PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER MODERASI BERAGAMA DI KALANGAN MAHASISWA UNPAM SERANG

Penulis

  • Tb. Ahmad Munada Universitas Pamulang, Indonesia
  • Rikil Amri Universitas Pamulang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37304/jpl.v6i1.23212

Kata Kunci:

Pendiddikan Agama Islam; Karakter Mahasiswa; Moderasi Agama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran karakter Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter religius moderat di kalangan mahasiswa Universitas Pamulang di Serang. Latar belakang penelitian adalah maraknya fenomena intoleransi dan radikalisme di kalangan pemuda yang mengancam persatuan bangsa. PAI memiliki posisi strategis sebagai sarana internalisasi nilai-nilai agama moderat mulai dari toleransi, inklusivitas, dan antikekerasan. Metode Penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara semi-terstruktur dengan 20 informan, 15 mahasiswa dan 5 dosen PAI, observasi pembelajaran, dan studi dokumentasi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi materi keislaman kontekstual, metode pembelajaran partisipatif, dan keteladanan dosen menjadi faktor kunci pembentukan karakter moderat. Kebaruan penelitian ini terletak pada model integratif komunikasi–keteladanan dalam penguatan moderasi beragama di perguruan tinggi. Faktor pendukung meliputi komitmen institusi dan kompetensi dosen, sementara faktor penghambat meliputi keterbatasan waktu dan heterogenitas pemahaman mahasiswa.

##doi.editor.displayName##: 10.37304/jpl.v6i1.23212 DOI URL: https://doi.org/10.37304/jpl.v6i1.23212
Lihat: 0 | ##article.downloads##: 0

Referensi

Anwar, S. (2016). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Bangsa. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 7, 157–169.

Arlina, Lestari, A., Putri, A., Rambe, A., Elsil, E. A., & J. (2024). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Bangsa. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1008–1018.

Azra, A. (2012). Pendidikan Islam: Tradisi dan modernisasi menuju milenium baru. Kencana.

Azra, A. (2019). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Logos.

Barus, J., Tinggi, S., Islam, A., & Deli, T. (n.d.). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk. 2(April 2025), 314–319.

Creswell, J. W. (2022). “Desain penelitian.” Pendekatan Kualitatif & Kuantitatif. KIK 2.

Efendy, R., & I. (2022). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Religius Siswa. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 1–10.

Hasyim, S. (2019). Moderasi beragama dan tantangan kebangsaan. PPIM UIN Jakarta.

Kementerian Agama Republik Indonesia. (2019). Moderasi beragama. Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.

Lubis, A. S., & Siregar, P. A. (2023). Faktor Pendorong Perilaku Merokok Pada Mahasiswa Dilingkungan Kampus: Pendekatan Kualitatif. Jurnal Kesehatan, 1.1, 215–229.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi Revisi). PT Remaja Rosdakarya.

Muhaimin. (2018). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. RajaGrafindo Persada.

Muhyidin, M., Shiharudin, S., Maulana, I., & Nuriyati, T. (2025). Jurnal mudabbir. 5, 222–230.

Muis, M. A., Pratama, A., Sahara, I., Yuniarti, I., & Putri, S. A. (2024). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Bangsa di Era Globalisasi. 7, 7172–7177.

Mujib, A., & Mudzakir, Y. (2010). Ilmu pendidikan Islam. Kencana Prenada Media.

Muttaqin, A. (2020). Implementasi nilai moderasi beragama dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di perguruan tinggi. Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 156–175.

Puspitasari, N., Yusuf, R., Pendidikan, P., & Islam, A. (n.d.). Peran Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik. 57–68.

Salisah, S. K., Darmiyanti, A., & Arifudin, Y. F. (2024). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Era Digital : Tinjauan Literatur. 10(1), 36–42.

Samani, M., & H. (2011). Konsep dan model pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya.

Santi, D. (2025). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Manusia di Era Revolusi 4.0. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 221–234.

Sauri, S. (2018). Peran pendidikan agama Islam dalam menumbuhkan moderasi beragama mahasiswa. Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 5(1), 34–52.

Septriani, Septriani, Kasful Anwar US, and S. S. (2025). Manajemen Supervisi dalam Pendidikan Perspektif Kontemporer. Sulawesi Tenggara Educational Journal, 5.1, 65–74.

Siswa, J. P. (2019). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Kkarakter Jujur pada Siswa Ani Jailani 1 , Chaerul Rochman 2 , dan Nina Nurmila 3. 10(2), 257–264.

Sutrisno. (2019). Pendidikan Islam dan moderasi beragama di era global. LKIS.

Waruwu, A. K., Prayogi, A., & Alfisyahri, F. A. (2025). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Karakter Pemimpin. 2.

Unduhan

Diterbitkan

12-11-2025

Cara Mengutip

Tb. Ahmad Munada, & Rikil Amri. (2025). PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER MODERASI BERAGAMA DI KALANGAN MAHASISWA UNPAM SERANG. Jurnal Paris Langkis, 6(1), 116–126. https://doi.org/10.37304/jpl.v6i1.23212

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 5 6 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.