MANAJEMEN WAKTU DAN KESEIMBANGAN AKADEMIK-MENTAL MAHASISWA ANGKATAN II PGSD UNIVERSITAS WERISAR
DOI:
https://doi.org/10.37304/paris.v5i2.21195Kata Kunci:
manajemen waktu, kesehatan mental, mahasiswa angkatan kedua, keseimbangan akademik, metode kualitatifAbstrak
Manajemen waktu merupakan salah satu keterampilan penting yang harus dimiliki mahasiswa angkatan kedua untuk meraih keberhasilan akademis sekaligus menjaga kesehatan mental. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Werisar mengelola waktu dan dampaknya terhadap keseimbangan akademis dan kondisi psikologis mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara terhadap 20 mahasiswa yang dipilih secara purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang memiliki strategi manajemen waktu yang baik, seperti penjadwalan, penentuan skala prioritas, dan penggunaan aplikasi pengingat, cenderung mampu menyelesaikan tugas tepat waktu, memiliki prestasi akademik yang stabil, dan mengalami stres mental yang lebih rendah. Sebaliknya, mahasiswa yang tidak mampu mengelola waktu secara efektif cenderung mengalami kelelahan akademis, stres, dan gangguan tidur. Dengan demikian, keterampilan manajemen waktu terbukti menjadi faktor penting dalam menjaga keseimbangan antara tuntutan akademis dan kesehatan mental mahasiswa . Penelitian ini merekomendasikan perlunya pelatihan manajemen waktu bagi mahasiswa angkatan kedua sejak awal perkuliahan untuk meningkatkan kualitas belajar dan kesejahteraan psikologis mereka.
Referensi
Aulia, M. S., & Syahrial, R. (2020). Keterampilan manajemen waktu mahasiswa angkatan kedua dalam menghadapi stres akademik. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, 6(1), 22–32.
Fitriani, N., & Maulida, R. (2021). Hubungan manajemen waktu dengan tingkat kecemasan akademik mahasiswa angkatan kedua. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 5(1), 45–56.
Handayani, S., & Yuliani, D. (2017). Strategi manajemen waktu mahasiswa angkatan kedua dan dampaknya terhadap kualitas hidup. Jurnal Pendidikan dan Psikologi, 9(1), 101–115.
Hidayat, R., & Rahmawati, F. (2022). Dampak manajemen waktu terhadap stres akademik mahasiswa angkatan kedua di masa pandemi. Jurnal Psikologi Terapan, 7(2), 34–44.
Indrayani, L., & Sutari, S. (2018). Pengaruh perencanaan waktu terhadap pencapaian akademik mahasiswa angkatan kedua. Jurnal Pendidikan Indonesia, 12(3), 100–110.
Kurniawan, A., & Nurulita, L. (2023). Manajemen waktu dan produktivitas mahasiswa angkatan kedua dalam perkuliahan daring. Jurnal Inovasi Pendidikan Tinggi, 8(1), 12–22.
Kusnadi, R., & Prabowo, I. (2019). Implementasi manajemen waktu dalam meningkatkan prestasi mahasiswa angkatan kedua. Jurnal Manajemen Pendidikan, 17(2), 65–78.
Maulana, R., & Astuti, D. (2021). Hubungan antara kebiasaan menunda tugas (prokrastinasi) dan manajemen waktu mahasiswa angkatan kedua. Jurnal Psikologi dan Pendidikan, 10(2), 53–62.
Mulyana, D., & Sari, D. P. (2015). Manajemen waktu dalam kehidupan mahasiswa angkatan kedua. Jurnal Psikologi Pendidikan, 10(2), 141–155.
Nurlaela, R., & Fatimah, I. (2021). Hubungan antara manajemen waktu dan kualitas tidur mahasiswa angkatan kedua. Jurnal Psikologi dan Kesehatan, 10(1), 78–89.
Oktaviani, F., & Suryani, N. (2016). Pengaruh aktivitas organisasi terhadap efektivitas belajar mahasiswa angkatan kedua. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 3(2), 90–98.
Putri, M. R., & Nugroho, A. (2020). Manajemen waktu sebagai faktor pendukung keberhasilan akademik mahasiswa angkatan kedua. Jurnal Edukasi dan Konseling, 6(2), 27–36.
Rachmawati, N., & Alfian, F. (2022). Korelasi antara self-management dan keseimbangan hidup mahasiswa angkatan kedua. Jurnal Psikologi Udayana, 14(1), 17–28.
Rahman, F., & Marwan, S. (2016). Pengaruh manajemen waktu terhadap keseimbangan akademik dan psikologi mahasiswa angkatan kedua di Universitas Z. Jurnal Psikologi Universitas Gadjah Mada, 15(2), 77–89.
Salsabila, D. A., & Yuniarti, S. (2023). Efektivitas time blocking terhadap pengelolaan stres akademik mahasiswa angkatan kedua. Jurnal Bimbingan dan Psikologi Islam, 4(1), 13–23.
Saputri, L. A., & Hasanah, U. (2021). Studi deskriptif: Manajemen waktu dan kebugaran mental mahasiswa angkatan kedua selama kuliah daring. Jurnal Psikologi Terapan Indonesia, 6(2), 40–49.
Wati, I. S., & Yanti, L. (2021). Peran manajemen waktu dalam mengurangi stres akademik pada mahasiswa angkatan kedua. Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(1), 32–43.
Yuliana, R., & Hendra, T. (2024). Strategi coping stress akademik berbasis manajemen waktu pada mahasiswa angkatan kedua tingkat akhir. Jurnal Konseling dan Psikologi, 8(1), 65–74.
Zulkarnain, S., & Lestari, S. (2020). Pengaruh penggunaan aplikasi manajemen waktu terhadap kinerja akademik mahasiswa angkatan kedua. Jurnal Psikologi dan Pendidikan, 8(4), 34–45.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Nur Laely; Saiful, Syahrir

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.