UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IX MATERI GLOBALISASI DI SMP NEGERI 6 TEWANG SANGALANG GARING TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Penulis

  • Septia Damayanti Adjie SMPN 6 Tewang Sangalang Garing
  • Triyani Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/paris.v5i2.19631

Kata Kunci:

Media Power Point; Hasil Belajar Siswa; IPS

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan media Power Point pada mata pelajaran IPS kelas IX dengan materi Globalisasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi Globalisasi kelas IX SMP Negeri 6 Tewang Sangalang Garing setelah diterapkannya penggunaan media power point. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Tewang Sangalang Garing pada tahun 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Action Research atau di sebut dengan penelitian tindakan. Jenis tindakan yang di lakukan melalui 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan melalui 2 siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui angket dan observasi. Sasaran dari penelitian ini yaitu siswa-siswi kelas IX yang berjumlah 18 orang. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa penggunaan media Power Point terhadap hasil belajar IPS materi Globalisasi mengalami peningkatan yaitu, Pra-Siklus sebesar 33,3 %, Siklus I sebesar 55,6 %, dan Siklus II sebesar 89 %.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

A.Sudarwanto. (2014). “Peningkatan Kemampuan Menulis Surat Menggunakan Media Pembelajaran Power Point pada Siswa Kelas XII TP4 SMKN 1 Kota Sukabumi Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014”.

Dewanti, Nuraini Retno. (2019). Penggunaan Media Power Point terhadap Minat Belajar IPS Sejarah Perang Dunia II Kelas IX-F SMP Negeri 281 Jakarta Semester Ganjil Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Mitra Guru: Vol.V, No. 1.

Hidayat, Rahmat. (2018). Hakikat Globalisasi: Pengertian, Proses, dan Bentuk Globalisasi. https://www.kitapunya.net/hakikat-globalisasi/ [Diakses tanggal 15 Maret 2024 pukul 16.45]

Hopeman, T. et al. (2022). Hakikat, Tujuan Dan Karakteristik Pembelajaran IPS Yang Bermakna Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan: Vol.1,No.3. https://sc.syekhnurjati.ac.id/esscamp/risetmhs/BAB21414142064.pdf [Diakses tanggal 15 Maret 2024 pukul 16.55]

Khaerunnisa, F. et al. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Power Point Terhadap Minat Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bumiayu Tahun Ajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education: Vol.6, No.1.

Kemendikbud. 2018. Buku Guru. Ilmu Pengetahuan Sosial. Kelas IX. Jakarta: Kemendikbud

Kemendikbud. 2018. Buku Siswa. Ilmu Pengetahuan Sosial. Kelas IX. Jakarta: Kemendikbud

Nursyam, Aisyah. (2019). Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan, 18 (1). https://mail.jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/ekspose/article/view/371/283 [Diakses tanggal 16 Maret 2024 pukul 12.00]

Oktapia Dewi, dkk. (2019). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Ips Pada Siswa Dengan Media Pembelajaran Power Point. JOEAI (Journal of Education and Instruction): Vol.2, No.2.

Rifka, Ayu. (2019). Penggunaan Media Microsoft Power Point Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pembelajaran IPS Peserta Didik Kelas IV MI Sa’adatuddarain Petang Jakarta. Skripsi. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/45419/1/AYU%20RIFKA.pdf [Diakses tanggal 20 Maret 2024 pukul 10.00]

Unduhan

Diterbitkan

05-05-2025

Cara Mengutip

Adjie, S. D., & Triyani, T. (2025). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IX MATERI GLOBALISASI DI SMP NEGERI 6 TEWANG SANGALANG GARING TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Jurnal Paris Langkis, 5(2), 456–464. https://doi.org/10.37304/paris.v5i2.19631

Terbitan

Bagian

Articles
Abstrak viewed = 0 times