The Dhuha Prayer and Students’ Emotional and Character Development : A Psychospiritual Phenomenological Inquiry
DOI:
https://doi.org/10.37304/jied.v1i2.23746Kata Kunci:
Dhuha Prayer, Emotional Balance, Character FormationAbstrak
In recent years, increasing academic pressure and emotional challenges among university students have highlighted the need for practices that support both emotional well-being and character development. This study examines how students of the Islamic Education Department (PAI) at FISH UNJ interpret the role of the Dhuha prayer in supporting emotional balance and character formation from a psychospiritual perspective. Employing a qualitative approach with a phenomenological inquiry, the research explores students’ lived experiences and perceived changes following the regular performance of the Dhuha prayer. Data were collected through in-depth interviews, observations, and documentation. The findings reveal that the Dhuha prayer is perceived not only as a recommended religious practice, but also as a reflective moment that helps students organize their thoughts, reduce academic pressure, and manage emotional challenges within the campus environment. Regular engagement in the prayer is also associated with the development of discipline, inner calmness, and a stronger sense of personal responsibility. This study contributes to the understanding of religious practices as psychospiritual resources and suggests that the Dhuha prayer can be integrated into student development programs to support emotional stability and positive character formation in higher education contexts.
Dalam beberapa tahun terakhir, meningkatnya tekanan akademis dan tantangan emosional di kalangan mahasiswa telah menyoroti kebutuhan akan praktik-praktik yang mendukung kesejahteraan emosional dan pengembangan karakter. Studi ini meneliti bagaimana mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) di FISH UNJ menafsirkan peran shalat Dhuha dalam mendukung keseimbangan emosional dan pembentukan karakter dari perspektif psikospiritual. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan penyelidikan fenomenologis, penelitian ini mengeksplorasi pengalaman hidup mahasiswa dan perubahan yang dirasakan setelah pelaksanaan shalat Dhuha secara rutin. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Temuan menunjukkan bahwa shalat Dhuha tidak hanya dianggap sebagai praktik keagamaan yang dianjurkan, tetapi juga sebagai momen reflektif yang membantu mahasiswa mengatur pikiran mereka, mengurangi tekanan akademis, dan mengelola tantangan emosional dalam lingkungan kampus. Keterlibatan rutin dalam shalat juga dikaitkan dengan pengembangan disiplin, ketenangan batin, dan rasa tanggung jawab pribadi yang lebih kuat. Studi ini berkontribusi pada pemahaman praktik keagamaan sebagai sumber daya psikospiritual dan menunjukkan bahwa shalat Dhuha dapat diintegrasikan ke dalam program pengembangan mahasiswa untuk mendukung stabilitas emosional dan pembentukan karakter positif dalam konteks pendidikan tinggi.
Unduhan
Referensi
Athiyyah, J., & Ridwan, A. (2024). Social Studies in Education Dimensi Sosial Psikologis Sholat Dhuha dalam Membentuk Interaksi dan Penguasaan Lingkungan Sosial di Sekolah. 02(02), 173–190. https://doi.org/10.15642/sse.2024.2.2.173-190
Fitrianingrum, L. (2025). HUBUNGAN INTENSITAS SHALAT DHUHA DENGAN TINGKAT KECEMASAN IBU RUMAH TANGGA YANG MENGALAMI MASALAH.
Khaira, R., Yati, A. M., & Duri, R. (2023). Altruistik : Jurnal Konseling dan Psikologi Pendidikan The Psychospiritual Function of Shalat Dhuha in Reducing Academic Anxiety among University Students: A Phenomenological Study. 3(2), 88–100. https://doi.org/10.24114/altruistik.v3i2.70018
Khofi, M. B. (2024). Pembiasaan Sholat Dhuha dalam Membangun Karakter Disiplin siswa. Idarotuna: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 73–84. https://doi.org/10.29313/idarotuna.v1i2.4960
Nasya Desnita Putri. (t.t.). Memahami Euthymia : Keseimbangan Emosional dalam Kehidupan .
Purnama, R. (2017). Penyelesaian Stress Melalui Coping Spiritual. Al-Adyan ; Journal Studi Lintas Agama.
Putri, D. N. (2024, April 19). Memahami Euthymia : Keseimbangan Emosional dalam Kehidupan .
Rahmawati, Wello, E. A., & Junaid, N. F. (2020). PENGARUH SHALAT DHUHA TERHADAP KESTABILAN EMOSI MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UMI ANGKATAN 2016, 2017, DAN 2018. Wa’afiyat Hospital Journal.
Rosad, W. S. (2020). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr PELAKSANAAN SHALAT DHUHA DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA KELAS 3 MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF NU AJIBARANG WETAN (Vol. 9, Nomor 2). http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/raushanfikr
Safitri, H. W. (2018). PENGARUH SALAT DUHA TERHADAP KARAKTER MAHASISWA DI ASRAMA STAIN PAREPARE.
Shiddiqoh, F. (2022a). PELAKSANAAN SHALAT DHUHA DALAM MENINGKATKAN BERPIKIR POSITIF PADA MAHASISWA RANTAU. Jurnal Sudut Pandang (JSP) EISSN, 2(12), 2798–5962. https://doi.org/10.55314/jsp.v2i12
Shiddiqoh, F. (2022b). PELAKSANAAN SHALAT DHUHA DALAM MENINGKATKAN BERPIKIR POSITIF PADA MAHASISWA RANTAU. Jurnal Sudut Pandang (JSP) EISSN, 2(12), 2798–5962. https://doi.org/10.55314/jsp.v2i12
Zulfa, E. S., & Asiyah, S. N. (2021). Pengaruh Pelaksanaan Shalat Dhuha Berjamaah Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas XI IPS di Madrasah Aliyah Al-Mufassir. Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Zhafira Ramadhani, Hana Kamilah, Puteri Muslihatul Ummah, Rifatul Hasanah, Fikron Yunus, Abdul Fadhil

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The author retains full copyright over his/her work. The article is licensed under: Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0). This license permits others to copy, distribute, display, and create derivative works, provided they acknowledge the author(s) and the source of the original publication.


















