang pendidikan dan kewirausahaan. Namun, kurangnya softskill, kreativitas dan karakter seseorang dapat menjadi hambatan dalam menyelesaikan segala tantangan yang dihadapi. Sehingga, perlu adanya program seperti Program Pancasakti Mathpreneur untuk membangun karakter yang kuat dan jiwa kewirausahaan dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 dan mampu menyelesaikan tantangan dalam masyarakat yang berbasis teknologi pada era society 5.0. Program ini bertujuan untuk membangun karakter tangguh di era society 5.0 melalui Program Pancasakti Mathpreneur di Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Tegal dan mengetahui peran anak panti dalam membangun jiwa kewirausahaan. Kegiatan ini melibatkan 33 anak panti dan pengurus. Metode pengabdian dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Data diambil dengan teknik ceramah, diskusi, dokumentasi dan praktek secara langsung. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan program dengan baik dan memberikan dampak positif dalam membangun jiwa kewirausahaan anak panti seperti meningkatkan rasa percaya diri, kreatif, dan bertanggung jawab. Selain itu, meningkatkan kemandirian dan menumbuhkan kreatifitas berwirausaha dengan cara memikirkan apa yang akan dijual sesuai minat konsumen. Anak panti juga dapat memunculkan keberanian dalam mengelola bisnis yang mengarah pada jiwa kepemimpinan. Di era society 5.0 anak panti diarahkan pada kewirausahaan berbasis teknologi sebagai alat berinovasi dan memasarkan produk/jasa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Azharin, B. P., & Khasanah, N. A. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Fikih Di Mi Muhammadiyah Pandean Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi. Journal Al-Ilmu, 1(1), 22–30.

Eliyatiningsih, E., & Etikasari, B. (2017). Pembinaan Sociopreneur sebagai Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Kemandirian Anak Yatim di Yayasan Raudlatul Akbar Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Prosiding.

Isnaini, K. N., Sulistiyani, D. F., & Putri, Z. R. K. (2021). Pelatihan desain menggunakan aplikasi canva. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 291–295.

Luthfia Ayu Azanella. (2018). Sampah Plastik Dunia dalam Angka. Retrieved 19 September 2024, from https://internasional.kompas.com/read/2018/11/21/18465601/sampah-plastik-dunia-dalam-angka?page=all

Muharram Atha Rasyadi. (2019). Sampah Kemasan Makanan dan Minuman Mendominasi. Retrieved 19 September 2024, from https://www.greenpeace.org/indonesia/cerita/4238/sampah-kemasan-makanan-dan-minuman-mendominasi/

Nurkamid, M., & Latubessy, A. (2022). Pelatihan Pengolahan Limbah Tutup Botol Plastik dan Sosialisasi Digital Marketing di UKM Craft Pati. Muria Jurnal Layanan Masyarakat, 4(1).

Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implementasi nilai pendidikan karakter dalam mata pelajaran pkn di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4328–4333.

Rukiah, Y., Saptodewo, F., & Andrijanto, M. S. (2020). Penciptaan Produk Kreatif dari Tutup Botol Minuman Kemasan Plastik. SENADA: Semangat Nasional Dalam Mengabdi, 1(1), 1–12.

Sari, R. R. N., Hariyani, T., Arisanti, P., Kusumawati, Y., Prasetyo, E., Supriyadi, S. G., & Astari, I. Y. (2021). Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Sejak Usia Dini Di Panti Asuhan Ar-Risalah Hidayatullah. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 2(1), 66–71.

Suryana, C., & Muhtar, T. (2022). Implementasi Konsep Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara di Sekolah Dasar pada Era Digital. Jurnal Basicedu, 6(4), 6117–6131.

Unduhan

Diterbitkan

02-03-2024

Cara Mengutip

Edy Santoso, M., Ekawati, Y. N., Aprianto, A., Ayu Fadhila, S., Widiastuti, N., Hesti, S., Anindita Purnomo, E., Yuanita, S., Dinda Hastinasyah, P., Hamdani, A., Ilfiana, M., Nurfitriyani, D., Wulandari, S., Marasakti, P., & Nursyafitri, F. (2024). Pendidikan Karakter Dalam Society 5.0: Transformasi Melalui Program Pancasakti Mathpreneur. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pandohop, 4(1), 61–66. https://doi.org/10.37304/pandohop.v4i1.15480

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama