Implementasi E-Modul Karier Berbasis UMKM Lokal Untuk Meningkatkan Minat Berwirausaha Siswa di SMA

Penulis

  • Edil Wijaya Nur SMAN 6 Sidrap
  • Abdul Saman Universitas Negeri Makassar
  • Sahril Buchori Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.37304/pandohop.v1i1.13950

Kata Kunci:

E-Modul, UMKM, Minat Berwirausaha, Bimbingan Karier

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas E-Modul Berbasis UMKM lokal untuk meningkatkan minat berwirausaha siswa SMA. Dengan menggunakan pretest-posttest one group design, penelitian kuantitatif pra-eksperimen ini melibatkan 12 siswa yang dipilih secara acak untuk mengikuti layanan bimbingan karier dengan bahan informasi dari E-Modul Karier Berbasis UMKM Lokal. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji hipotesis mengandalkan Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada minat berwirausaha siswa setelah intervensi, dengan analisis statistik yang mengonfirmasi efektivitas E-Modul tersebut. Kesimpulannya, pendidikan kontekstual dalam bimbingan karier, mendukung aplikasi yang lebih luas untuk meningkatkan minat berwirausaha di kalangan siswa SMA. Temuan utama sejalan dengan teori SCCT, yang menerangkan bahwa paparan model pelaku UMKM lokal dapat meningkatkan minat berwirausaha siswa. Saran penelitian selanjutnya sebaiknya melibatkan sampel yang lebih besar dan bervariasi dari berbagai sekolah dan lokasi yang berbeda.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arend, R. J. (2019). Entrepreneurial entrepreneurship youth education: Initiating grounded theory. Entrepreneurship Education, 2(1), 71–89.

Aryani, F., Saman, A., & Bakhtiar, M. I. (2019). Career Guidance Model using Experimental Learning Approach to Improve Students’ Soft Skills. 1st International Conference on Advanced Multidisciplinary Research (ICAMR 2018), 52–55.

Ayu, S., & Rosli, M. S. Bin. (2020). Uji Reliabilitas Instrumen Penggunaan SPADA (Sistem Pembelajaran dalam Jaringan). Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 145–155.

Buchori, S. (2015). Efektifitas Bimbingan Karier Untuk Peningkatan Core Work Skills Mahasiswa. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, 1(1).

Constantinus, C., Ardaniyati, L., & Vereswati, H. (2022). Increasing Knowledge and Understanding of Social Cognitive Career Theory for Employees of PT BPR Artha Tanah Mas. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 1(4), 20–27.

Cook, T. D., & Campbell, D. T. (2007). Experimental and quasi-experimental designs for generalized causal inference. Figures.

Fitriani, E. (2019). Analisis pengaruh perdagangan internasional terhadap pertumbuhan ekonomi indonesia. JURISMA: Jurnal Riset Bisnis & Manajemen, 9(1), 17–26.

Howard, C. W., Zou, G., Morrow, S. A., Fridman, S., & Racosta, J. M. (2022). Wilcoxon-Mann-Whitney odds ratio: A statistical measure for ordinal outcomes such as EDSS. Multiple Sclerosis and Related Disorders, 59, 103516.

Jaenudin, A., Mulyono, K. B., & Widodo, J. (2021). The Role of Environmental Learning to Improve Students’ Entrepreneurial Intention. ICE-BEES 2020: Proceedings of the 3rd International Conference on Economics, Business and Economic Education Science, ICE-BEES 2020, 22-23 July 2020, Semarang, Indonesia, 1.

Kraemer, H. C., & Blasey, C. (2015). How many subjects?: Statistical power analysis in research. Sage publications.

Lent, R. W., Brown, S. D., & Hackett, G. (1994). Toward a unifying social cognitive theory of career and academic interest, choice, and performance. Journal of Vocational Behavior, 45(1), 79–122.

Lent, R. W., Brown, S. D., & Hackett, G. (2002). Social cognitive career theory. Career Choice and Development, 4(1), 255–311.

Manik, S., Sembiring, M., Padang, I., & Manurung, L. (2022). Theory of Bandura’s Social Learning in The Process Of Teaching at SMA Methodist Berastagi Kabupaten Karo. Jurnal Visi Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 85–96.

Mishra, P., Pandey, C. M., Singh, U., Gupta, A., Sahu, C., & Keshri, A. (2019). Descriptive statistics and normality tests for statistical data. Annals of Cardiac Anaesthesia, 22(1), 67–72.

Nur, E. W. (2023). Bimbingan Dan Konseling Karir Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Belajar (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XII SMAN 6 Sidrap). Jurnal Guru Dikmen Dan Diksus, 6(1).

Nur, E. W., Amirullah, M., & Zulfikri, Z. (2023). Faktor Lingkungan dalam Pengembangan Karier Wirausaha Remaja: Perspektif Social Cognitive Career Theory (SCCT). Indonesian Journal of School Counseling: Theory, Application, and Development, 3(3), 170. https://doi.org/10.26858/ijosc.v3i3.56968

Nur, E. W., Saman, A., & Buchori, S. (2024a). Analisis Kebutuhan Layanan Bimbingan Karier Wirausaha dalam Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 8(1), 45–60.

Nur, E. W., Saman, A., & Buchori, S. (2024b). Pengembangan E-Modul Karier Wirausaha Berbasis UMKM Lokal dengan Model Rowntree untuk Siswa SMAN 6 Sidrap. Jurnal Konseling Gusjigang, 10(1), 68–84.

Pemprov Sulsel. (2021). Sekprov Sulsel :Melalui Digitalisasi Ekonomi, akan Mampu Meningkatkan Taraf Hidup Para Pelaku UMKM. Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. https://103.151.191.26/post/sekprov-sulsel-melalui-digitalisasi-ekonomi-akan-mampu-meningkatkan-taraf-hidup-para-pelaku-umkm

Potevska, M. Z. (2016). Education component in creation of entrepreneurship society. Nauki o Wychowaniu. Studia Interdyscyplinarne, 3(2), 109–123.

Samsir, H. M. (2022). Teori Pemodelan Bandura. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(7), 3067–3080.

Tri, N. M., & Van Thanh, V. (2022). Developing High-Quality Human Resources to Fulfill the Aspirations of Building a Prosperous and Happy Country: Problems and Solutions. Quality-Access to Success, 23(191).

Zola, N., Yusuf, A. M., & Firman, F. (2022). Konsep social cognitive career theory. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(1), 24.

Unduhan

Diterbitkan

02-09-2024

Cara Mengutip

Nur, E. W., Saman, A., & Buchori, S. (2024). Implementasi E-Modul Karier Berbasis UMKM Lokal Untuk Meningkatkan Minat Berwirausaha Siswa di SMA. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pandohop, 4(2), 1–9. https://doi.org/10.37304/pandohop.v1i1.13950