The Dhuha Prayer and Students’ Emotional and Character Development : A Psychospiritual Phenomenological Inquiry

Penulis

  • Zhafira Ramadhani State University of Jakarta, Indonesia
  • Hana Kamilah State University of Jakarta, Indonesia
  • Puteri Muslihatul Ummah State University of Jakarta, Indonesia
  • Rifatul Hasanah State University of Jakarta, Indonesia
  • Fikron Yunus State University of Jakarta, Indonesia
  • Abdul Fadhil State University of Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37304/jied.v1i2.23746

Kata Kunci:

Dhuha Prayer, Emotional Balance, Character Formation

Abstrak

In recent years, increasing academic pressure and emotional challenges among university students have highlighted the need for practices that support both emotional well-being and character development. This study examines how students of the Islamic Education Department (PAI) at FISH UNJ interpret the role of the Dhuha prayer in supporting emotional balance and character formation from a psychospiritual perspective. Employing a qualitative approach with a phenomenological inquiry, the research explores students’ lived experiences and perceived changes following the regular performance of the Dhuha prayer. Data were collected through in-depth interviews, observations, and documentation. The findings reveal that the Dhuha prayer is perceived not only as a recommended religious practice, but also as a reflective moment that helps students organize their thoughts, reduce academic pressure, and manage emotional challenges within the campus environment. Regular engagement in the prayer is also associated with the development of discipline, inner calmness, and a stronger sense of personal responsibility. This study contributes to the understanding of religious practices as psychospiritual resources and suggests that the Dhuha prayer can be integrated into student development programs to support emotional stability and positive character formation in higher education contexts.

 

Dalam beberapa tahun terakhir, meningkatnya tekanan akademis dan tantangan emosional di kalangan mahasiswa telah menyoroti kebutuhan akan praktik-praktik yang mendukung kesejahteraan emosional dan pengembangan karakter. Studi ini meneliti bagaimana mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) di FISH UNJ menafsirkan peran shalat Dhuha dalam mendukung keseimbangan emosional dan pembentukan karakter dari perspektif psikospiritual. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan penyelidikan fenomenologis, penelitian ini mengeksplorasi pengalaman hidup mahasiswa dan perubahan yang dirasakan setelah pelaksanaan shalat Dhuha secara rutin. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Temuan menunjukkan bahwa shalat Dhuha tidak hanya dianggap sebagai praktik keagamaan yang dianjurkan, tetapi juga sebagai momen reflektif yang membantu mahasiswa mengatur pikiran mereka, mengurangi tekanan akademis, dan mengelola tantangan emosional dalam lingkungan kampus. Keterlibatan rutin dalam shalat juga dikaitkan dengan pengembangan disiplin, ketenangan batin, dan rasa tanggung jawab pribadi yang lebih kuat. Studi ini berkontribusi pada pemahaman praktik keagamaan sebagai sumber daya psikospiritual dan menunjukkan bahwa shalat Dhuha dapat diintegrasikan ke dalam program pengembangan mahasiswa untuk mendukung stabilitas emosional dan pembentukan karakter positif dalam konteks pendidikan tinggi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.
##doi.editor.displayName##: 10.37304/jied.v1i2.23746 DOI URL: https://doi.org/10.37304/jied.v1i2.23746
Lihat: 24 | ##article.downloads##: 2

Referensi

Athiyyah, J., & Ridwan, A. (2024). Social Studies in Education Dimensi Sosial Psikologis Sholat Dhuha dalam Membentuk Interaksi dan Penguasaan Lingkungan Sosial di Sekolah. 02(02), 173–190. https://doi.org/10.15642/sse.2024.2.2.173-190

Fitrianingrum, L. (2025). HUBUNGAN INTENSITAS SHALAT DHUHA DENGAN TINGKAT KECEMASAN IBU RUMAH TANGGA YANG MENGALAMI MASALAH.

Khaira, R., Yati, A. M., & Duri, R. (2023). Altruistik : Jurnal Konseling dan Psikologi Pendidikan The Psychospiritual Function of Shalat Dhuha in Reducing Academic Anxiety among University Students: A Phenomenological Study. 3(2), 88–100. https://doi.org/10.24114/altruistik.v3i2.70018

Khofi, M. B. (2024). Pembiasaan Sholat Dhuha dalam Membangun Karakter Disiplin siswa. Idarotuna: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 73–84. https://doi.org/10.29313/idarotuna.v1i2.4960

Nasya Desnita Putri. (t.t.). Memahami Euthymia : Keseimbangan Emosional dalam Kehidupan .

Purnama, R. (2017). Penyelesaian Stress Melalui Coping Spiritual. Al-Adyan ; Journal Studi Lintas Agama.

Putri, D. N. (2024, April 19). Memahami Euthymia : Keseimbangan Emosional dalam Kehidupan .

Rahmawati, Wello, E. A., & Junaid, N. F. (2020). PENGARUH SHALAT DHUHA TERHADAP KESTABILAN EMOSI MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UMI ANGKATAN 2016, 2017, DAN 2018. Wa’afiyat Hospital Journal.

Rosad, W. S. (2020). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr PELAKSANAAN SHALAT DHUHA DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA KELAS 3 MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF NU AJIBARANG WETAN (Vol. 9, Nomor 2). http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/raushanfikr

Safitri, H. W. (2018). PENGARUH SALAT DUHA TERHADAP KARAKTER MAHASISWA DI ASRAMA STAIN PAREPARE.

Shiddiqoh, F. (2022a). PELAKSANAAN SHALAT DHUHA DALAM MENINGKATKAN BERPIKIR POSITIF PADA MAHASISWA RANTAU. Jurnal Sudut Pandang (JSP) EISSN, 2(12), 2798–5962. https://doi.org/10.55314/jsp.v2i12

Shiddiqoh, F. (2022b). PELAKSANAAN SHALAT DHUHA DALAM MENINGKATKAN BERPIKIR POSITIF PADA MAHASISWA RANTAU. Jurnal Sudut Pandang (JSP) EISSN, 2(12), 2798–5962. https://doi.org/10.55314/jsp.v2i12

Zulfa, E. S., & Asiyah, S. N. (2021). Pengaruh Pelaksanaan Shalat Dhuha Berjamaah Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas XI IPS di Madrasah Aliyah Al-Mufassir. Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan.

Unduhan

Diterbitkan

21-12-2025

Cara Mengutip

Ramadhani, Z., Hana Kamilah, Puteri Muslihatul Ummah, Rifatul Hasanah, Fikron Yunus, & Abdul Fadhil. (2025). The Dhuha Prayer and Students’ Emotional and Character Development : A Psychospiritual Phenomenological Inquiry. Journal of Islamic Education and Intellectual Discourse (JIED), 1(2), 250–260. https://doi.org/10.37304/jied.v1i2.23746

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.