Islamic Moral Education and Spiritual Development as a Strategy for Preventing Deviant Behavior (Moral Deviation)

Penulis

  • Fathurrahman Universitas Islam Negeri Palangka Raya, Indonesia
  • Jasiah Universitas Islam Negeri Palangka Raya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37304/jied.v1i2.23818

Kata Kunci:

Islamic Moral Education, Spiritual Development, Strategy for Preventing Deviant Behavior

Abstrak

This article explains key moral principles such as honesty, fairness, responsibility, and empathy, and how these principles form the foundation for developing positive social behavior. The aim is to describe what constitutes moral and behavioral deviation and what its impacts are. Methods This research uses a library research approach to collect data and information related to morals and deviant behavior in society. The analysis was conducted through a literature review that included scientific publications, books, and documents related to societal moral behavior. Research results show that morals are principles and values ​​that guide individuals in determining the rightness or wrongness of an action. Deviant behavior, on the other hand, refers to actions that deviate from prevailing societal norms and rules. Factors contributing to deviant behavior include social pressure, lack of moral education, and psychological factors. The negative impacts of deviant behavior on individuals and society are also outlined, such as the breakdown of trust, increased crime, and reduced social welfare. Real-life case studies of deviant behavior, such as corruption and violence, are used to illustrate the consequences of such actions and the resulting moral implications. The article concludes that a sound understanding of morality and its implications can help prevent deviant behavior, thus creating a more just, peaceful, and harmonious society.

Artikel ini menjelaskan berbagai prinsip moral utama seperti kejujuran, keadilan, tanggung jawab, dan empati, serta bagaimana prinsip-prinsip tersebut menjadi landasan dalam membentuk perilaku sosial yang positif. Tujuannya adalah untuk mendeskripsikan mengenai apa saja yang termasuk dari penyimpangan moral dan perilaku serta bagaimana dampaknya. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan studi pustaka untuk mengumpulkan data dan informasi terkait moral dan penyimpangan perilaku di masyarakat. Analisis dilakukan melalui tinjauan literatur yang mencakup publikasi ilmiah, buku, dan dokumen terkait perilaku moral masyarakati. Hasil penelitian  menunjukan bahwa moral merupakan prinsip dan nilai yang memandu individu dalam menentukan benar atau salahnya suatu tindakan. Penyimpangan perilaku, di sisi lain, merujuk pada tindakan yang menyimpang dari norma dan aturan yang berlaku dalam masyarakat. Faktor-faktor penyebab penyimpangan perilaku, termasuk tekanan sosial, kurangnya pendidikan moral, dan faktor psikologis. Dampak negatif dari penyimpangan perilaku pada individu dan masyarakat juga diuraikan, seperti rusaknya kepercayaan, meningkatnya kriminalitas, dan berkurangnya kesejahteraan sosial. Studi kasus nyata tentang penyimpangan perilaku, seperti kasus korupsi dan kekerasan, digunakan untuk mengilustrasikan konsekuensi dari tindakan tersebut serta implikasi moral yang timbul. Artikel ini menyimpulkan bahwa pemahaman yang baik tentang moral dan implikasinya dapat membantu mencegah penyimpangan perilaku, sehingga menciptakan masyarakat yang lebih adil, damai, dan harmonis

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.
##doi.editor.displayName##: 10.37304/jied.v1i2.23818 DOI URL: https://doi.org/10.37304/jied.v1i2.23818
Lihat: 27 | ##article.downloads##: 12

Referensi

Alhogbi, Basma G., Mathieu Arbogast, Marie France Labrecque, Elena Pulcini, Mariana Santos, Helen Gurgel, Anne-elisabeth Laques, et al. “Mengatasi Kenakalan Siswa Remaja.” Gender and Development 120, no. 1 (2018): 0–22.

Anhar, A., Nurhuda, A., In, W., & Sri, D. (2025). Strengthening Social Piety Values through Academic Studies with Bibliometric Analysis of Research Publications 2015-2025. 01(2), 143–163.

Ardiyansyah, Hidayat, Bhakti Prima Findiga Hermuttaqien, and Ludovikus Bomans Wadu. “Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Moral Siswa Sekolah Menengah Pertama Se Kecamatan Bantur.” Jurnal Moral Kemasyarakatan i4, no. 1 (2019): 1–7. https://doi.org/10.21067/jmk.v4i1.2977.

Chamid, A., Aziz, J. A., Islam, U., Prof, N., & Zuhri, K. H. S. (2025). A Normative-Analytical Study of Riba and Its Manifestations in Market Exchange within Islamic Commercial Law. 01(2), 100–114.

