BRAND LOKAL AEROSTREET MEMBANGUN BRANDING IMAGE MELALUI TIKTOK

Penulis

  • Abdi Verdiansyaf Universitas Islam Negeri Sumatera Utarap
  • Cindy Satika Lesmana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Reydho Febriansyah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.37304/paris.v5i1.14336

Kata Kunci:

Branding Image; Media Sosial; TikTok

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana brand lokal Aerostreet membangun branding image melalui platform media sosial TikTok. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskrptif. Penelitian ini akan diawali dengan tinjauan Pustaka untuk memahami konteks dan kerangka teoritis yang relevan dengan topik penelitian. Metode pengumpulan data melalui observasi serta analisis konten media sosial TikTok Aerostreet. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik penyajian data dan penarikan kesimpulan untuk mengetahui hasil dari penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Aerostreet telah berhasil membangun branding image yang positif melalui platform media sosial TikTok. Brand ini mampu menjangkau target audiensnya dengan tepat, yaitu anak muda yang aktif dan kreatif. Konten TikTok Aerostreet yang menarik dan menghibur telah berhasil menarik perhatian pengguna dan meningkatkan brand awareness. Selain itu, Aerostreet juga berhasil membangun engagement dengan penggunanya melalui berbagai aktivitas interaktif, seperti challenge dan giveaway. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada mata kuliah Periklanan serta memiliki implikasi praktis dalam pemahaman lebih baik tentang bagaimana membangun branding image melalaui platform media sosial TikTok.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Publiciana, 9(1), 140-157.

Dewi, N. N. (2021). Pengaruh Brand Image Persepsi Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembeli Air Minum Dalam Kemasan Merek Cleo. Permana: Jurnal Perpajakan, Manajemen, dan Akuntansi, 13(2), 251-264.

Izza, Fatihatul. (2023). Pengaruh Co-Branding, Brand Trust, dan E-WOM terhadap Purchase Intention Sepatu Merek Aerostreet dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Remaja di Kabupaten Kudus). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

MAHESWARA, F. Y. (2023). PENGARUH SOCIAL COMMERCE, BRAND IMAGE, DAN BRAND TRUST TERHADAP MINAT BELI PRODUK AEROSTREET FABHIAN YONGGA MAHESWARA (Doctoral dissertation, UPN" Veteran" Yogyajarta).

Marselina, R. D., Putri, D., Kania, K., & Wulan, N. (2024). Peran Sosial Media Instagram Dan Tiktok Pada Brand Image Dan Jaringan Bisnis Jewelry Beads. Sammajiva: Jurnal Penelitian Bisnis dan Manajemen, 2(1), 148-156.

Mayrene, G., & Junaidi, N. (2023). Pengaruh Content Marketing Aplikasi Tiktok Terhadap Pembentukan Brand Awareness pada English Academy by Ruangguru. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(6), 2237-2252.

Novita, D., Herwanto, A., Mayndarto, E. C., Maulana, M. A., & Hanifah, H. (2023). Penggunaan Media Sosial TikTok Sebagai Media Promosi Pemasaran Dalam Bisnis Online. Jurnal Minfo Polgan, 12(2), 2543-2550.

Patty, A. D. P., Rizqi, M., & Pratiwi, N. M. I. (2023, January). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI MEDIA TIKTOK DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE ROLAG CAFÉ SURABAYA. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL MAHASISWA KOMUNIKASI (SEMAKOM) (Vol. 1, No. 1, Januari, pp. 43-51).

Susanty, S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Sosial TikTok Terhadap Personal Branding dan Eksistensi Pekerja Migran Indonesia di Singapura. IKOMIK: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Informasi, 3(2), 44-49.

Susilowati, S. (2018). Pemanfaatan aplikasi Tiktok sebagai personal branding di instagram (studi deskriptif kualitatif pada akun@ bowo_allpennliebe). Jurnal Komunikasi, 9(2), 176-185.

Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi pemasaran melalui media sosial instagram (studi deskriptif pada akun@ subur_batik). Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2(2), 271-278.

Walisyah, T. (2021). Instagram: Periklanan Gaya Baru Di Era Kini. Jurnal Komunika Islamika: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Kajian Islam, 8(2), 108-122.

Wibowo, A. (2023). Pengaruh Endorser, Brand Image, Dan Harga Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Tiktok Shop (Studi pada brand fashion lokal Aerostreet) (Doctoral dissertation, STIE YKPN Program Studi Manajemen).

Wicaksono, R. R., Aniriani, G. W., & Nasihah, M. (2017). Penggunaan stimulus response theory dalam sosialisasi budaya kesehatan dan keselamatan kerja di perusahaan. Jurnal EnviScience (Environment Science), 1(1).

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-02

Cara Mengutip

Verdiansyaf, A. ., Satika Lesmana, C., & Febriansyah, R. (2024). BRAND LOKAL AEROSTREET MEMBANGUN BRANDING IMAGE MELALUI TIKTOK. Jurnal Paris Langkis, 5(1), 120–131. https://doi.org/10.37304/paris.v5i1.14336