Bimbingan Klasikal Metode Project Base Learning Menggunakan Canva Untuk Meningkatkan Kemantapan Pengambilan Keputusan Karir Siswa
DOI:
https://doi.org/10.37304/pandohop.v5i1.17889Kata Kunci:
Bimbingan klasikal; Pengambilan Keputusan Karir, Project Base Learning, CanvaAbstrak
Bimbingan karir yang tepat dapat membantu siswa memahami diri mereka sendiri. Siswa SMA berada pada fase remaja akhir dan ada pada fase peralihan, sehingga perlu mengambil keputusan yang tepat untuk karirnya di masa depan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Bimbingan Klasikal Metode Project Base Learning menggunakan Canva untuk meningkatkan Kemantapan Pengambilan Keputusan Karir Siswa. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitiannya adalah one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan Skala Likert. Analisis data yang digunakan adalah Analisis deskripitif, uji-T, dan Uji Korelasional Product moment. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kemantapan pengambilan keputusan karir siswa sebelum diberikan treatment berada pada kategori rendah sebanyak 12,50% dan dominan pada kategori sedang sebanyak 87,5%. Namun setelah diberikan treatment, berada pada kategori tinggi sebanyak 22,50% dan dominan pada kategori sangat tinggi yakni 77,50%. Terdapat perbedaan yang signifikan pada kemantapan pengambilan keputusan karir siswa antara sebelum dan sesudah treatment yakni peningkatan peraspek dan peningkatan aspek paling tinggi adalah eksplorasi yakni 398 poin. Kemudian layanan bimbingan klasikal metode project base learning menggunakan canva memiliki pengaruh positif sebesar 54% dalam meningkatkan kemantapan pengambilan keputusan karir siswa kelas XI.
Unduhan
Referensi
Agung Wibowo, Dian Armanto, & Wildansyah Lubis. (2022). Evaluasi Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Materi Bangun Ruang Kelas V Sekolah Dasar Dengan Model CIPP. Journal of Educational Analytics, 1(1), 27–40. https://doi.org/10.55927/jeda.v1i1.424
Arjanggi, R. (2017). Identifikasi Permasalahan Pengambilan Keputusan Karir Remaja. Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 22(2), 28–35. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol22.iss2.art3
Di Fabio, A., & Kenny, M. E. (2016). Promoting Well-Being: The Contribution of Emotional Intelligence. Frontiers in Psychology, 7. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2016.01182
Ghufron, M., Santosa, H., & Sumiyem, S. (2022). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Dengan Metode Bimbingan Klasikal Berbasis Media Audio Visual Dalam: Literatur Review. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 3(2), 331–338. https://doi.org/10.32806/jkpi.v3i2.144
Hartono. (2018). Bimbingan Karier. Kencana Hidayat.
Hidayat, R., Saputra, W. N. E., & Malik, M. A. (2020). Peningkatan Perencanaan Karir Melalui Bimbingan Klasikal Teknik Project Based Learning Siswa Kelas Xii Farmasi 2 Smk Bhakti Mulia Wonogiri.
Kementerian Pendidikan,Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022) Panduan Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan di SMA/MA/Bentuk Lain yang Sederajat. Jakarta.
Khoirunnisa, H., & Lestari, M. (2024). Layanan bimbingan karir dalam pengambilan keputusan karir siswa. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 376.
https://doi.org/10.29210/1202424241
Mustika, M., Daharnis, D., & Iswari, M. (2022). Pentingnya Bimbingan Karir dalam Perencanaan Karir Siswa SLTA. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 7(3).
https://doi.org/10.23916/081821011
Saka, N., et al. (2008) Emotional and Personality Related Aspects of Career Decision Making Difficulties. Journal of Career Assessment, NOV, Vol.16(4), p. 403- 424
Arikunto. Suharsimi (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.
Saman, A., & Latif, S. (2023). Penerapan Konseling Karier Berdasarkan Teori Holland Untuk Pemilihan Jurusan Di Perguruan Tinggi Pada Siswa Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Gowa.
Saputro, P. D., Suhendri, S., & Indraswati, V. (2024). Penggunaan Media Digital Canva Pada Bimbingan Karir Dalam Meningkatkan Pemahaman Studi Lanjut. JUTECH : Journal Education and Technology, 5(1), 35–45.
https://doi.org/10.31932/jutech.v5i1.3435
Sara, E. P., & Idris, S. (2020). Pengaruh Dukungan Sosial Dan Karir Efikasi Diri Terhadap Pilihan Karir Dengan Eksplorasi Karir Sebagai Pemediasi Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Syiah Kuala. 5(1).
Sugiyono. (2014). Statistik untuk Penelitian. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan RND. Alfabeta.
Winkel, W., & Hastuti, S. (2019). Bimbingan Konseking di Institusi Pendidikan (9 ed.). Media Abadi.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Galuh Pramesthiningrum, Elni Yakub, Donal Donal

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.