Firdaus, D. R., & Fuad, A. (2025). Critical Analysis of Islamic Educational Philosophy on the Concept of Essentialist Education. 01(1), 33–43.

Fuadi, A. I. (2025). Reassessing Classical Kalam : A Critical Analysis of the Relevance of Islamic Theology in the Age of Globalization. 01(1), 44–58.

Hastiana, Syarifuddin Yusuf, and Henni Kumaladewi Hengky. “Analisis Faktor Penyalahgunaan Narkoba Bagi Narapidana Di Rutan Kelas Iib Sidrap.” Jurnal Ilmiah Manusia Dan Kesehatan 3, no. 3 (2020): 375–85. https://doi.org/10.31850/makes.v3i3.327.

, B A B, and A Perilaku Menyimpang. “Jalaluddin Rakhmat, Psikologi Agama (Bandung : PT. Mizan Pustaka, 2003), 32. 14,” n.d., 14–38.

Imron Masyhuri, Dwi S, et.al. “Survei Nasional Penyalahgunaan Narkoba 2021.” Pusat Penelitian , Data, Dan Informasi Badan Narkotika Nasional 2, no. 3 (2022): 405.

Kholish, Muhammad Jauhar. “Etika Dan Moral Dalam Pandangan Hadis Nabi Saw.” Jurnal Riset Agama 1, no. 1 (2021): 83–96. https://doi.org/10.15575/jra.v1i1.14259.

Kurniawan, Yusuf, and Ajat Sudrajat. “Peran Teman Sebaya Dalam Pembentukan Karakter Siswa Madrasah Tsanawiyah.” SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial 15, no. 2 (2018): 149–63. https://doi.org/10.21831/socia.v15i2.22674.

Labibah, S., Surawan, S., & Information, A. (2025). Actualization of Qur ’ anic values and Living Values in strengthening the character of MTsN 1 Sukamara students in the Society 5 . 0 era. 01(2), 115–127.

Muhyin, Nabila Fajriyanti, Moh. Jufriyadi Sholeh, Dede Apriyansyah, Erik Novianto, Sulastri, Ainur Rasyidah, Romlah, et al. “penafsiran amanah dalam kitab tafsir al-munir oleh m . Wahbah az-zuhaili ( Study of the Quran Surah Al-Ahzab : 72 , Surah an-Nisa ’: 58 and Surah Al-Anfal : 27 ).” Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner 6, no. 1 (2021): 212–34.https://doi.org/10.35132/albayan.v3i2.223.

Na, D E Conduta, and Crise Hipertensiva. “Ibid h.41,” n.d.

———. “Pendidikan Moral Dalam Perspektif Pendidikan Islam,” n.d., 19–29.

Rizal, Yenni. “Perilaku Moral Remaja Dalam Perspektif Budaya.” JOMSIGN: Journal of Multicultural Studies in Guidance and Counseling 1, no. 1 (2017): 35. https://doi.org/10.17509/jomsign.v1i1.6050.

Rubini, Rubini. “Pendidikan Moral Dalam Perspektif Islam.” Al-Manar 8, no. 1 (2019): 225–71. https://doi.org/10.36668/jal.v8i1.104.

Surur, Misbahus. “Problematika Pendidikan Moral Di Sekolah.” Fikroh: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam 4, no. 2 (2016): 58–67. https://doi.org/10.37812/fikroh.v4i2.16.

Zainuddin, Zainuddin, Sulaiman W., Musriaparto Musriaparto, and Muhammad Nur. “Solusi Pembentukan Perilaku Nilai Moral Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Islam.” Jurnal Obsesi :Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 5 (2022): 4335–46. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2606.

Wahyu, M., Modern, K., & Islam, P. (2025). Ijtihad in Bridging Revelation and Modern Life Realities and Its Implementation in Islamic Education. 01(1), 59–76.

Zakiyah, Ela Zain, Sahadi Humaedi, And Meilanny Budiarti Santoso. “Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying.” Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 4, no. 2 (2017): 324–30. https://doi.org/10.24198/jppm.v42.14352.

Unduhan

Diterbitkan

17-12-2025

Cara Mengutip

Fathurrahman, & Jasiah. (2025). Islamic Moral Education and Spiritual Development as a Strategy for Preventing Deviant Behavior (Moral Deviation). Journal of Islamic Education and Intellectual Discourse (JIED), 1(2), 164–178. https://doi.org/10.37304/jied.v1i2.23818

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

<< < 1 2 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.