STUDI KONSTRUKSI ILMU PENGETAHUAN (SCIENCE) NIDHAL GUESSOUM
DOI:
https://doi.org/10.37304/paris.v6i1.22775Kata Kunci:
Al quran, Al Quran, Sains, Filsafat Ilmu, Hermeneutika, Nidhal Guessoum, ilmu pengetahuan, interpretasiAbstrak
Al quran bukanlah kitab ilmu pengetahuan, melainkan kitab yang berisi tentang tanda (ayat). Meskipun demikian, tidak bisa dipungkiri bahwa di dalam Al quran memuat filsafat ilmu pengetahuan. Kebenaran Al quran bersifat absolut, sedangkan kebenaran ilmu pengetahuan bersifat relatif. Sebagian kalangan beranggapan bahwa informasi dari ilmu pengetahuan yang seakan bertentangan dengan hasil interpretasi atas ayat Al quran atau teks hadis dianggap salah atau sesat, karena bertentangan dengan hasil intrepretasi atas ayat tertentu -terkecualikan ayat yang terkait hal-hal transenden yang sudah final- , padahal status kebenaran keduanya setara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pustaka (library research) terkait konstruksi ilmu pengetahuan menurut pendekatan yang berbeda oleh Nidhal Guessoum. Menurut hasil kajian ini, dapat disampakan bahwa persinggungan antara ilmu pengetahuan dan Al quran berbentuk dinamika dialektis, saling memberi dan terbuka satu sama lain, sehingga jika mincul kontradiksi antara keduanya tidak mesti bermakna salah.
Unduhan
Referensi
Al-Bantani, Nawawi, (tt), Tanqihu al-Qaulu al-Haidits Syarhu Lubabu al-Hadits, Semarang : Toha Putra.
Abdullah, Amin, (2009), cet. IV, Falsafah Kalam di Era Postmodern, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Al-Bukhari, (2013), Shahih Bukhari, ed. Mahmud Muhammed Nassar, Beirut: Dar al-Kotob al-ilmiyah.
Al Marsudi, Subandi, (2003) Pancasila dan UUD ’45 dalam Paradigma Reformasi, Jakarta : Rajawali Pers.
Al-Suyuthi, Jalal al Din, (tt),Tafsir al-Qur’an al-‘Adhim, Indonesia: al-Haramain.
Al-Thawil, Sayyid Rizq, (tt), Fi Ulumi al-Qiraat, Makkah: al-Fishiliyah.
Az-Zuhaili, Wahbah, (1998), al-Tafsir al-Munir fi al-‘Aqidah wa asy-Syari’ah wa al-Manhaj, Beirut: Dar al-Fikr al-Ma’ashir.
Dewan Dakwah Indonesia,(1971), Al quran & Terjemah SYARIAH.
Edwards, Paul, (1972), vol.3, The Encyclopedia of Philosophy, NewYork : Macmillan Publishing.
Gazalba, Sidi, (1992), vol.1, Sistematika Filsafat, Jakarta : Bulan Bintang.
Guessoum, Nidhal, (2011), Islam’s Quantum Question, Reconciling Muslim Tradition and Science, London: I.B Tauris.
Kaelan, (2010), Metode Penelitian Agama Kualitatif Interdisipliner, Yogyakarta : Paramadina.
Notoatmodjo, (2007), Perkembangan Psikologi Remaja, Jakarta: Bumi Aksara.
Salam, Burhanuddin,(1997), vol.1, Logika Materiil, Jakarta : Rineka Cipta.
Sayyed Hossein Nasr, (1987), Traditional Islam in The Modern World, London: Routledge & Kegan Paul.
Syahrur, Muhammad, (1990), vol.2, Al-Kitab wa al-Qur’an: Qiraat Mu’ashirah, Damaskus: Dar al-Ahali Li Thiba’ah wa an-Nasyr.
Trowbridge, Leslie & Bybee Rodger, (1990), Becoming a Secondary School Science Teacher, Columbus : Merill Publishing Company.
Sumber dari internet tanpa nama penulis
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Ngatipan

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.













