FILSAFAT ILMU PERTAHANAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN DASAR BELA NEGARA

Penulis

  • Langgeng Gilang Pangestu Universitas Pertahanan
  • Hikmat Zakky Almubaroq Universitas Pertahanan

DOI:

https://doi.org/10.37304/paris.v2i2.4152

Kata Kunci:

Bela Negara, Filsafat, Ilmu Pertahanan

Abstrak

Dunia praktis ilmu pengetahuan harus menyadari bahwa dibutuhkan sesuatu yang mendasar dan tak bisa ditawar yaitu filsafat ilmu. Sebab filsafat sebagai suatu refleksi yang berakar, berdasar, dan tersistem. Untuk itu, filsafat ilmu merupakan refleksi yang radikal, fundalisme, dan sisstematis pada prinsip keilmuan. Sehingga filsafat ilmu untuk arah pengembangan ilmu tidak pernah berhenti pada satu jawaban hasil akhir. Selalu ada pertanyaan dari jawaban dan jawaban selalu melahirkan pertanyan. Dengan dasar filsafat pertahanan maka akan ditemukan dasar mengapa seluruh warga negara wajib dan berhak ikut serta dalam upaya bela negara. Oleh karenanya penulisan artikel ini bertujuan untuk menganalisis terkait filsafat ilmu pertahanan dalam upaya meningkatkan kesadaran bela negara bagi masyarakat Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, kemudian Sumber data didapatkan dari berbagai sumber, seperti buku, jurnal, koran, majalah, dan berita di internet. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa filsafat ilmu pertahanan menjadi dasar bagi setiap warga negara untuk turut serta hadir membela negara maupun menjaga pertahanan melalui hal yang mereka bisa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Habibah, S. (2017). Implikasi Filsafat Ilmu Terhadap Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Media Neliti.

Hartono, D. (2020). Fenomena Kesadaran Bela Negara Di Era Digital Dalam Perspektif Ketahanan Nasional. Jurnal Kajian Lemhannas RI.

Herviani, V., & Febriansyah, A. (2016). Jurnal Riset Akuntansi. Jurnal Riset Akuntansi – Vol VIII/No.2, 24.

Indrawan, J., & Aji, M. P. (2017). Pendidikan Bela Negara Sebagai Mata Kuliah di Perguruan Tinggi. Jurnal Pertahanan dan Bela Negara.

Kementerian Pertahanan RI. (2017). WIRA. Jakarta: Puskom Publik Kemhan.

Kementerian Pertahanan RI. (2021). Satukan Persepsi, Kemhan Selenggarakan Rembug Nasional Program Bela Negara. Jakarta: Biro Humas Setjen Kemhan RI.

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Bidang. Solo: Cakra Books.

Retnosari, P. (2020). Filsafat Ilmu Sebagai Dasar Dan Arah Pengembangan Ilmu (Kajian Filosofis Terhadap Perkembangan Iptek). Widyaloka Ikip Widya Darma.

Saifullah, I., & Ramly, F. (2016). Dimensi Filsafat Ilmu dalam Diskursus Integrasi Ilmu. Yogyakarta: Darussalam Publishing.

Soepandj, K. W., & Farid, M. (2018). Konsep Bela Negara Dalam Perspektif Ketahanan Nasional. Jurnal Hukum & Pembangunan.

Wantannas RI. (2018, Oktober 19). Bela Negara : Pengertian, Unsur, Fungsi, Tujuan Dan Manfaat Bela Negara. Retrieved from Wantannas RI: https://www.wantannas.go.id/2018/10/19/bela-negara-pengertian-unsur-fungsi-tujuan-dan-manfaat-bela-negara/

Zainuddin. (2009). Kontribusi Filsafat Terhadap Perkembangan Ilmu Bahasa. Media Neliti.

Unduhan

Diterbitkan

2022-03-30

Cara Mengutip

Pangestu, L. G., & Almubaroq, H. Z. (2022). FILSAFAT ILMU PERTAHANAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN DASAR BELA NEGARA. Jurnal Paris Langkis, 2(2), 62–69. https://doi.org/10.37304/paris.v2i2.4152

Terbitan

Bagian

Articles